banner-detik

lifestyle

Anak Rewel karena di Rumah Terus? Gimana Cara Mengatasinya?

seo-img-article

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 2

Pandemi memang mengubah segalanya. Termasuk kegiatan anak-anak bersama orangtuanya. Selama pandemi, anak-anak jadi lebih gampang bosan karena #dirumahaja. Gimana ya cara mengatasinya?

 

Sudah lebih dari 6 bulan pandemi berjalan, ibu-ibu pasti sudah menjelaskan tentang coronavirus kepada anak-anak, kan? Tapi, namanya juga anak-anak. Mereka pasti jadi gampang bosan dan kadang demanding, tidak mengerti bahwa untuk sementara waktu kita nggak bisa bepergian dulu. Selama pandemi ini, orang tua pasti jadi lebih sering mendengar ajakan liburan atau permintaan perpanjangan screen time dari anak-anak. Sedih memang, karena masa kanak-kanan kan memang masanya bermain. Tapi kini, bertemu dengan teman-teman sekolahnya pun nggak bisa.

Gimana ya cara mengatasi anak rewel karena bosan di rumah terus? Sebagai orang tua, kita memang harus kreatif membuat banyak kegiatan! Beberapa trik di bawah ini bisa membantu lho, biar anak nggak rewel dan nggak main gadget terus selama berdiam #dirumahaja. Simak, yuk!

1. Mencoba resep baru dan memasak bersama

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 1

Memasak menu masakan favorit Si Kecil bisa menjadi kegiatan pengusir jenuh anak. Ibu bisa juga mencoba variasi menu baru di akhir pekan. Pada kegiatan ini, Si Kecil akan banyak belajar tentang banyak hal, misalnya bahwa memasak bukanlah hal yang instan sehingga mereka perlu latihan bersabar. Mereka mungkin akan takjub ketika mendapati melihat adonan donat yang semakin mengembang, atau kue yang berubah tekstur usai dipanggang. Libatkan Si Kecil dalam prosesnya, seperti memilih sendiri topping untuk kue, mencuci sayuran, mengocok telur, menaburkan sprinkle di atas cupcake, memarut keju, atau membumbui chicken wings. Jangan lupa, awasi selama proses masak atau pembuatan kue, ya.

Baca juga: 5 Resep Sarapan Sehat Anti-Ribet Selama di Rumah Aja!

2. Ciptakan kesibukan sesuai bakat dan minat anak

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 3

Penting sekali bagi orang tua untuk mengenali bakat dan minat anak. Kalau kita tahu bakat dan minat anak, itu akan lebih mudah untuk mengarahkannya. Kalau anak-anak hobi menggambar, kita bisa membelikan berbagai macam cat dan alat lukis lainnya. Kalau anak suka berolahraga, coba rutin ajak anak bersepeda keliling komplek rumah atau main bola di depan rumah, setiap pagi atau sore. Anak-anak jadi nggak sempat rewel kalau kita aktif menciptakan kesibukan sesuai dengan kesenangan mereka.

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 4

Kalau anak-anak suka tampil dan berbicara, nggak ada salahnya buatkan vlog untuk mereka. Tujuan utamanya tentu bukan agar anak jadi vlogger populer, tapi untuk mengarahkan energi positif dan minat mereka, plus melatih mereka untuk lebih percaya diri dalam berbicara, bercerita, atau menyampaikan sesuatu. Usahakan untuk sama-sama berdiskusi tentang konten video yang akan dibuat. Misalnya, membuat konten dari kesukaan olahraga anak, seperti basket, futsal, atau gymnastic. Hobi anak yang senang membantu memasak atau mengoleksi mobil-mobilan juga bisa menjadi konten video menarik. Kita bisa membantu anak merekam semua aktivitas yang dilakukannya.

Baca juga: 8 Skincare dengan Kandungan Oatmeal untuk Merawat Kulit Sensitif

3. Bermain makeup dengan anak

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 5

Buat ibu-ibu yang punya anak perempuan, main makeup bisa jadi kegiatan seru lho! Selain menghindari permasalahan anak rewel, aktivitas ini bisa memberi kesempatan anak untuk eksplorasi warna dan bebas berekspresi. Tapi, kita harus teliti ya dalam memilih makeup yang aman untuk anak. Sebaiknya, jangan biarkan anak menggunakan makeup untuk dewasa, karena khawatir akan mengiritasi kulitnya yang masih sangat lembut dan sensitif. Salah satu makeup anak yang bisa dipilih adalah Amara Cosmetics for Kids. Rangkaian Makeup dari Amara sangat aman digunakan oleh anak 3-12 tahun, sudah terdaftar di BPOM dan bisa menjadi solusi untuk para ibu agar makeupnya tidak dirusak Si Kecil.

Baca juga: 5 Tanaman Indoor yang Baik untuk Menyaring Udara

4. Uji kreativitas dengan bermain aneka warna nail polish

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 7

Jika anak sudah bosan dengan kegiatan monoton yang biasa dilakukan di rumah, mungkin ibu-ibu bisa mengajaknya berkreasi dan bermain warna menggunakan Amara Nail Polish. Selain karena aman digunakan oleh anak usia 3-12 tahun dan sudah terdaftar BPOM, yang paling penting adalah produk ini gampang dikelupas meskipun tanpa nail polish remover, dan punya 10 pilihan warna yang sangat menarik untuk anak-anak.

Selain dapat melatih saraf motorik anak, berkreasi dengan warna-warna Amara Nail Polish juga dapat meningkatkan kreatifitas anak dan bisa bikin para orang tua terkejut dengan perpaduan warna dan bentuk tak terduga yang bisa mereka buat.

Baca juga: Mau Jadi Content Creator yang Lebih Andal? Ini Tipsnya!

 5. Ikut kegiatan online

MENGATASI ANAK REWEL SELAMA PANDEMI - 8

Nggak cuma ayah dan ibunya yang sibuk Zoom meeting atau ikut webinar, anak-anak juga bisa disibukkan dengan online activity. Mengingat mereka sudah terbiasa sekolah online, pasti mereka juga nggak akan asing dengan format berbagai kegiatan online yang diselenggarakan.

Salah satu kegiatan online yang dapat diikuti adalah Makeup Class yang diadakan oleh Amara Cosmetics for Kids pada bulan Agustus lalu. Pada Online Makeup Class serta parenting talk kali ini Amara menggandeng artis Joanna Alexandra dan putrinya Zoey untuk memandu acara dengan menggunakan produk-produk terbaru dari Amara Kids yaitu Princess Bag, Beauty Bag, dan Mini Lipstick. Karena makeup untuk anak ini banyak tips dan triknya, ibu-ibu yang punya anak-anak perempuan sebaiknya jangan ketinggalan ya untuk selalu mengikuti tutorial makeup anak by Amara Kids Cosmetics di Instagram @Amarakids

Baca juga: 5 Rekomendasi Skincare untuk Mengurangi Bruntusan

Itulah beberapa tips mengatasi anak rewel selama #dirumahaja. Kalau banyak kegiatan yang dilakukan, anak-anak jadi nggak melulu terfokus pada game atau tontonan di gadget, dan tetap merasa terhibur selama pandemi! Selamat mencoba ya, ibu-ibu!

Foto: Dok. Amara, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment