banner-detik

skin care

Gimana Cara Nyaman Memakai Facial Oil?

seo-img-article

review trilogy rosehip oil (14)

Buat yang belum terbiasa, tekstur facial oil bisa terasa sangat mengganggu. Makanya perlu trik untuk pemakaiannya.

Facial oil adalah salah satu skincare yang memberi perubahan signifikan pada kulit saya. Makanya saat ini saya nggak pernah melewatkan facial oil dalam skincare rutin saya. Tapi saya paham, untuk yang pertama kali pakai facial oil, mungkin akan merasa terganggu oleh rasa licin dan greasy-nya. Sebenarnya, kita cuma perlu membiasakan diri kok. Setelah terbiasa dengan teksturnya, facial oil tidak akan terasa semengganggu itu.

Namun, saya juga punya beberapa cara memakai facial oil, agar facial oil tidak terlalu terasa licin dan berminyak di wajah. Cara ini membuat pemakaian facial oil jadi terasa lebih menyenangkan.

Baca juga: 5 Pilihan Facial Oil Lokal untuk Kulit Berminyak

 setting spray face mist Arum (1)

1. Pakai setelah face mist

Kalau dipakai dalam keadaan wajah kering, oil memang cenderung susah “menyerap” di kulit, dan menimbulkan rasa licin dan berminyak yang mengganggu dalam waktu yang lama. Tapi, air akan membantu oil jadi lebih mudah diterima oleh kulit. Jadi yang kita lakukan adalah, pakai face mist dulu, lalu dalam kondisi wajah masih basah oleh face mist, langsung aplikasikan facial oil dengan cara ditepuk-tepukkan ke seluruh wajah.

Sampai sekarang, saya masih mempraktekkan cara ini. Sebenarnya kita bisa sih membasahi wajah dengan apapun. Kita bisa pakai facial oil saat wajah masih basah setelah mencuci muka, atau pemakaian hydrating toner. Tapi saya sendiri punya skincare step yang lumayan panjang. Dan facial oil ini saya pakai di akhir step, sebelum moisturizer. Jadi, kondisi wajah saya saat itu sudah kering lagi, tidak terlalu basah. Makanya face mist sangat membantu di step ini. Buat saya, face mist dan facial oil adalah dua produk yang nggak bisa dipisahkan.

 kelebihan CSM Sheet Mask- Arum

2. Pakai sheet mask setelah facial oil

Cara kerja sheet mask adalah membentuk lapisan oclusive yang memaksa kulit untuk menerima lebih banyak essence dari yang biasanya kita pakai dengan cara yang biasa. Cara ini juga bisa kita terapkan untuk facial oil. Tekstur essence yang watery akan membantu tekstur oil menjadi lebih mudah diserap kulit, dan tisu sheet mask akan memaksa facial oil terserap lebih baik ke dalam kulit.

Biasanya sih saya kombinasikan cara pertama dengan cara kedua ini. Jadi saya pakai face mist, lalu saat kondisi kulit wajah masih basah, saya aplikasikan facial oil dengan cara ditepuk-tepuk. Lalu setelahnya, langsung pakaikan sheet mask selama 15-20 menit. Di saya, cara ini ampuh sekali untuk mengatasi kulit yang sedang sangat kering dan dehidrasi.

Baca juga: Trik Cepat Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi

 memanfaatkan skincare tidak cocok Arum (1)

3. Mix dengan moisturizer

Ingin memakai facial oil tapi nggak mau ribet? Ini cara paling gampang! Campurkan saja dengan cream moisturizer yang sedang dipakai. Saya suka memakai cara ini ketika moisturizer yang saya pakai terasa kurang melembapkan. Facial oil menambah kelembapan pada krim, dan membuat teksturnya juga lebih mudah dibaurkan. Mencampurkan facial oil dengan krim juga membuat tekstur oil tidak terlalu kentara.

Atau kalau tidak suka rasa oil di step akhir skincare, bisa juga lho mencampurkan facial oil dengan hydrating serum yang sedang dipakai. Setelah memakai mix hydrating serum dan facial oil, lalu tutup dengan cream moisturizer. Cara ini bikin wajah less oily saat memakai facial oil.

 

Ketiga cara tersebut cukup membantu untuk saya membuat tekstur facial oil lebih nyaman di kulit. Apakah kamu punya cara lainnya? Semoga dengan pemakaian facial oil secara teratur, kulitmu jadi lebih sehat dan glowing!

 

Foto: Dok. Female Daily/Arum

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment