banner-detik

skin care

Kenapa Jadi Muncul Jerawat Selama Karantina #DiRumahAja?

seo-img-article

3 PRODUK YANG MENGGAGALKAN JERAWAT PMS

Sejak imbauan #dirumahaja diumumkan, otomatis kondisi kulit wajah kita jadi ikut berubah. Jadi jarang pakai makeup dan malah rutin pakai skincare setiap hari. Iya kan?

Konsumsi air putih pun jadi lebih teratur dan kita jadi “patuh” sama jam tidur delapan jam setiap hari. Yang aneh nih, kok belakangan kulit jadi muncul jerawat ya? Apa sih penyebabnya?

Tersangka utama yang diutarakan banyak ahli kulit adalah stres. “Bisa jadi kamu mengkhawatirkan kesehatan diri, keluarga, hingga kondisi pekerjaan yang sedang kamu jalani,” ujar seorang ahli kulit dan pendiri D. Thomas Clinic. Semakin kamu stres, ini jadi peluang jerawat untuk muncul di wajah kamu. 

Baca juga: 10 Superfood untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

Selain itu, perubahan gaya hidup, baik atau buruk, ternyata juga bisa mengganggu keseimbangan hormon kita yang mengakibatkan kulit kita berulah. Meskipun kita rajin olahraga dan mengkonsumsi makanan yang dimasak di rumah, yang seharusnya kulit jadi lebih glowing, tapi yang ada justru malah muncul jerawat, ini bisa jadi merupakan fase tubuh untuk melakukan pembersihan dan mengeluarkan toxin

Baca juga: Mulai Stres? Saatnya untuk Talk Therapy!

Selain itu, walaupun kita duduk di rumah, bukan berarti kulit nggak mengalami penumpukan kotoran, minyak, dan polutan. Kekurangan vitamin D juga berkontribusi akan terjadinya jerawat. Ya karena kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di dalam rumah, kita mungkin nggak mendapatkan vitamin D seperti waktu normalnya ke sistem tubuh kita. Ini bisa menyebabkan peradangan pada kulit dan berdampak pada kondisi kulit tertentu. Vitamin D adalah penambah kekebalan di dalam setiap sel kulit. Ini nantinya akan membantu menjaga kulit dari peradangan seperti eksim dan psoriasis agar lebih terkendali.

MAKANAN YANG KAYA VITAMIN D - IKAN SALMON

Lalu, gimana kita bisa meningkatkan asupan vitamin D? Kalau kamu nggak berencana berjemur selama masa pandemi ini, kamu bisa mencoba memperhatikan diet dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan salmon dan sarden. Jika kamu vegan, kamu bisa mencoba jamur atau makanan yang diperkaya seperti sereal dan susu non-dairy.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Kaya Vitamin D?

Lalu apa sih yang bisa kita lakukan supaya wajah kita bisa bebas dari jerawat selama #dirumahaja di masa pandemi ini? Berikut checklist-nya. Bisa sih membantu meminimalisir, tapi kamu harus konsisten melakukannya ya. 

1. Rajin cuci sprei kamu

Ketika kamu tidur, bakteri P. acnes bisa berpindah dari wajah ke sprei, dan jika kamu nggak membersihkannya secara teratur, kamu sama aja kaya membiarkan bakteri itu diam di sana selama berhari-hari. Btw, minyak penyumbat pori dari kulit kepala juga bisa ditransfer ke bantal kita lho. 

2. Bersihkan handphone kamu dengan hand sanitizer

3. Jangan lupa gunakan pelembab kulit

4. Bersihkan kuas makeup

5. Jangan sering memegang wajah (terutama jika tangan sedang kotor)

6. Tambahkan retinol dalam rutinitas.

Review Somethinc Level 1 Retinol-4

Vitamin A sudah punya predikat baik dalam anti penuaan tapi sebenarnya molekul di dalamnya juga mengandung perawatan jerawat. Sebagian besar jenis vitamin A akan membantu perawatan bekas noda di wajah, oleh sebab itu ia dapat mempercepat pergantian sel untuk mencegah pori-pori tersumbat. 

7. Lakukan eksfoliasi (tapi jangan terlalu sering ya).

8. Hapus makeup (kalau pakai) sebelum tidur

 

Itulah beberapa tips mengatasi jerawat yang muncul selama #dirumahaja! Kamu punya tips lainnya nggak buat mengatasi jerawat yang datang sepanjang karantina ini? Share di komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment