banner-detik

fitnfab

Jangan Takut Dianggap Cengeng, Ini Dia Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental

seo-img-article

MANFAAT MENANGIS UNTUK KESEHATAN MENTAL 3

Menangis adalah respon alami manusia dalam meluapkan emosi seperti kesedihan, kehilangan, hingga kegembiraan sekalipun.

Masih banyak orang berpikir kalau menangis adalah tanda bahwa kamu cengeng atau lemah. Sebenarnya, baik perempuan ataupun pria jangan pernah ragu untuk mengeluarkan air mata ketika kamu merasa perlu untuk menangis. Karena menangis punya banyak manfaat terutama untuk kesehatan mental. Ingin tahu apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak di bawah ini!

1. Melepaskan beban pikiran

Menurut sebuah artikel dari jurnal National Institutes Of Health, Saat kamu merasa banyak sekali hal-hal yang mengganggu pikiran, dan sampai membuatmu stres. Kamu bisa kok mengeluarkan semua pikiran tersebut dengan menangis.  Karena ketika kamu stres, senyawa kimia dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Sehingga, menangis dapat membantu melepaskan hormon stres (kortisol) atau racun dari tubuh melalui air mata yang menetes.

2. Mengurangi rasa sakit

Hal ini juga disampaikan dalam jurnal National Institutes Of Health, tapi banyak yang belum tahu. Ternyata, menangis untuk waktu yang cukup lama bisa melepaskan hormon oksitosin dan endorfin. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit fisik yang berpengaruh pada keadaan emosional dan membuat seseorang merasa lebih baik setelah menangis.

Baca juga: Bincang Tentang Kesehatan Mental dengan Dokter Jiemi Ardian

MANFAAT MENANGIS UNTUK KESEHATAN MENTAL 4

3. Membantu pulih dari kesedihan

Bersedih adalah suatu proses yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya bersedih dikarenakan mengalami putus cinta, berduka, kecelakaan, atau kehilangan benda tersayang. Menangis dapat membantu proses pemulihan dan menerima kehilangan tersebut. Dengan begitu, menangis mampu membersihkan rasa sedih atau membantu kita perlahan pulih dari kesedihan.

Baca juga: Mengerti Mental Health dan Cara Mengatasinya

4. Membantu menenangkan diri

National Institutes Of Health juga mengatakan bahwa menangis memiliki efek yang dapat menenangkan perasaan seseorang yang sedang kacau balau, karena menangis dapat mengaktifkan syaraf Parasympathetic Nervous System (PNS) yang berfungsi untuk membuat tubuhmu lebih rileks. Karena itulah kamu merasa lebih “lega” setelah menangis. PNS juga bisa menyebabkan tubuh terasa lelah, sehingga kamu harus segara beristirahat dan ketika bangun, kamu akan merasa bahwa tubuhmu baik-baik saja.

Baca juga: Pengalaman 10 Hari Break Instagram untuk Kesehatan Mental

5. Memperbaiki suasana hati

Menangis dapat membantu mengangkat semangat dan mood seseorang. Dengan mengeluarkan emosi yang terpendam lewat tangisan, maka seseorang pun dapat menjadi lebih tenang dan mood yang mereka rasakan pun semakin meningkat ke arah yang lebih positif. Ketika isakan tangis keluar, maka kamu menghirup banyak udara dingin dengan lebih cepat. Hal tersebut membantu mengatur dan menurunkan suhu otak. Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Menangis juga lebih baik dari pada meminum obat-obatan antidepresan.

MANFAAT MENANGIS UNTUK KESEHATAN MENTAL 5

6. Mengembalikan keseimbangan emosional

Menangis nggak hanya terjadi ketika kamu merasa sedih saja, namun kamu juga bisa menangis ketika merasa sangat bahagia, senang, ataupun terharu. Menangis merupakan cara tubuh bangun dari perasaan emosi yang begitu kuat, sehingga dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional.

 Baca juga: 3 Drama Korea Tentang Mental Health yang Bisa Kamu Tonton di Netflix

Nah, itulah manfaat menangis untuk kesehatan mental. Jadi, kamu nggak perlu lagi menahan tangis hanya karena takut dianggap cengeng atau lemah. Tapi, kalau kamu sehabis menangis tidak merasakan manfaat di atas coba untuk konsultasi dengan ahlinya ya!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment