banner-detik

skin care

Mengenal Hanbang, Rahasia Kulit Glowing Orang Korea

seo-img-article

ginseng

Bahan-bahan pengobatan tradisional Korea jadi kunci kulit glowingsampai sekarang. Ada apa saja sih?

Sampai saat ini kalau ditanya soal skin goals, masih banyak yang akan menjawab “mau punya kulit glowing”. Bukan hanya bebas jerawat atau sehat saja, tapi spesifik mau kulit glowing. Hallyu atau Korean Wave punya andil besar dalam memperkenalkan konsep bahwa kulit yang sehat itu terlihat seperti memantulkan cahaya, bukan yang matte. Dari sini lah muncul semacam obsesi sama K-Beauty, terutama skincare. 

Sebenarnya apa sih yang membuat skincare Korea berbeda dengan skincare Western atau pun lokal? Pertama tentu saja ragamnya yang variatif banget. Masih ingat kan beberapa tahun lalu, saat 10 step Korean Skincare Routine mulai hits? Berarti at least ada 10 jenis produk skincare yang bisa digunakan. Selain jenis produknya, alasan kedua adalah ingredients dan inovasi di dalamnya, khususnya hanbang. Apa sih hanbang itu?

Hanbang adalah pengobatan alternatif Korea yang menggunakan macam-macam herbal dan teknik tradisional. Bukan hanya untuk kulit, namun juga untuk menjaga kesehatan dan penyembuhan secara holistik. Kemudian hanbang dikenalkan ke dunia modern melalui inovasi skincare. Ada banyak ragam dari hanbang ingredients, namun terdapat kesamaan yang dimiliki bahan-bahan ini adalah semuanya kaya akan polyphenol dan antioxidant yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Makanya hasilnya adalah kulit yang sehat dan terlihat glowing. Berikut beberapa hanbang ingredients yang paling sering muncul di skincare Korea.

Baca juga: 3 Rekomendasi Skincare Korea dengan Kandungan Mugwort

Ginseng

sulwhasoo

Yup, kalau ngomongin pengobatan tradisional Korea, ginseng nggak akan pernah ketinggalan. Kalau lagi jalan-jalan di beberapa area di Seoul, I swear I can smell it in the air somehow lol. Ginseng digunakan karena kaya akan phytonutriens, yang dapat menstimulasi dan mengaktivasi metabolisme kulit serta juga melancarkan peredaran darah. Hasilnya, regenerasi kulit jadi lebih maksimal. Kulit terlihat lebih sehat, plump, dan skintone lebih merata. Ginseng seringnya muncul di skincare anti-aging karena dapat membantu proses pembentukan kolagen yang membuat kulit tampak lebih muda karena lebih kencang dan kenyal. Brand yang super populer dengan ginseng? None other than Sulwhasoo!

Mugwort

mugwort

Mugwort atau nama lainnya Artemisia, memiliki sifat anti-inflammatory dan anti-bacterial. Ini menjadikannya mampu unutk mengatasi kulit kering, kemerahan, bruntusan, dan sensitized. Selain itu, mugwort juga kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas serta membantu proses produksi kolagen sehingga hasilnya kulit terlihat glowing. Saat memakai skincare dengan mugwort, akan ada sensasi soothing yang terasa. Makanya cocok banget dipakai saat kulit sedang rewel atau ketika cuaca sedang panas. Saat ini sudah banyak banget brand skincare Korea yang menggunakan mugwort  dalam produknya, seperti I’m From, Hanyul, dan E-Nature. Bahkan Mugwort Essence milik I’m From yang populer itu mengandung 100% ekstrak mugwort!

Licorice Root

Acwell-Soothing-Ingredients-Female-Daily-

Masih seperti ginseng dan mugwort, licorice root extract pun juga bermanfaat untuk soothing kulit. Di dalamnya terdapat glabridin yang merupakan antioksidan yang potent. Yup, antioksidan memang jadi bintang dalam hanbang. Selain merawat kesehatan kulit, licorice root extract juga dipercaya sebagai brightening agent alami yang dapat membuat rona kulit lebih merata dan terlihat cerah. Salah satu produk holy grail banyak orang yang mengandung licorice root extract adalah Acwell pH Balancing Toner.

Baca juga: Bikin Kulit Glowing Selama Puasa dengan 5 Rekomendasi Serum Korea Ini!

Kamu sudah pakai skincare dengan hanbang ingredients? Jangan lupa share di comment section ya kalau punya rekomendasinya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment