banner-detik

bath n body

Kenalan Dengan Dr.Bronner's, Sabun Berbahan Natural dan Organik!

seo-img-article

Dr.Bronners Indonesia-2

Welcoming Dr.Bronner’s di Indonesia. Walau pun baru hadir, ternyata sudah banyak lho, penggunanya di sini. Tapi, siapa sih dr.Bronner’s ini dan kenapa bisa terkenal di Indonesia? Yuk, simak artikel liputan saya bersama Dr.Bronner’s, di San Diego, Vista, USA. 

Kalau kalian suka dengan produk beauty dan personal care yang serba natural dan organik, rasanya kalian akan suka dengan brand Dr.Bronne’s ini. Bulan lalu, saya baru saja diundang oleh Dr.Bronner’s untuk main ke rumah mereka di San Diego, Vista, USA. Tujuan saya datang ke sana tentunya untuk berkenalan lebih lanjut mengenai brand ini, selain itu saya juga mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung proses pembuatan rangkaian produk-produk dari Dr.Bronner’s.

Dr.Bronners Indonesia-8

David Bronners, CEO, Mike Bronners, President  dan Lisa Bronners, Going green advocate for Dr.Bronner’s

So, who is Dr.Bronner’s?

Dr.Bronner’s merupakan brand sabun yang didirikan oleh Emmanuel Bronners, pada tahun 1958. Awalnya brand ini hanya fokus memproduksi produk sabun atau castile soap, dengan formulasi yang sangat simpel. Namun, dengan berjalannya waktu, brand ini perlahan-lahan mulai menambahkan produk-produk personal care lainnya, seperti pasta gigi, balm, lip balm, dan body scrub.Walau pun brand ini sudah semakin berkembang, dan diteruskan oleh keturunan ke-5 dari keluarga Dr. Bronners, core value perusahaan ini tetap dijaga. Value perusahaan mereka adalah  menggunakan bahan natural, organik, baik untuk alam, ethical business, dan all-one (family oriented). 

Dr.Bronners Indonesia-7

Then why is it unique?

Other than being organic, natural, paraben free, vegan and cruelty free, brand ini memiliki daya tarik sendiri, yaitu value/prinsip bisnis yang dijalaninya. Ini adalah hal-hal yang saya tangkap dan rasakan, sewaktu saya main ke kantor dan pabrik Dr.Bronners:

  • Family Oriented, karena brand ini memang diturunkan dari generasi ke generasi, rasa kekeluargaan ini lah yang pertama saya rasakan. Bukan kedekatan antara keluarga inti Dr.Bronners saja, tapi di mana antara CEO dan karyawan pabrik dan kantor pun sangat terasa. They have a good vibes environment!
  • Ethical business, Dr.Bronner’s sangat memperhatikan dua poin ethical business dalam perusahaannya. Pertama gaji dan asuransi jiwa para karyawan (termasuk keluarga lainnya, mendapatkan asuransi dan biaya sekolah). Kedua, mereka hanya mau bekerjasama dengan supplier bahan dasar yang bertanggung jawab, baik dari cara mereka merawat perkebunan, hingga upah para petani. Dr.Bronner’s ingin memastikan para petani mendapatkan upah yang sesuai (nggak under paid) atas bahan-bahan dasar yang mereka sediakan.
  • Sustainable,  salah satu prinsip perusahaan ini adalah giving back to the earth. Makanya, mereka memproduksi produk personal care dengan bahan-bahan natural dan organik. Sehingga, ketika kita menggunakan produk ini, sampah organik yang dihasilkan pun nggak merusak bumi. Dr.Bronner’s memang masih menggunakan botol plastik untuk kemasan sabunnya, namun kemasan plastik yang mereka gunakan, merupakan botol plastik daur ulang.
  • Transparency, Dr.Bronner’s nggak mau menutupi bahan apa saja yang mereka gunakanan. Menurut mereka, consumer berhak tahu ingredient’s list lengkap dalam satu produk. Makanya, kalau kalian lihat kemasan botol Dr.Bronner’s, penuh dengan informasi komposisi ingredients

Dr.Bronners Indonesia-5

dr.bronners

image credit: Dr.Bronner’s

Untuk kenal lebih jauh dengan brand ini,  kemarin saya langsung main ke pabrik di mana Dr.Bronner’s memproduksi produk-produknya. Seperti gambar di atas, saya sedang melihat tangki besar yang sedang memproses salah satu variant castile soap dari Dr.Bronners. Selain pembuatan sabun, saya juga melihat proses bottling, boxing dan packing produk final dari brand ini.

Fun fact about this brand: 

Dr.Bronners Indonesia-6

image credit: Dr.Bronner’s

Dr.Bronner’s punya Magic Foam Experience, untuk mengenang Jim Bronner, yang menciptakan foam untuk memadamkan kebakaran. Magic Foam Experience ini biasanya akan muncul ketika sedang ada parade, lari maraton atau summer music festival. Foto di atas ini adalah gambaran dari magic foam experience. Kalau dari pengalaman saya kemarin, saya akan disemprot sampai seluruh badan saya terutup oleh foam. Setelah itu, saya bisa ‘mandi’/membersihkan badan saya dengan foam ini, lalu akan disiram hingga bersih dengan air hangat. Buat saya, ini hal yang menarik, apalagi untuk anak-anak kecil yang suka bermain dengan busa karena terkstunya yang lembut dan fluffy. Luckily I got the chance to try this magic soap experience, and it was FUN! 

Is it good, though?

Sabunnya sendiri sangat enak dipakainya, nggak bikin kulit kering, nggak terlalu banyak busa, tapi nggak meninggalkan rasa licin setelahnya dan wanginya yang sangat enak. Rangkaian sabun Dr.Bronner’s menggunakan essential oil sebagai pewanginya. Kandungan essential oil pada sabun Dr.Bronner’s lebih tinggi ketimbang sabun-sabun pada umumnya, makanya wangi sabun ini awet banget. Dan saat kita mandi, rasanya kita sedang menghirup aroma therapy dari diffuser, THAT GOOD! Ada wangi apa saja sih untuk rangkaian sabun Dr.Bronner’s? Peppermint (best seller), lavender, tea tree, almond, citrus, rose dan eucalyptus.

Oh ya, karena produk ini disebutnya adalah sabun, bukan body shower atau body gel, jadi fungsinya lebih variatif. Kalian bisa menggunakan DR.Bronner’s Castile Soap ini untuk keramas, mencuci piring, baju, kuas makeup, dan bahkan untuk wajah. Kemarin sih, waktu saya stalking Instagram Dr.Bronner’s, ada yang sharing kalau jerawatnya membaik setelah menggunakan rangkaian tea tree!

Sekarang, rangkaian sabun dari Dr.Bronner’s sudah bisa kalian beli online, melalui www.sesa.id, untuk range harganya sendiri mulai dari Rp69.000 – Rp149.900. Tertarik untuk baca review penggunaan Dr.Bronner’s di kulit eksema seperti saya? Tunggu artikelnya ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment