banner-detik

suncreens

Penyebab Sunscreen Nggak Efektif Lindungi Kulit

seo-img-article

Dr. G Green Mild Sun Up

Sudah pakai sunscreen tapi merasa nggak efektif lindungi kulit? Mungkin ini sebabnya.

Banyak dari kita udah paham banget ya kalau kita perlu memakai sunscreen setiap hari. Mungkin nggak sedikit dari kamu yang udah punya 1 atau 2 stock sunscreen di lemari kamu dan siap digunakan. Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah sunscreen kamu udah menjalankan tugasnya dengan baik? Apakah kamu merasakan manfaatnya? Jika kamu belum nggak ngerasain dampaknya, mungkin beberapa alasan ini bisa jadi penyebab kenapa sunscreen nggak efektif lindungi kulit kamu. 

Baca juga: Sunscreen Murah Buat Jemuran di Rumah

Kamu pakai sunscreen setelah berjemur

SUNSCREEN BAGUS DAN MURAH - 2

Kalau kamu menggunakan chemical sunscreen (yang bahan aktifnya non-alami, berupa senyawa kimia, seperti Oxybenzone, Avobenzone, Octinoxate, Homosalate, Octisalate, Octocrylene), kamu perlu mengaplikasikannya 15-20 menit penuh sebelum berjemur. Chemical sunscreen bekerja dengan cara diserap ke lapisan permukaan kulit sehingga butuh waktu untuknya agar meresap. Kalau kamu nggak yakin dengan komposisinya, coba cek deh beberapa list tadi dan lihat perbedaannya dengan physical sunscreen di artikel yang Arinda sempat bikin. 

Baca juga: Pilihan Sunscreen yang Nggak Lengket dan Berminyak

Nah sementara physical sunscreen atau biasa disebut dengan mineral sunscreen, biasanya mengandung mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Mineral sunscreen ini cara kerjanya berbeda dengan chemical sunscreen. Kalau chemical itu mersap ke kulit dan menawarkan perlindungan untuk menghilangkan sinar UV, sebaliknya, mineral sunscreen bertahan di permukaan kulit dan memantulkan sinar UV dari tubuh kita. Menurut beberapa sumber yang saya baca, kalau kamu menggunakan physical suncsreen, tidak perlu menunggu 15-20 menit sebelum terpapar sinar matahari, karena formulanya tidak perlu meresap dan bekerja di balik kulit untuk melindunginya dari sinar UV.

Nggak pakai dalam jumlah yang cukup

jumlah sunscreen yang ideal

Iya iya, kamu pakai sih sunscreen-nya, tapi mungkin banget nih kamu nggak pakai sunscreen dalam jumlah yang cukup. Bahkan ada 25-50% orang nggak menggunakannya dalam jumlah yang tepat, menurut ahli. Kamu nggak cuma pakai sunscreen di hidung dan pipi. Kamu juga harus menggunakannya dalam jumlah yang tepat dan diaplikasikan ke seluruh tubuh. Jika kamu memakai sunscreen bertekstur cream atau lotion, maka jumlah yang tepat adalah seperti yang terlihat pada tangan kanan foto di atas apabila diaplikasikan ke seluruh tubuh. Jika kamu pakai yang versi spray, pastikan jangan sampai ada bagian tubuh yang terlewatkan ya. Atau untuk lebih amannya, semprotkan dulu ke telapak tangan, lalu baru deh aplikasikan ke kulit.

Baca juga: Kesalahan Menggunakan Sunscreen yang Masih Sering Terjadi

Lupa re-apply

Kesalahan lain yang umum terjadi adalah kita lupa untuk re-apply lagi. Satu lapis sunscreen di pagi hari nggak akan bertahan sepanjang hari karena ia bisa saja pudar ketika tubuh kita berkeringat, atau jika kita berenang. Jadi penting banget untuk re-apply lagi untuk melindungi diri dari sinar UV yang merusak setelah siang hari. Masih nggak yakin kenapa kita harus re-apply sunscreen? Coba lihat alasan lebih detailnya di sini.

Melewatkan beberapa area pada tubuh

cara pakai sunscreen 2

Banyak orang mengingat untuk menutupi wajah, lengan, dada, kaki, tapi kulit kepala, telinga, bibir, tangan, kaki dan bagian belakang leher adalah area yang sering terlupakan. Padahal, bagian ini sangat rentan terhadap kanker kulit 

Untuk itu, setelah memakai sunscreen, usahakan untuk mengaplikasikan ke bagian yang sering terlupa ini. Untuk bibir, pastikan kamu siap sedia lip balm yang mengandung SPF untuk melindunginya juga ya. 

Menggunakan sunscreen setiap hari dan sepanjang hari, pasti bakal sepadan dengan waktu dan biaya yang kamu keluarkan kok. Pastikan kamu commit menyelipkan pengaplikasiannya dalam di tengah skincare regime kamu. Ini akan jadi investasi jangka panjang untuk kulit kamu. 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment