banner-detik

aging

Apa Sih Collagen Itu? Kenalan Yuk Dengan Kunci Awet Muda Ini!

seo-img-article

Kalian mungkin nggak asing dengan collagen ya? Nama ini sering banget disebut-sebut dalam produk-produk kecantikan, mulai dari skincare, suplemen sampai treatment di klinik kecantikan.

Collagen dikenal sebagai amunisi yang menjanjikan kulit jadi lebih muda, sehat, mempercepat penyembuhan dan banyak lagi. Tapi, apakah manfaat collagen ini benar-benar se-hype itu? Kita bahas lebih dalam yuk soal collagen ini!

Minuman Collagen, Beneran Ngaruh ke Kulit? Berikut Tanggapan para Dokter

Apa itu Collagen?

Collagen adalah protein yang secara alami diproduksi dalam tubuh kita, baik itu di kulit, sendi, tendon, ligamen, tulang, dan jaringan ikat. Dari sisi kecantikan, collagen akan membantu kulit kita untuk kelihatan lebih muda. Untuk itu penting banget nih untuk menjaga produksinya dalam tubuh, karena semakin kita bertambah usia, produktivitasnya di tubuh pun menipis. Salah satu tanda pertama penuaan wajah adalah hilangnya volume, yang disebabkan oleh penurunan produksi collagen. 

Cream Anti-Aging Bagus dari Brand Lokal-3

Apa gunanya kolagen?

Para ilmuwan telah mempelajari manfaat peptida collagen. Mengonsumsi peptida collagen ini, dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan sendi dan tulang. Collagen dan elastin adalah protein pada kulit dan jaringan tubuh yang membantu menjaga kulit supaya fleksibel dan kencang, makanya perlu dijaga untuk agar kulit tetap awet muda. Menurut Lindsey Bordone, MD, seorang dokter kulit di Pusat Medis Universitas Irving di New York City, mengonsumsi collagen secara oral nggak terbukti meningkatkan penampilan kulit kita. Ini disebabkan collagen yang minum secara oral akan dicerna di dalam usus dan lambung sehingga tubuh kita  nggak bisa mengarahkan ke mana tujuan kolagen untuk tubuh kita. Nggak salah sih, tapi ini justru menjadi protein bagi tubuh kita sebagai nutrisi sampingan. 

Baca juga: FD Ask The Expert” Minuman Collagen, Beneran Ngaruh ke Kulit?

Solusi terbaik dari para ahli adalah dengan menggunakan perawatan collagen secara topikal. Karena dengan cara ini efeknya lebih baik untuk membantu meningkatkan elastisitas pada kulit. Supaya hasilnya bisa jauh lebih efektif disarankan untuk menggunakan kandungan pengikat seperti Hyaluronic acid, vitamin C, atau retinol. 

Dari mana datangnya collagen?

Collagen sebenarnya dibentuk dalam tubuh kita sendiri. Ia membantu memberikan struktur ke seluruh tubuh secara umum. Anak-anak muda biasanya menghasilkan lebih banyak ketimbang orangtua. 

Collagen merupakan protein diet, jadi kamu akan menemukannya di beberapa makanan — termasuk kaldu tulang organik, buah jeruk, blueberry, raspberry, bawang putih, sayuran berdaun gelap, dan kacang mede. Nah, buat kita-kita yang masih muda, yuk rajin mengonsumsi collagen untuk memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, menjaga kesehatan dan terlihat lebih muda!

 

Foto: Dok. Female Daily, Freepik.com.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment