Trik Mengakali Shade dan Tekstur Cushion Foundation

complexion lokal dupe high end Arum (2)

Kalau kita nggak suka dengan tekstur atau shade liquid foundation, kita bisa mencampurkan dengan produk lain di mixing palette. Tapi kalau cushion, bagaimana cara mengatasinya ya?

Saya pernah menulis kalau saya lebih suka old school liquid foundation, dibandingkan cushion. Ada banyak sih alasannya, di antaranya adalah, liquid foundation lebih gampang diakali seandainya salah shade atau seandainya saya nggak suka dengan teksturnya.

Tentu alasan saya lebih memilih liquid foundation bukan cuma itu. Masih ada beberapa hal lain yang bisa dibaca sendiri di artikel yang dulu pernah saya tulis. Dan sampai sekarang, pendapat saya masih sama kok. Saya pribadi masih lebih memilih foundation berbentuk liquid, dalam kemasan botol atau tube, dibandingkan dengan cushion foundation.

Namun karena sekarang banyak sekali brand lokal yang mengeluarkan cushion foundation, rasanya akan sayang sekali kalau saya melewatkan produk-produk tersebut. Makanya saya tetap mencobanya, dan berusaha mencari cara menyesuaikan hasil cushion tersebut dengan selera saya. Cara-cara saya ini, boleh dicontek, seandainya teman-teman ada yang terlanjur membeli cushion foundation dan ternyata nggak suka dengan shade atau teksturnya.

 

Membuat Coverage Cushion Foundation Lebih Natural

Kalau kalian seperti saya, yang lebih suka complexion product dengan hasil yang natural dengan sheer to medium coverage, pasti agak susah menemukan cushion yang pas. Saya pun begitu. Rata-rata cushion hasilnya terlalu full coverage di kulit saya. Ini bukan jelek ya, hanya masalah selera saja.

Nah, hasil yang full coverage ini, selain mungkin karena formula foundation-nya sendiri, juga bisa jadi karena aplikator atau cushion puff-nya. Cushion puff memang didesain tanpa pori-pori, sehingga nggak menyerap produk sama sekali. Cushion puff mampu pick-up produk, dan mendistribusikan hampir semua produk ke kulit wajah kita. Jadi hasilnya memang cenderung lebih full cover.

Untuk menurunkan coverage cushion, kita bisa memakainya dengan menggunakan beauty sponge. Beauty sponge yang memiliki pori-pori pada permukaannya, akan menghasilkan finish yang cenderung lebih sheer bila dibandingkan dengan cushion puff. Saya sendiri sih, jelas lebih suka hasil beauty sponge dibandingkan cushion puff. Lebih natural dan juga lebih cepat meratakan produk.

cushion trik Arum

 

Mencampur Dua Shade Cushion Foundation

Saya jarang sekali bisa menemukan foundation dengan shade yang perfectly match dengan kulit saya. Jadi apapun merek foundation-nya, biasanya saya selalu sedia foundation shade adjusting drop, untuk mengoreksi warnanya. Jadi semua foundation yang saya punya bisa terpakai, tinggal di-adjust saja shade-nya agar lebih sesuai.

Nah, kalau old school liquid foundation, cara mencampur ini mudah sekali. Tinggal dituang saja ke punggung tangan atau mixing palette, lalu ditambahkan shade adjusting drop sedikit-sedikit, sampai mencapai warna yang saya inginkan. Tapi kalau cushion tidak bisa seperti itu.

Saya juga awalnya bingung bagaimana caranya mencampur dua shade cushion, sehingga banyak cushion yang saya coba, yang akhirnya nggak terpakai karena saya nggak suka warnanya. Tapi lalu saya mencoba dab sponge yang saya pakai ke dua cushion yang mau saya campur secara bergantian, dan berhasil! Cara ini berhasil membuat cushion yang saya mau warnanya tercampur. Tapi kekurangannya, cushion yang satu jadi terkontaminasi oleh cushion lainnya.

Baca juga: Langkah-Langkah Mencampur Foundation Salah Warna

 Review Wardah Perfect Bright BB Powder-5

Membuat Cushion Foundation Lebih Matte

Kebanyakan cushion foundation, finish-nya dewy. Buat saya sih ini nggak masalah. Tapi buat yang kulitnya berminyak dan lebih suka matte foundation, tentu ini masalah sekali. Untuk mengatasi ini, kita bisa memakai tehnik powder before foundation. Sapukan dulu translucent setting powder, tipis-tipis saja dengan menggunakan powder brush, ke seluruh wajah. Setelahnya, pakai cushion foundation seperti biasa.

Setting powder akan menyerap minyak berlebih pada kulit, sehingga hasilnya menjadi lebih matte. Cara ini juga akan membuat coverage produk bertambah.

Baca juga: 3 Tips Pakai Bedak Sebelum Foundation

 

Selamat mencoba ya ;).