banner-detik

aging

Beautypedia: Houttuniya Cordatta, Mirip Centella Asiatica?

seo-img-article

Houttuniya Cordatta

Familiar dengan Centella Asiatica? Tanaman ini populer semenjak berbagai brand skincare Korea memproduksi rangkaian skincare berbahan Centella Asiatica. Bagaimana dengan Houttuynia Cordatta? Mungkin masih banyak yang bingung, tanaman apa lagi ini?

Houttuynia Cordatta, memang belum seterkenal Centella Asiatica. Padahal keduanya sama-sama masuk dalam kategori tanaman herbal, dan punya manfaat untuk kulit yang hampir mirip satu sama lain. Pastinya sudah tahu dong, kalau centella asiatica/ cica atau gotu kola ini digunakan pada produk skincare, karena memiliki anti-oxidant dan soothing properties, yang dapat merevitalisasi skin barrier. 

Lihat juga: Manfaat Centella Asiatica Untuk Kulit | Skincare 101

Houttuynia Cordatta, Tanaman Apa Sih Itu?

Houttuynia Cordatta adalah adalah nama saintifiknya. Sementara, sapaan akrab dari tanaman ini ternyata banyak banget. Ada yang menyebut tanaman ini sebagai Fish Mint, Fish Leaf, Rainbow Plant, Chameleon Plant, Heart Leaf, Chinese Lizard Tail, atau Bishop’s Weed. Di Indonesia sendiri, tanaman ini ternyata lebih dikenal sebagai Amis-amisan. Belum pernah dengar? Sama, saya pun belum, hehe.

Menurut saya, Houttuynia Cordatta layak disebut sebagai sister plant-nya Centella Asiatica. Houttuynia Cordata juga termasuk golongan herbs. Tanaman ini aslinya banyak dijumpai di daerah timur laut India dan juga di Cina. Aslinya, tanaman ini kerap dikonsumsi sebagai sayuran, garnish pada makanan, atau sebagai obat-obatan.

Baca juga: Mugwort Mulai Menggeser Hype Centella Asiatica di K-Beauty?

kulit sensitif bebas komedo - Arum (1)

Apa Manfaat Houttuynia Cordatta Untuk Kulit?

Yang namanya tanaman herbal, pastinya dipercaya punya manfaat untuk kesehatan. Pada beberapa penelitian, Houttuynia Cordatta disebut punya efek anti inflammatory, antibacterial, antioxidant, sampai antiviral. Nggak heran kalau tanaman ini digunakan sebagai obat flu, bahkan menurut sebuah studi, Houttuynia Cordata sempat digunakan dalam pengobatan SARS.

Kalau dilihat-lihat, sifat dari tanaman heart leaf ini mirip dengan yang dipunya oleh Centella Asiatica, bukan? Keduanya sama-sama bermanfaat dalam hal wound-healing, termasuk juga penyembuhan jerawat. Keduanya bahkan sama-sama dapat mencegah photo-aging.

Sebetulnya, eksistensi Houttuynia Cordatta di ranah skincare nggak baru-baru amat, kok. Tanaman satu ini sudah sering dipakai diberbagai produk skincare, walaupun nggak di-highlight sebagai ingredient utama, sehingga nggak begitu hype layaknya Centella Asiatica. Saya bahkan belum pernah dengar sama sekali tentang Houttuynia Cordatta, sampai saya melihat nama tanaman ini di salah satu produknya Bellflower.

Biasanya, produk-produk yang mengandung Houttuynia Cordatta, disandingkan dengan ingredients lainnya yang bersifat anti inflammatory, antibacterial dan mengandung antioxidant. seperti cica, green tea, atau tea tree.

Beautypedia Houttuniya Cordatta, Mirip Centella Asiatica?

Produk Apa Saja yang Mengandung Houttuynia Cordatta?

Nggak banyak produk yang menjadikan Houttuynia Cordatta sebagai ingredient utamanya. Beberapa produk yang saya tahu adalah Bellflower Heartleaf Houttuynia Treatment Serum, Goodal Houttuynia Cordata Calming Moisture Cream dan di beberapa produk dari Zymogen seperti Houttuynia Cordatta Ferment Serum, Mist dan Peeling Pads-nya.

Baca juga: Bellflower, Skincare Baru Dari Korea | Wednesday Wishlist

Namun, sebenarnya kandungan Houttuynia Cordatta, bisa kalian temukan di beberapa produk skincare populer, seperti Axis Y Cera-Heart My Type Duo Cream, Tatcha The Water Gel, Dr. Jart+ Cicapair Tiger Grass Serum, hingga peeling pad famous dari Neogen: Neogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Green Tea.

Skincare dengan Houttuynia Cordatta Bakalan Cocok Untuk…

Karena sifatnya yang mirip-mirip dengan Centella Asiatica, maka produk-produk mengandung Houttuynia Cordatta, umumnya diformulasikan untuk kulit  berjerawat, kulit sensitif dan sensitized, eczema, psoriasis, fungal acne, serta anti-aging.

Tapi sebelum mencoba, pastikan juga ingredients lainnya yang terkandung dalam suatu produk. Karena biasanya kandungan Houttuynia Cordatta, sering digabungkan dengan bahan fermented, tea tree atau ingredients lainnya yang mungkin jadi trigger bagi kulitmu.

Hmm, mungkin nggak ya, Houttuynia Cordatta bakal se-famous Centella Asiatica dan Mugwort suatu saat? Kita tunggu saja!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment