Apakah Aman Menggunakan Lip Cream untuk Area Mata dan Pipi?

MENGGUNAKAN LIP CREAM UNTUK AREA MATA DAN PIPI 5

Jika mendengar embel-embel multifungsi atau bisa juga klaim 3 in 1 atau 2 in 1 pada produk makeup, saya langsung bisa membayangkan betapa praktisnya hanya butuh 1 produk untuk lipstick, blush on, dan eyeshadow sekaligus.

Selain menghemat waktu, bawaan saya di dalam makeup pouch juga jadi lebih ringkas. Tapi, apakah produk makeup serbaguna ini aman digunakan?

Sejauh ini, produk makeup yang bisa sekaligus digunakan untuk 2 atau 3 bagian wajah yang pernah saya temui biasanya dikemas dalam bentuk jar, stick, dan yang paling sering muncul di Indonesia adalah yang bentuknya seperti lip cream atau liquid lipstick.

Pada dasarnya, makeup adalah soal color placement. Memang bisa saja pakai satu produk makeup untuk beberapa fungsi, misalnya, saya suka pakai compact powder dengan warna yang lebih gelap dari kulit saya sebagai bronzer, atau liquid contour sebagai eyeshadow. Bahkan tanpa klaim 3 in 1 pun, kadang ada saat-saat dimana saya lupa bawa blush atau eyeshadow, akhirnya pakai lip cream saja untuk memberi warna di area mata dan pipi, yang penting gampang di-blend.

MENGGUNAKAN LIP CREAM UNTUK AREA MATA DAN PIPI 1

Nah, yang menjadi concern saya adalah, seringnya lip cream ini kita aplikasikan ke wajah menggunakan satu aplikator yang sama untuk mengambil produknya dari dalam kemasan. Jadi, setelah digunakan, aplikator tersebut akan dimasukkan lagi ke dalam tube produknya. Dari segi hygene, hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Misalnya, setelah makan kita lupa mencuci mulut, tapi sudah menggunakan lip cream. Lalu lip cream tersebut dioleskan lagi ke pipi, kemudian ke mata, yang notabene adalah area yang sensitif. Semua minyak-minyak di bibir akhirnya pindah ke pipi, mata, lalu masuk lagi ke dalam tube lip cream tersebut.

Baca juga: 3 Lipstik Lokal yang Bisa Dipakai Sebagai Cream Blush

Kalau begitu, apakah tidak boleh atau tidak aman menggunakan lip cream untuk area mata dan pipi?

Semuanya kembali lagi ke cara pemakaian. Tips dari saya, jika memang ingin menggunakan lip cream untuk area mata dan pipi sekaligus, lebih baik jangan menggunakan wand applicator-nya, gunakan jari saja. Caranya, produknya dioleskan ke tangan yang sudah dicuci bersih. Setelah itu baru diaplikasikan ke wajah dengan menggunakan jari.

Baca juga: Tips Supaya Cream Blush Kamu Kelihatan Natural

MENGGUNAKAN LIP CREAM UNTUK AREA MATA DAN PIPI 2

Ingat, jangan langsung aplikasikan ke wajah, apalagi wajah yang sudah full makeup, karena nantinya aplikator itu akan dimasukkan lagi ke dalam kemasan. Kecuali kamu juga sudah cuci muka, tapi kan kita tidak selalu bisa cuci muka dimanapun dan kapanpun, sedangkan cuci tangan jauh lebih praktis. Kemudian, supaya tidak lupa, lebih baik produk yang memang untuk 3 in 1 dikhususkan saja, jadi jangan dicampur dengan koleksi lip cream yang lainnya.

Jadi itu dia tips dari saya, kesimpulannya adalah boleh saja kok menggunakan lip cream untuk area mata dan pipi, tapi selalu perhatikan cara pemakaiannya ya! Apalagi kamu yang area mata dan pipinya cenderung lebih sensitif.

MENGGUNAKAN LIP CREAM UNTUK AREA MATA DAN PIPI 1

Apakah kamu sering menggunakan produk makeup 3 in 1? Produk favoritmu apa nih? Ceritakan di kolom komentar ya!

Foto: Freepik.com, Sophie Martin Paris, Mineral Botanica.