banner-detik

diy

DIY Linen Spray Dari Essential Oil untuk Bantu Tidur Nyenyak

seo-img-article

DIY linen spray Arum (2)

Linen spray dari essential oil, selain bikin kamar tidur lebih harum, juga bisa membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Kita bisa bikin sendiri linen spray dari essential oil yang kita punya lho!

Saya suka sekali kalau rumah saya aromanya harum. Jadi saya memang meletakkan beberapa reed diffuser di masing-masing ruangan di kamar saya, sesuai mood. Tapi khusus untuk kamar tidur, saya mau yang ekstra. Selain udaranya wangi, saya juga kepingin tempat tidur dan bantal saya punya aroma yang lembut dan menenangkan, yang bisa membantu saya tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Budget Beauty: Cara Membuat Reed Diffuser Dari Essential Oil

Untuk itu, saya memakai linen spray atau pillow mist. Karena saya punya cukup banyak koleksi essential oil, jadi saya membuat sendiri linen spray saya dari essential oil. Selain aromanya lembut dan nggak bikin pusing, essential oil juga punya manfaat aromatherapy. Linen spray dengan essential oil seperti ini juga sudah banyak yang jual. Tapi lebih hemat kalau membuat sendiri lho! Selain itu, dengan membuat sendiri, kita bisa meramu aroma yang benar-benar sesuai dengan keinginan kita.

Aroma yang saya sukai untuk kamar saya saat ini adalah perpaduan aroma Lavender, Chamomile, dan Cedarwood. Aromanya floral, dengan sentuhan akhir woody. Sangat lembut dan calming, cocok sekali untuk menemani kita beristirahat. Jadi saya menggunakan essential oil Lavender, Roman Chamomile, dan Cedarwood untuk DIY Linen Spray saya ini. Tapi kamu bisa pakai aroma apapun yang kamu mau kok. Lalu sebaiknya bikin dalam jumlah sedikit dulu, agar nggak terlalu lama habisnya dan kualitasnya tetap terjaga. Saya biasanya membuat dengan ukuran 30 ml.

DIY linen spray Arum (8)

Baca juga: 3 Essential Oil Lokal yang Bisa Membantu Kamu Tidur Nyenyak

Selain essential oil, yang perlu kita persiapkan adalah:

  1. Botol kaca gelap dengan tutup spray
  2. Mixing Jar
  3. Gelas ukur
  4. Distiled water (atau air matang biasa juga tidak apa-apa kalau tidak ada air distilasi)
  5. Alkohol atau which hazel untuk emulsifier. Ini penting agar essential oil bisa bercampur rata dengan air.

 DIY linen spray Arum (11)

Cara membuatnya:

  1. Tuangkan 10 ml alkohol atau cairan witch hazel ke dalam gelas ukur.
  2. Teteskan essential oil sesuai selera. Saya memakai 5 tetes essential oil Lavender, 3 tetes essential oil Roman Chamomile, dan 2 tetes essential oil Cedarwood.
  3. Tutup mixing jar, lalu goyang-goyangkan dengan gerakan memutar perlahan agar tercampur rata. Jangan di-shake terlalu keras agar essential oil tidak rusak ya.
  4. Masukan 20 ml distiled water, tutup jar, dan goyang-goyangkan kembali dengan cara yang sama.
  5. Pindahkan cairan ke botol spray, dan linen spray siap digunakan!

Takaran yang saya tuliskan di atas adalah takaran kira-kira, yang biasanya saya gunakan ya. Namun aroma itu masalah selera. Kalau kamu suka aroma yang lebih kuat, pemakaian essential oil-nya bisa diperbanyak kok. Misal bisa memakai 10 tetes essential oil Lavender, 5 tetes essential oil Roman Chamomile, dan 3 tetes essential oil Cedarwood. Atau pakai essential oil apapun dengan takaran berapapun sesuai dengan selera masing-masing.

DIY linen spray Arum (1)

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan mengocok botol terlalu kencang, karena dapat merusak molekul essential oil dan membuat DIY linen spray aromanya berubah. Pastikan juga simpan dalam suhu ruang dan terhindar dari cahaya matahari. Selain untuk menyemprot area tempat tidur, linen spray ini bisa lho kita semprotkan di tirai jendela, sofa, taplak meja, atau apapun yang terbuat dari kain. Kita juga bisa membuat linen spray dengan berbagai aroma yang berbeda sesuai dengan mood masing-masing ruangan di rumah kita.

Selamat mencoba ya!

 

Foto: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment