banner-detik

makeup

Bagaimana Belanja Produk Kecantikan saat New Normal Nanti? 

seo-img-article

TIPS AMAN BELANJA ONLINE 2

Gimana sih kira-kira cara kita nanti belanja produk beauty saat new normal berlaku?

Masa pandemi ini telah mempengaruhi hampir semua hal di aktivitas kita, dari mulai gimana kita belanja hingga bersosialisasi. Dengan memasuki dunia new normal nanti, bagaimana cara kita belanja produk kecantikan nantinya? Apakah cara kita belanja in store akan sama? Apakah kita bisa mencoba produk kecantikan sebelum membeli? Mempertimbangkan status virus corona saat ini, sepertinya belanja untuk kecantikan tidak akan sama dengan sebelumnya. Berikut ini prediksi cara baru belanja produk kecantikan yang akan terjadi di seluruh dunia. 

Perilaku belanja online bakal terus berjaya

beauty studio by female daily new normal

Siapa di sini yang suka belanja online? Perilaku belanja online khususnya produk beauty akan terus belanjut. Cult Beauty sendiri mencatat transaksi online yang meningkat hingga 175%. Ini menandakan perilaku belanja produk beauty yang udah mulai bergeser. Dengan bermodalkan window display berupa foto swatch dan membaca jejeran review, kita bisa dengan mudah merasa yakin untuk membeli produk tersebut (tanpa perlu mencobanya). 

Baca juga: Tips Aman Belanja Makeup & Skincare

Layanan ekspedisi pengiriman barang juga makin cepat beradaptasi selama pandemi. Ada yang menawarkan pengiriman cepat, hingga (perhatiin deh), si kurir udah hampir nggak pernah minta kita menandatangani bukti penerima lagi, kan? Setiap aspek pemesanan online telah dibentuk agar sesuai dengan langkah-langkah keamanan. Female Daily juga sekarang sudah membuka beautystudio buat kamu yang ingin mencari produk-produk kecantikan yang telah dikurasi oleh Tim FD. Yuk, belanja!

Mungkin nggak akan ada tester di display toko

Sephora makeup

Standar dan protokol kebersihan nggak akan pernah sepenting sekarang ini. Mempertimbangkan Covid-19 bisa menyebar dengan mudah melalui kontak fisik, ini tentu bukan pertanda baik buat produk tester yang ada di toko. Bisa jadi produk tester akan tersingkir dari window display dan nggak bisa diakses lagi oleh pembeli. Sebagai gantinya, bisa jadi kita akan diberikan produk tester yang sudah dikemas khusus dan akan dibagikan oleh beauty advisor, tentu setelah melewati protokol kebersihan juga semprotan disinfektan. Misalnya, liquid foundation hanya akan dituang satu pump ke pot sekali pakai, produk dengan tekstur powder akan di-swipe ke kulit dengan menggunakan single-use sponge dan menggunakan wadah sekali pakai juga. 

Baca juga: Rekomendasi Toko Online Buat Dekor Rumah

Konsultasi virtual akan jadi pilihan

NARS Cosmetics Sudah Buka Di Indonesia-4

Ruang digital terus berkembang nggak hanya dalam hal belanja kecantikan aja, tapi juga dalam hal inovasi teknologi kecantikan. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, sejumlah brand bahkan udah menawarkan kemudahan mencoba produknya melalui aplikasinya. Seperti MAC Cosmetics, contohnya, ia telah meluncurkan percobaan virtual pada layanan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Iya sih, walaupun nggak akan sama persis dengan menggunakan tester, tapi kita bisa mendapatkan proyeksi yang cukup akurat tentang warna asli produk tersebut. Kalau di Indonesia sendiri, store NARS bahkan sudah memiliki AR makeup mirror yang memudahkan kita kalau mau mencoba produk mereka.

Baca juga: 3 Online Shop Buat Belanja Pomade!

Walaupun nggak berteknologi canggih, brand Guerlain menawarkan Zoom call selama 15-30 menit dengan beauty advisor-nya untuk menjawab pertanyaan dan memberikan rekomendasi makeup hingga skincare. Bisa jadi hal yang sama akan diterapkan juga di Indonesia. 

Demonstrasi makeup di toko bisa jadi nggak akan ada kontak fisik

Menard skincare demo - femaledalily

Pilihan yang akan diberikan pada customer adalah konsultasi bebas sentuhan dan semua demonstrasi makeup akan dilakukan secara verbal. Tentu aja, ini demi upaya mencegah penyebaran Covid-19. Kalau kamu aja bisa berhasil potong rambut secara virtual, pasti kamu bisa mempratekkan hal yang sama saat mencoba makeup ataupun skincare. 

Nah, gimana menurut kamu? Sudah siap belum untuk lebih berhati-hati lagi belanja ke store saat new normal mulai berjalan nanti?

 

Foto: Dok. Freepik, Dok. Female Daily.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment