banner-detik

acne blemishes

Produk Wajib Punya untuk Kulit Sensitif

seo-img-article

kulit sensitif bebas komedo - Arum (1)

Kalau kamu punya kulit yang mudah iritasi, atau kulit sensitif, pastikan kamu selalu punya produk skincare ini.

Merah, kering, gatal atau bruntusan adalah beberapa hal yang sering dialami oleh pemilik jenis kulit sensitif. Apa saja yang memicu hal tersebut? Banyak banget contohnya, seperti salah menggunakan produk skincare, terkena sinar matahari terlalu lama, debu, atau misalnya karena menggunakan masker penutup mulut.

Lalu gimana sih mengatasinya kalau sedang kambuh? Karena saya juga memiliki kulit sensitif yang mudah sekali kemerahan dan radang, saya selalu menyiapkan skincare dengan bahan dasar yang mampu meredakan permasalahan tersebut. Berikut adalah beberapa kandungan skincare yang wajib dimiliki oleh tim kulit sensitif.

centella asiatica SKIN1004

Centella Asiatica

Kandungan ini selalu menjadi andalan saya untuk meredakan iritasi, baik karena terkena debu, salah pakai skincare atau untuk meredakan jerawat yang meradang. Tanaman yang juga disebut Cica ini memang dikenal mempunya fungsi wound healing yang fokus mengurangi peradangan kulit dan membuat jerawat lebih kalem. Di centella asiatica sendiri terdapat 3 senyawa, yaitu  asiaticoside, asiatic acid, dan madecassic acid, yang fungsinya untuk memperbaiki kondisi kulit.

Senyawa asiaticoside berfungsi untuk menyeimbangan kadar minyak dan air di kulit, asiatic acid untuk memperkuat skin barrier dan kaya akan antioksidan. Terakhirmadecassic acid fungsinya dapat mempercepat penyembuhan kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang terluka.  Madecassic acid yang terkandung di dalamnya berperan penting untuk menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi dan mengatur enzim-enzim tertentu pada kulit yang biasanya menyebabkan peradangan.

Baca juga: Skincare Dengan Centella Asiatica Favorit di FD Review

the ordinary vs somethinc

Niacinamide 

Niacinamide adalah salah satu ingredient skincare paling populer di luar sana, baik dalam drugstore brand atau high-end brand. Selain memiliki fungsi anti-peradangan, niacinamide juga bisa membantu mencegah hiperpigmentasi, dan menahan air di lapisan  kulit.

Baca juga: Pilih The Ordinary Niacinamide + Zinc atau Somethinc Niacinamide & Moisture Beet?

Isntree hyaluronic acid aqua gel cream

Hyaluronic Acid

Kulit menjadi sensitif, merah atau timbul jerawat, bisa jadi tandanya kulit kalian kering atau dehidrasi. Biasanya kulit sensitif mengalami yang namanya compromised skin barrier. Artinya kulit kalian nggak bisa menjaga kelembapan, atau kadar air dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, HA menjadi salah satu produk skincare wajib pakai untuk tim kulit sensitif. Hyaluronic Acid adalah jenis pelembap humektan, yang fungsinya menarik air, sehingga  kandungan air yang dibutuhkan kulit selalu cukup.

Baca juga: 7 Produk Skincare Hyaluronic Acid untuk Kulit Lebih Dewy

Jadi buat yang kulitnya sering iritasi, coba deh gunakan tiga jenis ingredients ini.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment