banner-detik

fitnfab

Mata Perih Akibat Melihat Layar Seharian? Begini Cara Mengatasinya!

seo-img-article

close-up-woman-having-eye-pain_23-2147953540

Salah satu hal yang paling sering saya alami selama karantina adalah: mata saya perih banget! Entah karena kebanyakan main game, atau karena seharian melihat layar laptop. Gimana cara mengatasinya? Yuk, baca artikel ini! 

Berhubung kita lagi nggak keluar rumah, kebanyakan dari kita jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Baik untuk nonton TV, streaming online, main game, atau mungkin scroll layar LCD HP. Well, setidaknya itu yang paling sering saya lakukan selama karantina! Nggak kerasa, tahu-tahu saya sudah menghabiskan sekitar 9-12 jam perharinya melihat layar LCD. Sampe suatu pagi hari, saya merasa ada yang aneh dengan penglihatan saya. Pagi hari ketika baru bangun tidur, tapi mata saya kerasa berat banget! Mata saya terasa buram, perih, pengen tidur lagi bawaannya. Yes, mata saya kelelahan akibat kebanyakan melihat layar LCD! Sejak saat itu, saya melakukan beberapa hal supaya mata saya nggak perih lagi. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya mata kamu nggak perih ketika melihat layar LCD:

1. Atur Pencahayaan

woman-indoors-using-eye-drops_23-2148506055

Sakit mata bisa jadi disebabkan oleh cahaya matahari, ataupun cahaya LCD yang terlalu terang. Ketika cahaya LCD lebih terang dibandingkan dengan kondisi cahaya di ruangan sekitar kita, maka mata akan bekerja jauh lebih berat. Itu sebabnya kamu harus memastikan ruang kerja atau kamar kamu punya pencahayaan yang cukup buat kamu beraktivitas, nggak terlalu terang, tapi juga nggak terlalu gelap.

Baca juga: Rekomendasi Game Seru untuk Dimainkan Selama Karantina!

2. Istirahatkan Mata

woman-work-hard-put-her-hand-touch-eye-fatigue-eyes-burn-out-from-using-laptop_43403-546

Kamu perlu ambil waktu sejenak untuk mengistirahatkan matamu setiap 20 menit dengan mengalihkan pandangan kamu ke objek lain yang jaraknya jauh. Tatap objek yang jauh tersebut selama 20 detik, kemudian lanjutkan pekerjaan. Selanjutnya, kamu bisa beristirahat setiap 2 jam sekali dengan melihat objek yang jauh selama 15 menit.

3. Gunakan Filter Layar & Atur Jarak

Kamu bisa tambahkan filter layar kepada laptop maupun gadget kamu, supaya mata kamu nggak langsung terpapar sinar. Kalau saya secara pribadi, saya memilih untuk menggunakan kacamata yang memiliki blue light filter, yang berfungsi memfilter setiap cahaya yang masuk ke mata saya. Jangan lupa juga untuk mengatur jarak antara matamu dengan layar setidaknya 60cm.

4. Lepas Lensa Kontak

attractive-smiling-woman-eyeglasses_23-2148068727

Kalau kamu terbiasa menggunakan lensa kontak, mungkin work from home jadi momen yang tepat buat kamu istirahatkan mata kamu sejenak dengan beralih menggunakan kacamata. Tapi, kalau kamu memang ingin tetap menggunakan lensa kontak, jangan lupa untuk mencuci setiap setelah pemakaian. Jangan menggunakan lensa kontak ketika tidur, dan jangan lupa rutin mengganti lensa kontakmu. Selain melakukan cara-cara di atas,  kamu juga dapat mencuci mata untuk meredakan iritasi akibat stres mata. Berikut adalah langkah-langkah mencuci mata:

  • Pastikan tangan kamu bersih sebelum mencuci mata.
  • Lepaskan lensa kontak jika kamu sedang memakainya.
  • Isi mangkuk atau wadah kecil dengan air bersih, lalu celupkan wajah kamu ke dalam wadah tersebut sambil berkedip. Lakukan selama 15 menit.
  • Setelah terasa membaik, angkat wajah dan keringkan dengan handuk.

Baca juga: Daftar Rapid Test Gratis, Gimana Caranya?

So, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar mata kamu nggak perih akibat terlalu banyak melihat layar LCD. Kalau kamu sudah menggunakan berbagai macam cara di atas, tapi masih mata kamu masih perih atau penglihatannya terganggu, akan lebih baik kamu mengonsultasikannya ke dokter. Yang terpenting, stay safe and healthy ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment