5 Black Owned Beauty Products yang Mengingatkan Bahwa #BlackLivesMatter

 FD Discover with FD (Black-owned Beauty Brands) - Article (1)

Sudah bukan rahasia lagi kalau black-owned beauty brands termasuk dalam barisan terdepan ketika berkaitan dengan inklusifitas dan inovasi. Kind of an irony, huh? Di mana saat ini kasus rasisme dan ketidakadilan jadi salah satu isu yang sedang diperjuangkan, terutama bagi mereka yang berkulit hitam. Honestly, rasisme bukan suatu isu yang terjadi baru-baru ini saja. It’s just now that it’s getting filmed. Terutama sejak kasus George Floyd yang baru saja terjadi beberapa waktu ini. Sejak saat itu, mulai bermunculan footage-footage tentang ketidakadilan para polisi terhadap mereka yang berkulit hitam.

Padahal, nggak sedikit deretan kulit orang-orang hitam yang berbakat dan inspirasional. Di beauty industry sendiri, banyak brand favorit saya yang dimiliki oleh mereka yang berkulit hitam.  So, berikut adalah beberapa black-owned beauty brands yang saya suka!

FENTY_BrandWB_4_a10796bb87467d429a35a4d2cc078840157fc539_1504770667-copy

Fenty Beauty, salah satu brand yang mengemukakan inklusifitas ini didirikan oleh the world famous pop singer, Rihanna. Ketenaran Fenty Beauty bukan hanya nama Rihanna saja, tapi karena Fenty Beauty mengeluarkan 40 shade range! Padahal, di saat itu belum banyak beauty brands yang berani mengeluarkan shade foundation sebanyak itu. But that’s the unique selling point of Fenty Beauty’s products! 

Satu hal yang saya sukai tentang Fenty Beauty, selain inklusifitasnya, adalah bahwa brand ini merupakan satu-satunya brand milik ‘celeb’ yang menurut saya nggak asal-asalan. Rihanna nggak cuma jadi ‘icon’ dari brand ini, tapi Rihanna sendiri yang ikut turun lapangan dari segi formulating, testing, bahkan ke design packaging. Hal ini dikemukakan oleh Priscilla Ono, Makeup Artist Rihanna ketika dirinya diwawancarai di salah satu video Nikkie Tutorials. Rihanna really knows what she wants. Can she be any more perfect? Literally, hampir semua produk Fenty Beauty yang saya punya hingga saat ini, mulai dari foundation, highlighter, hingga brush, menurut saya nggak ada yang fail. Salah satu contohnya, produk Lip Gloss Fenty Beauty Gloss Bomb jadi must-have lip gloss saya hingga saat ini!

Baca juga: Produk Fenty Beauty Yang Jadi Favorit di FD Review

Screen-Shot-2018-07-20-at-11.16.06-AM

Pat Mcgrath Labs

Pat Mcgrath disebut juga sebagai self-made billionaire karena beauty brand miliknya, Pat Mcgrath Labs. Name any Pat Mcgrath Labs product features that you know that you don’t love. Pertama, Pat Mcgrath Labs nggak pernah main-main soal packaging, selalu super extra dan luxurious. Kedua, soal formula, Pat Mcgrath is no joke. Mulai dari eyeshadow palette, lipstik, hingga highlighter-nya selalu berhasil membuat iconic looks. Kalau kamu belum pernah mendengar brand ini sebelumnya, kamu bisa cek instagramnya @patmcgrathreal dan coba lihat beberapa video tutorial eye-makeup mereka. Dijamin bikin ngiler banget!

beauty-bakery-t

Beauty Bakerie

Baking, Cakey, Powdery – beauty jargons ini terkadang mengingatkan kita akan baking kue beneran. Nah, hal ini direalisasikan oleh Cashmere Nichole, sebagai founder Beauty Bakerie. Sesuai namanya Beauty Bakerie, brand ini memang memiliki konsep Bakery atau toko kue. Contohnya beauty blender yang dikemas seperti grocery eggs, eyeshadow palette berbentuk ice cream sandwich, dan masih banyak produk-produk lainnya yang mengingatkan kamu akan makanan manis lainnya. Jujur saya sendiri belum pernah mencoba produk-produk dari Beauty Bakerie, tapi saya penasaran banget terutama karena packaging dan formulanya yang cruelty free dan vegan friendly!

edited_july19_uoma_landscape_1_HEADER-2

Uoma

Pertama kali saya mendengar brand Uoma dari Beauty Guru Tati Westbrook yang ternyata suka banget sama produk ini. Memang sih, belum terlalu familiar di kalangan beauty junkie, tapi brand yang dimiliki oleh Sharon Chuter, memiliki ingredients yang vegan dan cruelty free! Brand ini juga punya jargon yang mengutamakan inklusifitas : Beauty in Every Color. Itu sebabnya packaging Uoma juga unik banget dan menampilkan flash of pop colors yang menarik dengan urban design.

Baca juga: 3 Tren Makeup yang Bisa Diikuti Oleh Remaja

Juvia's Place The Festival Palette Review & Swatches - Avis Revue Test - Summer 2019 - Masquerade - Magic - Nubian 2 - Tribe - Afrique - London Paris Makeup Artist & Beauty Blogger (4)

Juvia’s Place

Juvia’s Place juga merupakan salah satu cruelty free beauty brand yang bikin saya tertarik banget buat cobain! Selain packaging-nya yang selalu menampilkan the beauty of black women, warna-warna eyeshadow paletnya juga super colorful dan pas banget terutama buat saya, yang lagi suka banget bikin art makeup akhir-akhir ini. Selain itu, harganya juga super affordable untuk formulanya yang pigmented. Highlighter-nya juga salah satu produk yang kamu harus coba dari Juvia’s Place. Efek glowing-nya cocok banget buat segala jenis kulit!

So, berikut adalah beberapa black owned beauty products. Dari semua brand yang saya sebut di atas, adakah yang kamu pernah coba atau kamu penasaran untuk coba? Jangan lupa share di komen ya!