banner-detik

fitnfab

Leher Gampang Pegal Selama WFH? Ini Cara Mengatasinya!

seo-img-article

neck pain

Masalah lain di samping mata perih akibat terlalu lama melihat gadget adalah leher gampang pegal dan kaku? Ini tips mengatasi tech neck selama WFH!

Banyak yang awalnya mengira WFH alias kerja dari rumah selama pandemi bisa lebih santai. While that might be true, nggak jarang juga yang justru jadi kerja nggak kenal waktu, karena merasa waktu kerjanya nggak akan terpotong sama perjalanan dari kantor ke rumah. Alhasil semakin panjang juga waktu yang dihabiskan di depan layar gadget.  Ada juga yang nggak pakai kursi kerja yang ergonomis, atau lebih suka kerja di tempat tidur dengan postur yang buruk. Belum lagi ditambah yang susah tidur di malam hari dan jadi sering binge-watch Netflix, drama, atau scrolling media sosial nonstop. I’m guilty of these too. Akibatnya leher gampang pegal dan upper back sering terasa nyeri karena berat badan bertumpu di satu titik saja. Well, we reap what we sow. 

Masalah pegal dan nyeri otot akibat terlalu lama mantengin gadget ini biasa juga dikenal dengan ‘tech neck’. Selama WFH sejak Maret ini, saya beberapa kali mengalami tech neck sampai nggak bisa menengok ke kanan tanpa rasa nyeri. Range of motion jadi terbatas dan tentunya ini mengganggu dan nggak nyaman kan? In the long run, tech neck ini bisa berakibat serius juga seperti jadi gampang pusing dan tentunya jadi sering muncul masalah tulang punggung. Makanya kalau sudah mulai ada rasa-rasa leher pegal dan kaku, penting banget untuk langsung diatasi sebelum naik level ke yang lebih serius. Gimana sih cara mengatasinya?

Baca juga: Mata Perih Akibat Melihat Layar Seharian? Begini Cara Mengatasinya!

Stretching

yoga

Stretching penting banget dilakukan buat yang punya sedentary lifestyle alias jarang gerak. Apa lagi tech neck terjadi akibat otot-otot di leher terlalu lama diam di satu posisi sehingga jadi kaku. Sebisa mungkin hindari cracking. Memang rasanya satisfying, tapi salah-salah justru malah bisa bikin syaraf terjepit. Be gentle with your joints dan stretch secara perlahan. Beberapa pose yang bisa kamu coba adalah downward dog, upward dog, dan cat camel stretch. Kalau belum familiar, kamu bisa ikuti tutorial stretching di Youtube, seperti dari channel Yoga with Adrienne yang punya beberapa pilihan stretching khusus buat area leher dan upper back.

Foam Roller & Massage Ball

foam roller

Siapa sih yang nggak kangen pijat di spa selama pandemi ini? :(. Meski nggak bisa pijat di luar, kamu masih tetap bisa release otot-otot yang tegang di rumah dengan foam roller. Caranya cukup dengan tiduran di mat atau menempelkan foam roller ke tembok, lalu roll di sepanjang tulang belakang. Selain me-release otot kaku, foam rolling juga bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga sendi dan otot lebih fleksibel. Untuk titik-titik yang sangat tegang dan butuh release ekstra, kamu juga bisa gunakan massage ball atau bola tenis di trigger points yang sakit.

Icing

ice pack

Tech neck biasanya juga bikin otot jadi inflamasi. Makanya sering ada rasa nyeri yang susah hilang kan? Untuk meredakan inflamasi ini, icing bisa jadi solusi. Cukup kompres area leher yang sakit dengan ice pack selama 15 sampai 30 menit setiap hari. Kamu bisa juga membungkus ice pack dengan kain tipis sebelum ditempel ke kulit untuk menghindari frost bite, ya.

Baca juga: Studio Olahraga Tutup? Ini Cara Olahraga di Rumah Selama Social-Distancing

Nah, itu dia tips untuk mengatasi leher pegal atau tech neck selama WFH. Tapi kalau kamu rasa sudah sakit banget, jangan ragu untuk bikin janji sama physiotherapist ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment