banner-detik

20s

Ingin Tetap Nyaman Selama WFH? Lengkapi Rumah dengan Item Ini!

seo-img-article

Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-11

Sejak kita dihantui oleh Coronavirus, urgency untuk tetap #dirumahaja semakin mendesak. Mau nggak mau, segala aktivitas harus dipindahkan ke rumah masing-masing demi menghambat laju penyebaran COVID-19. Termasuk kantor, kampus dan sekolah yang sekarang terpaksa dialihkan ke rumah, atau istilah populernya Work from Home (WFH).

Nggak kerasa, sudah hampir satu bulan saja sejak kebijakan WFH dan SFH mulai diberlakukan oleh sebagian besar kantor dan lembaga pendidikan formal. Gimana nih, pengalaman kamu selama WFH / SFH? 

Di minggu pertama, rasanya excited banget buat WFH, kapan lagi bisa kerja yang lebih santai dari rumah? Nggak perlu menghabiskan waktu, tenaga dan ongkos untuk commute ke tempat kerja dan sekolah, juga bisa pakai pakaian yang lebih nyaman. Bahkan bisa sambil rebahan dan ngemil. Memasuki minggu kedua dan ketiga, kok rasanya mulai jenuh dan kangen sama suasana kantor dan teman-teman, ya? Apa lagi, komunikasi jarak jauh yang dimediasi teknologi seperti ini, nggak jarang ada noise dan gangguan yang bikin sering miskomunikasi sama kolega ataupun atasan. 

Baca juga: Mulai Stres Kerja dari Rumah? Waktunya untuk Talk Therapy!

Wajar, jika lama-lama WFH terasa bosan dan jenuh. Belum lagi, nggak semua orang beruntung punya rumah atau kos-kosan yang ambience-nya mendukung buat WFH. Banyak tips yang bisa dicoba biar WFH lebih nyaman dan efektif. Misalnya dengan menata working space khusus di rumah. Nggak punya ruang kerja khusus di rumah? Tenang aja! Bahkan meja makan sekalipun bisa disulap jadi working space yang nyaman buat kerja. Kamu juga bisa menambahkan item-item ini di rumah atau kamar kos kamu untuk menciptakan ambience yang lebih nyaman dan bikin enjoy selama WFH.

Baca juga: Tiga Kegiatan Seru Saat #DiRumahAja

Tanaman Dekoratif

Tanaman Dekoratif

Buat yang biasanya nggak terlalu peduli dengan tanaman di rumah, kayaknya selama WFH ini boleh banget menambahkan beberapa tanaman hias dirumah. Apa lagi kalau ada space khusus seperti pekarangan di rumah yang bisa kamu tanami tanaman-tanaman hias. Kalau kamu tinggal di apartment atau kos-kosan yang nggak ada pekarangan, kamu juga bisa menempatkan tanaman hias dalam pot di ruangan. Coba deh letakkan tanaman Kaktus, Lavender, Lidah Mertua, Rubber Fig, atau English Ivy.

Nggak cuma mempercantik rumah. Tanaman-tanaman ini juga bikin rumah terlihat lebih hidup dan segar. Namun menempatkan tanaman di rumah nggak hanya meningkatkan estetika ruangan aja. Lebih dari itu, tanaman di rumah dapat menyerap CO2 dan menyuplai O2, menetralisir bau tak sedap, serta bisa berfungsi sebagai air purifyer dan air humidifier alami untuk rumah! Warna hijau dari tanaman-tanaman ini juga dipercaya bisa menyalurkan energi positif, lho. Wah, bisa membantu mengurangi stress di masa-masa pandemi ini dong!

scented candle lokal

Scented Candles

Saat lagi WFH gini, keberadaan scented candle di rumah jadi penting banget. Pastinya ada-ada aja distraksi yang bikin gagal fokus di rumah. Nah, scented candle bakal meningkatkan mood dan konsentrasi kamu selama bekerja atau belajar. Selain itu, scented candle juga bakal bikin ruangan semakin dekoratif dengan jar dan warnanya yang lucu-lucu.

Scented candle dari Jo Malone, dengan varian signature-nya English Pear & Freesia, atau candle dari Bath and Body Works dengan desain jar yang cute abis, cocok banget buat nemenin WFH mu. If you want to support local brands, banyak juga lho, brand lokal yang menjual scented candle yang nggak kalah enak wanginya! Misalnya dari Scent and Light dan Kaminari, serta masih banyak lagi local brand lainnya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Scented Candle Lokal untuk Melepas Stress

Chamomile-Guide-To-Essential-Oils-Andrew-Weil-M.D_507268037-600x450

Essential Oils

Kamu juga bisa mengganti lilin dengan essential oil. Serupa dengan lilin, essential oil juga bisa membantu kamu lebih fokus dan meningkatkan mood selama WFH. Essential oil pun bisa membuat ruangan lebih wangi. Sebagian orang juga percaya essential oils punya kekuatan sebagai antiseptik, menenangkan pikiran dari anxiety, depresi, mengatasi sakit kepala, hingga bikin tidur lebih nyenyak. 

Tiap essential oil punya fungsi dan manfaat yang berbeda. Pilih essential oil yang cocok buatmu atau yang wanginya paling kamu suka dan tuang ke diffuser. Kalau belum punya diffuser, kamu bisa dapetin alatnya di berbagai market place. Bahkan kamu langsung bisa beli sepaket diffuser dan essential oil-nya. Kamu bisa beli essential oil dari brand-brand lokal seperti Organic Supply Co, Essenzo, Sensatia Botanicals, dan Bathaholic.

Baca juga: Tips Membeli, Menggunakan, dan Menyimpan Essential Oil

playlist

Wireless Speaker + Playlist Favorit

Musik bisa bikin WFH kamu lebih enjoyable lagi. Kalau biasanya di kantor kamu harus pakai earphone buat denger lagu-lagu dari playlist favoritmu, karena takut ganggu kolega lainnya. Atau nggak bisa denger musik sama sekali selama belajar di kelas. Kali ini kamu bebas memutar lagu apa aja dari playlist Spotify favoritmu!

Gunakan wireless speaker atau bluetooth speaker, sehingga kamu bisa bawa musikmu kemana aja, in case kamu suka pindah-pindah lokasi di dalam rumah saat WFH. Nggak cuma bisa digunakan untuk memutar musik saat WFH, wireless speaker juga bisa kamu gunakan untuk memutar musik saat olahraga di rumah.

Kalau saya, paling suka memutar musik dari playlist Jazz for Study dan The Stress Buster di Spotify, supaya nggak terdistraksi dengan lirik.

Bean Bag dan Meja Lipat

Bean Bag dan Meja Lipat

Nggak punya space khusus atau meja yang bisa dipakai buat WFH, tapi kalau kerja di kasur malah bikin malas dan ngantuk? Nggak perlu khawatir. Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan meja lipat. Kamu bisa letakkan meja lipat dan duduk diatas karpet atau bean bag biar lebih empuk dan nyaman, tapi jangan sampai jadi mager, ya.

Dengan menggunakan meja lipat, dapat menghindari kamu beraktivitas atau bekerja sambil berbaring. Bukan cuma bikin ngantuk, kerja sambil rebahan bisa jadi dapat memicu sakit punggung dan sakit pinggang karena posisi yang kurang baik.

Gimana? Maih semangat WFH nya? Semoga item-item ini bisa meningkatkan suasana dan mood selama kerja dan belajar di rumah. Tetang aja, item-item diatas masih bisa kamu beli secara online kok!

image source: hypebae.com and beanbagbazaar.co.uk

Slow Down

Please wait a moment to post another comment