banner-detik

lifestyle

5 Langkah Sederhana Menyayangi Bumi Selama #DiRumahAja

seo-img-article

5 CARA MENYAYANGI BUMI - 5

Meskipun karantina akibat COVID-19, dan kegiatanmu seolah jadi sangat terbatas, bukan berarti kamu nggak bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi bumi lho!

 

Dalam rangka merayakan Hari Bumi atau Earth Day yang jatuh tanggal 23 April ini, saya akan berbagi tips menyayangi bumi yang bisa kita lakukan selama #DiRumahAja. Kita bisa mulai dari yang gampang-gampang kok! Semoga kamu juga sudah mulai melakukan beberapa di antaranya ya!

1. Hemat listrik

5 CARA MENYAYANGI BUMI - 4

Saat pagi dan sore hari, kamu bisa berhemat listrik dengan cara kurangi pakai AC. Buka jendela dan pintu lebar-lebar, biarkan angin sepoi-sepoi masuk ke dalam rumah, pakai bantuan kipas angin kesayangan biar nggak gerah. AC adalah salah satu penyedot listrik terbesar lho, jadi kamu bisa pakai saat tidur malam dan siang yang terik saja, nggak perlu sepanjang hari. Masak nasi secukupnya, jadi nggak perlu membuat sisa yang banyak dan bikin magic com menyala semalaman. Selesai nge-charge handphone dan laptop, langsung dicabut ya dari colokan, karena charger yang masih menempel di colokan juga bisa bikin aliran listrik nyala terus. Saat #dirumahaja kamu kan juga nggak perlu tampil dengan rambut badai super prima, jadi kamu bisa mengurangi pakai hair dryer dan catokan!

Baca juga: 12 Perawatan Kecantikan Simpel yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

2. Berkebun atau belanja tanaman

5 CARA MENYAYANGI BUMI - 2

Tren bikin urban jungle atau berkebun di rumah ini menurut saya sesuatu yang sangat menyenangkan beberapa tahun belakangan. Nggak cuma bikin rumah (bahkan kos atau apartemen kamu) jadi lebih segar dan sedap dipandang, tapi juga akan melatih kamu menjadi pribadi yang senang merawat dan penyayang, plus membantu menghijaukan lingkungan. Ada banyak tanaman yang bisa kamu beli secara online sehingga kamu nggak perlu jauh-jauh datang ke tempatnya, karena kan harus #DiRumahAja! Beberapa yang bisa kamu intip adalah Instagram @nanemtaneman, @shopwithsky, @metimefactory, @urbanlittlegarden.katalog, @witwikan, @monstera.house, @salamandaplants, dan @livingwithlof. Banyak kan? Menghijaukan areamu adalah langkah menyayangi bumi sekaligus melatih tanggung jawab lho!

3. Daur ulang barang-barang yang sudah nggak dipakai

5 CARA MENYAYANGI BUMI - 6

Lama #dirumahaja harusnya mengasah kreativitasmu, termasuk soal trik-trik menyayangi bumi. Punya baju-baju yang masih bagus tapi sudah nggak kamu suka atau sudah nggak trendy? Kamu bisa menyulapnya lagi jadi bentuk yang baru! Kamu bisa lihat ide-ide atau tutorialnya di Youtube, atau kalau kamu nggak bisa menjahit, kamu bisa minta bantuan tukang jahit langganan. Mulailah membeli produk-produk fashion yang gayanya long lasting atau terbuat dari material yang bagus, sehingga bisa dipakai bertahun-tahun. Atau, coba belanja barang secondhand di thrift shop! Kamu menemukan baju-baju vintage keren dengan harga yang terjangkau yang bikin penampilanmu terlihat berbeda.

Ada benda-benda di rumah yang sudah terlihat usang? Daripada jadi sampah, kamu bisa mengolahnya lagi! Contohnya, botol-botol bekas minuman, baik dari kaca maupun plastik, bisa kamu jadikan pot untuk tanaman-tanaman merambat di rumah. Gampang kok, nggak perlu pakai tanah, cukup pakai air saja dan ganti airnya secara rutin 2 hari sekali.

Baca juga: 3 Brand Kecantikan yang Memiliki Budaya Daur Ulang

4. Pakai produk kecantikan yang ramah lingkungan

5 CARA MENYAYANGI BUMI - 7

Salah satu cara mendukung gerakan sustainable beauty adalah menggunakan produk-produk dari brand yang concern terhadap isu ini. Dari brand lokal juga sudah banyak lho! Kamu juga bisa mengganti pembalut kamu dengan menstrual cup, mengurangi penggunaan kapas dengan cara memakai cleansing oil atau cleansing balm serta hydrating toner (yang bisa diaplikasikan langsung memakai tangan), memakai produk yang bisa diisi ulang, nggak membeli produk-produk yang belum tentu kamu pakai atau kamu tahu itu akan jarang dipakai (misalnya kuteks yang sampai mengering, mengoleksi lipstik dalam jumlah berlebihan, atau belanja skincare banyak padahal yang lama belum habis).

Baca juga: Hemat dan Minim Sampah, Ini 7 Produk Kecantikan yang Bisa Diisi Ulang

5. Kurangi plastik

5 CARA MENYAYANGI BUMI - 8

Ada banyak cara lho untuk mengurangi penggunaan plastik! Setiap kali berbelanja ke supermarket atau minimarket, gunakan tote bag kain, keranjang, atau troli kain sendiri. Ganti sedotan plastikmu dengan sedotan stainless atau kayu. Sebaiknya beli perabotan makan dari beling saja, atau dari kayu, bukan gelas dan piring-piring plastik. Begitupun container atau storage tempat sepatu, baju, makekup, pernak-pernik, atau mainan anak, kamu bisa pilih yang terbuat dari kayu, kaca, atau kain – selain lebih awet dan mengurangi sampah plastik, mereka juga terlihat lebih cantik lho!

 

Menurut kamu, apalagi langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mulai menyayangi bumi? Jangan lupakan hal sesederhana “buang sampah pada tempatnya” ya! Happy Earth Day untuk semuanya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment