Sharing Tips Skincare Selama Puasa dan WFH Bareng Kae Pratiwi

Selama puasa dan WFH kulit malah jadi dehidrasi dan gampang berjerawat? Skincare Guru Kae Pratiwi punya solusinya buat kamu!

Sudah berapa hari ya kita #diRumahAja? Ada yang masih menghitung? Selama stay di rumah dan nggak terpapar polusi dan ganasnya sinar matahari di luar sana, ekspektasinya adalah kondisi kulit jadi lebih baik, ya. Tapi nggak jarang yang malah jadi gampang tumbuh jerawat dan komedo. Ditambah lagi yang berpuasa juga biasanya mengalami masalah kulit dehidrasi.

Nah, pas banget nih, hari Sabtu, 2 Mei 2020 lalu, Female Daily mengadakan Zoom Class #FDVirtualBeauty kedua, yang membahas “Happy Skin During Quarantine & Fasting!”. Di online event yang diikuti 50 FD Members kali ini, Skincare Guru Kae Pratiwi sharing macam-macam tips skincare yang super insightful dan bisa jadi solusi permasalahan kulit kamu selama quarantine dan berpuasa. Managing Editor FD, Arinda Christi, juga hadir sebagai moderator.

kae

Kae mengawali sharing dengan menceritakan kondisi kulitnya selama hampir dua bulan #diRumahAja. Nggak disangka ternyata kulitnya malah lebih congested atau gampang berkomedo, padahal nggak terpapar polusi di luar. Bagi Kae, sebelum mencari solusi untuk masalah kulitnya ini, penting juga untuk mencari penyebabnya terlebih dulu. Yang disadari adalah selama di rumah, Kae berusaha untuk mengurangi pemakaian AC (re: biar tagihan listrik nggak naik!). Hasilnya, dia jadi lebih mudah berkeringat dan kulitnya juga lebih memproduksi sebum, makanya pori-pori gampang tersumbat.

Kae kemudian bocorin skincare step yang jadi favoritnya, yaitu maskeran. Tapi bukan sekadar pakai masker, wash-off, and done. Ada steps lainnya yang Kae pelajari dari facial dan spa yang pernah ia datangi. Seperti apa sih DIY facial di rumah a la Kae Pratiwi?

Baca juga: Kenapa Jadi Muncul Jerawat Selama Karantina #DiRumahAja?

  1. Double Cleansing: Meski pun banyak yang lebih memilih untuk nggak pakai makeup selama di rumah, bukan berarti kita boleh meninggalkan double-cleansing. Pilih oil-based first cleanser, lalu lanjutkan dengan gentle second cleanser.
  2. Exfoliate: Step eksfoliasi ini dilakukan sebelum pakai clay mask supaya clay mask bisa lebih maksimal membersihkan pori-pori yang tersumbat. Bisa pakai chemical exfoliant mau pun scrub. Tapi buat pemilik kulit sensitif, Kae menyarankan untuk coba cellulose-based gel exfoliant yang lebih gentle.
  3. Purifying mask: Karena selama WFH kita jadi punya waktu luang lebih banyak, ini lah saatnya lebih rajin pakai wash-off mask! Purifying mask bisa banget membantu meredakan kulit yang sedang berjerawat dan juga mengontrol produksi sebum. Tipe-tipe masker seperti ini bisa ditemukan di clay mask.
  4. Hydrating toner/Essence: Setelah pakai dua produk yang sifatnya exfoliating, hydrating toner dan essence dipakai untuk menyeimbangkan kembali pH kulit. Kamu juga bisa coba dengan teknik CSM.
  5. Hydrating mask: Terakhir, aplikasikan wash-off mask yang sifatnya hydrating. Tekstur gel juga bisa dipilih untuk lebih kasih efek cooling. Kae menyarankan untuk pakai masker dengan soothing ingredients, seperti oatmeal, almond, rose, dan watermelon.

DIY facial ini bisa kamu lakukan di siang maupun malam hari. Untuk yang mau melakukannya di siang hari, Kae mengingatkan untuk jangan lupa pakai sunscreen. Yup, meski nggak ke mana-mana, pastinya cahaya matahari masih bisa masuk lewat jendela. Makanya tetap wajib hukumnya pakai sunscreen.

Selain karena keringat dan produksi sebum berlebih, masalah kulit yang muncul selama WFH juga bisa disebabkan oleh stress. It can really mess up with  your skin. Belum lagi yang suka mengatasi stress atau buka puasa dengan makan manis-manis. Konsumsi gula berlebih bisa memicu inflamasi dan merusak kolagen serta elastin di kulit. Jangan lupa minum air yang cukup pas sahur dan sesudah buka puasa untuk mencegah dehidrasi.

Memakai skincare bagi Kae juga bisa jadi a form of therapy saat stress lho. “Pakai skincare tuh kayak meditasi buat aku. Saat buka masker favorit dan mencium wanginya, mengoleskannya atau pas saat menepuk-nepuk kulit, bisa bikin happy sendiri!”, ungkapnya. Ini juga langsung disambut antusias oleh para FD Members yang ada di Zoom Class. Kamu setuju juga, kan? :)

3b5761e3-96f0-4348-909b-de4187c62535

Kae Pratiwi

Setelah sharing selesai, event dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Di sini ada banyak pertanyaan dari para members terkait dengan perawatan kulit selama puasa. Salah satunya adalah “Gimana caranya agar pemakaian skincare malam lebih efektif? Karena selama puasa kita jadi kurang tidur. Biasanya wajah jadi puffy.” Saran dari Kae adalah pijat wajah! Kamu bisa cari video teknik lympathic drainage di Youtbe, atau bisa juga pakai face roller. Ini akan membantu mengatasi water retention yang menyebabkan wajah sembap.

Baca juga: Pilih The Ordinary Niacinamide + Zinc atau Somethinc Niacinamide & Moisture Beet?

And that’s a wrap! FD Virtual Beauty kali ini banyak banget kasih insights menarik seputar skincare. Semoga bermanfaat ya! Terima kasih buat semuanya yang telah berpartisipasi. See you on the next online event!