banner-detik

bath n body

Cara Aman dan Gampang Mencerahkan Kulit Tubuh!

seo-img-article

Siapa sih yang nggak pingin punya kulit cerah yang memancarkan aura sehat? Nggak heran kenapa banyak skincare dengan embel-embel mencerahkan kulit laku keras di pasaran. Coba hitung, udah berapa banyak produk dengan klaim mencerahkan yang ada di vanity kamu?

Eits, jangan cuma fokus buat mencerahkan kulit wajah saja, ya. Kulit tubuh, terutama di bagian tangan dan kaki juga nggak boleh luput dari perhatian. Nggak mau kan, kalau warna kulit wajahmu jadi jauh berbeda dengan tangan dan kaki? 

Nah, kalau kulitmu udah keburu belang karena terlalu concern mencerahkan kulit wajah sampai lupa dengan anggota tubuh yang lainnya, jangan panik. Jangan buru-buru order krim-krim pemutih nggak jelas, atau segala produk dengan klaim whitening yang nggak jelas keamanannya. Jangan pula sampai coba-coba DIY berbahaya dengan bahan dapur, ya!

Mencerahkan kulit tubuh nggak susah, kok. Kamu bisa coba cara berikut ini buat mencerahkan kulit nggak pake lama, gampang, dan yang pasti lebih aman!

1. Sabun susu kambing untuk mencerahkan kulit

ME-TIME LEWAT MANDI

Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis soal manfaat susu kambing untuk kulit. Diantara banyak manfaatnya, susu kambing juga bisa mencerahkan kulit. Kandungan AHA, specifically Lactic Acid dalam susu kambing berperan sebagai gentle exfoliator untuk kulit sehingga sel-sel kulit mati di tubuh yang bikin kulit terlihat kusam bisa terangkat selagi mandi. Selain bikin kulit cerah, kulitmu juga bakalan lebih plumpy, kenyal-kenyal sehat, gitu!

The Bath Box Versi Baru dan Curhat Soal BPOM

Sabun susu kambing ini juga gampang banget ditemukan di drugstore dan supermarket, lho. Beberapa orang ada yang skeptis dengan produk susu kambing karena takut wanginya bakalan ggak enak. Tapi tenang, mostly sabun susu kambing punya wangi manis khas susu yang enak. Namun, buat yang nggak suka aroma manis, terutama aroma susu, mungkin bakalan eneg dengan wanginya. Rekomendasi saya, cobain sabun susu kambing Goat’s don’t Lie dari local brand The Bath Box yang bisa kamu purchase di Beauty Studio by Female Daily sekarang juga!

2. Pakai scrub seminggu sekali

scrub mencerahkan kulit

Mandi aja nggak cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara menyeluruh. Agar kulit cerah lebih cepat gunakan body scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Gunakan body scrub dengan bulir scrub halus yang nggak terlalu kasar di kulit. Ingat, kulitmu bukan tembok yang perlu diamplas sampai licin, lho. Gunakan body scrub dengan baik, dengan menggosok kulit secara perlahan. Jangan terlalu kasar sampai kulit jadi memerah, ya.

Selain itu, jangan obsess buat scrubbing tiap hari biar kulit cepat cerah. Sekali seminggu aja udah cukup, lho. Terlalu sering melakukan scrubbing malah akan merusak skin barrier dan mengiritasi kulit. Yang ada, bukannya cerah, kulit malah memerah dan terasa perih. Baca dulu cara tepat menggunakan body scrub di sini.

Baca juga: 4 Body Scrub Bagus Brand Lokal

3. Body Lotion dengan brightening ingredients

KULIT CERAH MERATA - WHITELAB 6

Setelah mandi dan scrubbing, jangan lupa untuk menggunakan body lotion untuk menahan kelembapan kulit. Biar sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, gunakan body lotion dengan ingredients yang dapat membantu mencerahkan kulit. Cari body lotion yang mengandung susu, susu kambing, ekstrak bengkoang, Vitamin C dan/atau Niacinamide. Seperti yang kita tahu, ingredients tersebut akan bantu kulit cerah menjadi terlihat lebih cerah dengan pemakaian yang teratur. 

Baca juga: 5 Cara Agar Nggak Malas Memakai Body Lotion

4. Lindungi kulit dengan sunscreen

SUNSCREEN BAGUS DAN MURAH - 3

Wait, jangan bilang kamu cuma menggunakan sunscreen di wajah? Mulai sekarang jangan skip menggunakan sunscreen di tangan dan kaki, ya. Terlebih jika kamu menggunakan pakaian yang terbuka di bagian lengan dan kaki. Sinar matahari, selain menyebabkan penuaan dini, juga bisa bikin kulit kusam, lho. 

VASELINE BODY SERUM 1

Termasuk area punggung dan tengkuk yang sering terlupa saat menggunakan sunscreen. Banyak banget yang mengalami tengkuk belang dan kusam karena terbakar matahari, sebab nggak pernah diproteksi dengan sunscreen. Saya paham banget kalau rasanya males menggunakan sunscreen lagi, terlebih diatas kulit yang baru saja dibaluri lotion. Pasti rasanya greasy parah! Nah, untuk mengatasinya kamu tetap bisa menggunakan sunscreen spray yang lebih praktis, atau aplikasikan body lotion yang sudah mengandung SPF di dalamnya, seperti Vaseline Body Serum varian Soft+Glow dengan kandungan SPF 20 PA++. 

 

Be mindful, cara di atas bukan cara instant untuk memutihkan kulit. There’s a different between whitening and brightening. Jadi, kalau kamu punya skin tone yang cenderung gelap dan obsess buat memutihkan kulit, no, ini bukan caranya. I don’t think there’s a safe way for it either. Selamat mencoba!

 

Foto: Dok. Female Daily, Dok. Freepik.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment