Kebiasaan yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering Selama Ramadan

ALLANTOIN - INGREDIENT UNTUK KULIT KERING DAN SENSITIF 2

Punya kulit kering? Kamu sebaiknya menghindari hal-hal ini selama ramadan!

Buat pemilik kulit kering, pasti sudah mengerti banget kalau tahapan skincare yang harus dilalui itu sedikit lebih panjang daripada kondisi kulit normal. Buat kamu yang kulit wajahnya gampang banget kering, kulit terasa “ketarik” dan terkelupas, kamu perlu tahu kebiasaan apa saja yang sebaiknya diubah atau dihindari, apalagi selama puasa seperti ini. Simak yuk!

Lupa pakai moisturizer

ALLANTOIN - INGREDIENT UNTUK KULIT KERING DAN SENSITIF

Jika kulit kamu itu normal atau berminyak, mungkin kelupaan pakai moisturizer atau pelembap itu nggak akan berdampak apa-apa pada kulit mereka. Tapi buat pemilik kulit kering, mungkin akan merasa seperti ada di ladang yang gersang saat menjelang siang hari. 

Pakai moisturizer itu krusial banget lho! Mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan dua pelembap, yang lebih ringan dan memiliki SPF untuk siang hari dan yang lebih rich untuk kamu gunakan di malam hari. Pastikan juga kamu menggunakan moisturizer di leher dan tangan ya.

Kamu juga bisa meningkatkan hidrasi di kulit dengan mencampur moisturizer kamu dengan minyak alami, seperti argan oil, almond oil dan jojoba oil yang amat baik untuk kulit kering. Pastikan nih sebelum membeli, kamu mencari produk yang tidak menggunakan pewangi, supaya nggak memicu iritasi pada kulit keringmu.

Baca juga: Ini 5 Moisturizer di Bawah 300 Ribu untuk Mengatasi Kulit Sangat Kering Saat Puasa

Eksfoliasi berlebihan

MAMONDE AQUA PEELING GEL - PEELING GEL KOREA

Kulit kering pasti sering mengalami kulit bersisik bahkan sampai terkelupas. Nah, karena sudah paham banget sama kondisi ini, hal yang mesti kamu hindari adalah menggunakan exfoliant setiap hari karena eksfoliasi berlebihan hanya akan membuat kulit kamu iritasi (dan membuat kondisi permukaan kulit semakin mengering). Batasi ritme kamu melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali saja seminggu dan hindari produk yang mengandung beads hingga grains yang akan menggesek kulit lebih intens. Jika kamu ingin mengeksfoliasi kulit secara fisik, kamu bisa menggunakan peeling gel yang tidak mengandung butiran scrub sama sekali, dan gosok perlahan. Atau, kamu bisa juga mencoba chemical exfoliator dengan menggunakan produk yang mengandung BHA atau AHA yang secara lembut menyingkirkan kulit mati tanpa menggosok permukaan kulit. 

Baca juga: 7 Peeling Gel Korea yang Terjangkau untuk Eksfoliasi di Rumah

Mandi air panas terlalu lama

GIRL-TAKE-A-SHOWER - Copy

Karena mungkin lagi #dirumahaja, kamu jadi malas mandi dan hanya mandi satu kali. Karena hanya satu kali mandi, durasi kamu mandi bisa jadi sangat lama. Padahal mandi air panas atau air hangat yang lama bisa bertentangan banget sama kondisi kulit kering kamu. Kurangi waktu mandi dengan air hangat, atau kurangi suhunya air kamu (kalau kamu ingin lebih lama mandinya). Hindari mencuci muka di bawah shower dengan suhu yang lebih dari hangat ya. Setelah mandi, pastikan kamu menggunakan moisturizer yang super rich pada kulit wajah dan tubuh untuk memberikan perlindungan lebih bagi kulit. 

Menggunakan produk dengan alkohol yang jumlahnya tinggi

THAYERS WITCH HAZEL ROSE PETAL ALCOHOL FREE TONER

Alkohol dalam jumlah yang kecil nggak selalu buruk bagi kulit. Jika digunakan dengan benar, alkohol bisa membantu kerja produk yang kamu miliki. Namun, jika suatu produk, toner misalnya, mengandung alkohol dalam jumlah yang tinggi, maka produk itu akan membuat kondisi kulit kamu jadi semakin kering. Jadi, sebaiknya pilih toner yang non-alcohol ya! Penting untuk melakukan patch test terlebih dulu untuk memastikan produk itu nggak bikin kulit kamu kering. Tapi jika di masa karantina ini hal ini nggak mungkin dilakukan, kamu bisa banget membeli produk dalam bentuk sample size, share in a jar, untuk mencobanya lebih dulu daripada langsung membeli full size langsung.

Sering pakai face mask

MASKER WAJAH HIGH-END

Pakai face mask memang soothing banget. Terus kamu bisa posting di media sosial pula di masa karantina seperti ini. Namun, jika kondisi kulit kamu kering, kamu harus hati-hati banget nih dalam memilih face mask. Karena face mask yang menjanjikan dapat membersihkan, mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo bisa membuat kulit kamu semakin kering. Lalu gimana dong? Nah, carilah masker yang menawarkan hidrasi, menenangkan, atau memberikan kelembapan ekstra, seperti Clinique Moisture Surge Overnight Mask. Kamu juga bisa memilik pakai sheet mask saja dan hindari clay mask.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Kulit Normal Cenderung Kering

Pakai makeup yang matte

LOOKE COSMETICS - CUSHION 4

Hindari dulu makeup dengan hasil matte ya, karena bisa bikin kulit kering tambah kering dan kelihatan cracking! Coba deh gunakan BB Cream yang teksturnya lebih ringan ketimbang foundation. Atau gunakan foundation atau cushion yang memberikan hasil dewy finish. Plus pilih concealer yang lebih creamy ya! Nah, kalau hanya T-zone kamu yang tampil sangat berminyak, gunakan blotting papers dibanding re-apply bedak. Blotting papers akan membantu melenyapkan minyak tapi nggak memudarkan makeup dan nggak bikin kulit kamu jadi makin kering.

Baca juga: Review Looke Holy Flawless BB Cushion | FD Early Access

 

Nah, itulah yang harus dihindari oleh pemilik kulit kering! Gimana? Sudah ada langkah-langkah yang kamu lakukan belakangan ini? Semoga kulitmu tetap segar selama puasa ya!

 

Foto: Dok. Female Daily, Freepik.com.