banner-detik

food nutrition

Konsumsi Minuman Kolagen, Penting Nggak Sih?

seo-img-article

 

Seberapa efektif sih minuman kolagen untuk kulit kita?

Katanya kolagen dapat menjaga kulit tampak sehat dan awet muda. Katanya juga, kolagen di tubuh kita jumlahnya semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Nggak heran banyak yang panik dan langsung auto hoarding produk-produk yang mengandung kolagen. Bahkan sampai rela membelinya dalam bentuk minuman. Namun apakah perlu mengonsumsi kolagen sampai segitunya?

Kamu mungkin udah sering dengar kata kolagen disebutkan di berbagai produk skincare, atau produk suplemen kesehatan yang dijual di apotek. FYI, kolagen pada dasarnya adalah senyawa protein yang secara alami sudah tersedia di dalam tubuh kita. Kolagen merupakan rantai panjang dari asam amino yang “membangun” struktur tulang, otot, rambut dan kulit. Namun, walaupun secara alami terdapat dalam tubuh, bukan berarti persediaan kolagen dalam tubuh kita akan selalu sama. Sadly, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh juga bisa ikut menurun. 

Nah, kamu yang sekarang sudah menginjak pertengahan 20-an, pasti sudah merasakan pentingnya menambah asupan kolagen dalam tubuh. Ada banyak cara untuk meningkatkan asupan kolagen di tubuh. Salah satu cara yang kembali populer belakangan ini adalah dengan mengonsumsi minuman kolagen.

Baca juga: Apa Sih Kolagen Itu? Kenalan Yuk Dengan Kunci Awet Muda Ini!

Apa Manfaat Minuman Kolagen?

Tips Pakai Avoskin Miraculous Refining Serum

Popularitas minuman kolagen yang dipasarkan khusus untuk perawatan kecantikan mulai berkembang di Jepang. Minuman kolagen hadir sebagai salah satu cara untuk memperoleh kulit sehat dari dalam. Tujuan utama dari konsumsi minuman kolagen nggak lain adalah untuk mencukupi asupan kolagen dalam tubuh yang diklaim akan memberikan manfaat untuk kecantikan, seperti membuat kulit lebih sehat dan bersinar, menunda penuaan pada kulit, memelihara rambut agar lebih lembut & kuat, sampai merawat keindahan kuku.

Kandungan kolagen pada minuman kolagen diperoleh dari berbagai sumber, antara lain marine collagen yang bersumber dari ikan, atau grass-fed collagen yang bersumber dari hewan ternak seperti ayam, sapi atau babi. Formulasi pada berbagai jenis minuman kolagen juga banyak, antara lain protein, gelatin, hydrolysate, atau peptide.

Minuman Collagen, Beneran Ngaruh ke Kulit? Berikut Tanggapan para Dokter

Saya melirik beberapa olshop yang menjual minuman kolagen, dan jika diperhatikan banyak banget testimoni positif dari efek konsumsi minuman kolagen. Saya jadi bertanya-tanya, apakah minuman kolagen benar-benar efektif meningkatkan supply kolagen dalam tubuh? Lalu, apakah minuman kolagen benar-benar dapat menunjukkan hasil yang positif di kulit kita?

Seberapa Efektifkah Minuman Kolagen Untuk Kecantikan?

Kulit Meradang Redakan dengan Cara Ini- female daily

Ternyata, efektivitas minuman kolagen untuk kesehatan kulit memang masih jadi perdebatan diantara para ahli. Kurangnya penelitian yang mendukung dan kurangnya regulasi tentang kualitas dan kuantitas bahan dalam suplemen kolagen yang dijual bebas, jadi penyebab masih banyak keraguan terkait efektivitas minuman kolagen untuk kecantikan. Pada tahun 2018 lalu, Ochel juga sempat menulis tentang seberapa ngaruh minuman kolagen untuk kulit menurut beberapa dermatolog

Seperti halnya dengan konsumsi suplemen makanan, nggak semua unsur yang dikonsumsi oleh tubuh dapat diserap oleh tubuh. Sometimes, tubuh kita nggak membutuhkan suplementasi zat-zat tertentu sehingga konsumsi suplemen justru nggak dibutuhkan oleh tubuh. Lalu, apakah konsumsi kolagen akan otomatis diserap oleh tubuh?

kulit sensitif -2

Kolagen itu sendiri terbentuk dari 3 rantai panjang terdiri dari ribuan asam amino. Struktur dari kolagen itu sendiri bersifat kuat dan sulit untuk di-break down dalam sistem pencernaan, sehingga kolagen murni yang unhydrolized nggak akan efektif jika dikonsumsi secara oral. Namun, kolagen akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh dalam bentuk hydrolized collagen/collagen peptides, sebab struktur rantai asam amino-nya lebih pendek. Kebanyakan, minuman kolagen yang dijual di pasaran sudah mengandung hydrolized collagen atau collagen peptides sehingga bisa lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Lalu, apakah ada bukti kalau kolagen yang dikonsumsi memberikan manfaat pada kulit? Manfaat collagen peptides untuk meningkatkan kesehatan kulit sudah diteliti secara preklinis (uji pada hewan), tapi bukti secara klinis (uji pada manusia) tentang efektivitas collagen peptide masih sedikit.

kulit wajah halus 2

Setelah saya telusuri, sudah ada beberapa studi klinis yang menguji efektivitas konsumsi collagen peptide pada kesehatan kulit. Di antaranya adalah studi dari tahun 2015 yang membuktikan bahwa suplemen collagen peptide yang dikonsumsi secara oral, ternyata secara signifikan mampu meningkatkan hidrasi di kulit setelah dikonsumsi selama 8 minggu. 

Ada pula studi klinis di tahun 2018 yang menunjukkan bahwa konsumsi secara oral dari collagen peptide setiap hari sebanyak 1000 mg selama 12 minggu, terbukti efisien meningkatkan kesehatan pada kulit yang mengalami photoaging dalam kelompok wanita usia 40-60 tahun, dengan secara signifikan meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit setelah 6 minggu asupan kolagen. Artinya konsumsi kolagen dapat bermanfaat dalam mencegah penuaan kulit.

Baca juga: FD Experiment: Nyobain Diva Beauty Drink, Minuman dengan Kandungan Collagen

Jadi, Minuman Kolagen Sebenarnya Penting Nggak, Sih?

3 Langkah Mudah Mencegah Kulit Kering dan Flek Hitam

Kalau yang menjadi concern kamu saat ini adalah anti-aging dan pemeliharan kesehatan kulit, rambut dan kuku secara general, sah-sah saja kalau kamu ingin mulai mengonsumsi minuman kolagen dari sekarang. Lain halnya kalau yang jadi concern kamu adalah jerawat dan kulit kusam, mungkin alternatif lain seperti skincare yang diaplikasikan secara topikal ke kulit bisa lebih cepat membantu mengatasi masalah kulitmu.

Selain dari minuman kolagen, produksi kolagen di kulit juga bisa ditingkatkan dengan produk Retinol dan juga Vitamin C. Mengonsumsi diet yang seimbang dengan protein dari ikan, ayam, daging atau kaldu tulang, juga bisa meningkatkan supply kolagen dari dalam tubuh secara alami.

Hydroquinone, Kandungan Pencerah Kulit yang Kontroversial

Namun, perlu diingat jika tubuh tiap orang itu berbeda-beda. Hasil dari konsumsi minuman kolagen di tiap orang pun dapat berbeda-beda. Selain itu, karena minuman kolagen berfungsi dengan cara menutrisi dari dalam tubuh, pastinya kamu nggak akan bisa melihat perubahan yang signifikan pada kulit rambut atau kuku secara instan. Butuh waktu yang nggak sebentar untuk bisa menuai manfaat dari minuman kolagenmu. Itu sebabnya, minuman kolagen ini disebut sebagai “investasi masa depan” untuk kulit. Mengingat harganya yang juga tidak murah, kamu mungkin bisa pikir-pikir dulu sebelum memutuskan mengonsumsi minuman kolagen ini.

Last but not least, bagi teman-teman Muslim, ada baiknya sebelum mulai mengonsumsi minuman kolagen atau produk skincare dengan kandungan kolagen, pastikan sumber kolagen yang digunakan di dalam produk, apakah marine collagen atau grass-fed collagen, untuk menjamin produk yang kamu konsumsi halal.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment