banner-detik

makeup

Ini 7 Langkah Supaya Beauty Routine Bebas Bakteri

seo-img-article

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 1

Belakangan ini kamu makin sering cuci tangan, nggak nyentuh wajah kalo tangan belum bersih, sampai-sampai rekor kegiatan bersih-bersih rumah jadi mengalahkan ritual pakai skincare.

Pertempuran kita belakangan ini bukan melawan polusi lagi, tapi jadi melawan bakteri. Sadarkah kamu kalau peralatan makeup kamu pun bisa jadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri? Untuk itu, penting banget nih untuk menjaga kebersihannya, terlebih di masa pandemi ini. Coba deh cek satu-satu, apakah kamu sudah melakukan 7 langkah kecil agar beauty routine bebas bakteri?

Cuci kuas makeup

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 5

Kuas makeup itu bisa dibilang “tulang punggung” keluarga jajaran makeup kamu. Sebersih apa pun wajah, kuas makeup (termasuk spons ya) perlu dibersihkan setidaknya sekali seminggu untuk mencegah penyebaran kuman. Selain penumpukan kotoran, minyak yang melekat pada kuas makeup juga bisa menyebabkan kulit kamu digempur kotoran yang menyebabkan jerawat dan ruam. Kalau kamu nggak punya sabun pembersih kuas, kamu juga bisa menggunakan shampoo bayi atau pembersih wajah yang lembut.

Gunakan spray anti bakteri

SEPHORA CLEAN UP SPRAY

Di sekitar rumah kan sudah kamu semprotkan pembersih antibakteri, nah sekarang, saatnya untuk mengambil spray antibakteri untuk membunuh kuman pada peralatan makeup, kemasan botol atau jar night cream, eye pencil, bedak hingga eyeshadow palette. Sephora Clean Up Nice Antibacterial Spray ini terbukti membunuh 99,99% bakteri dalam waktu 60 detik dan menekan pertumbuhan bakteri lebih lanjut juga lho. 

Gunakan aplikator skincare bukan dengan jari kamu

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 3

Memang enak sih menggunakan pelembap dalam kemasan jar. Tapi di masa-masa ini ada baiknya kamu nggak mencelupkan jari kamu ke dalamnya. Kalau kamu nggak hati-hari bisa jadi bakteri di dalamnya lebih banyak daripada yang menempel di permukaan kemasan. Nah, pastiin deh untuk menggunakan aplikator untuk mengambil produk dalam kemasan jar untuk menghindari infeksi dan menjaga supaya produk kamu (apalagi kalau mahal) tetap bersih. 

Baca juga: Suka Pakai Makeup Tapi Nggak Mau Sering Pegang Wajah? Ini Triknya!

Singkirkan produk kadaluarsa

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 6

Ya, setiap makeup memiliki tanggal kedaluwarsa. Jadikan ini momen yang pas untuk merapikan beauty shelf kamu yuk! Siapa tahu ada palette yang sudah kadaluarsa, lipstik yang sudah berubah aromanya, lip gloss yang sudah mengental, kuteks yang mengeras, atau maskara kering dan menggumpal (ini kasus yang sering ditemukan). Cara praktis untuk mengetahui sebuah produk masih layak digunakan atau tidak, adalah dari perubahan fisik (warna dan tekstur) hingga aroma. Biasanya sih di beberapa produk beauty akan disertakan keterangan seperti 12M atau 18M, yang artinya akan berakhir 12 atau 18 bulan setelah kemasan dibuka.

Baca juga: 5 Hydrating Toner Affordable untuk Menjaga Kulit Awet Muda

Bersihkan lipstik juga

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 4

Coba hitung, berapa kali kamu menggunakan kembali lipstik dalam satu hari? Karena tekstur mulut manusia itu hangat dan basah, maka ia bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri. Belum lagi sisa-sisa makanan yang tersisa dan sel kulit mati yang menempel di lipstik saat kamu lagi touch up. Putar lipstik kamu kemudian celupkan sepenuhnya ke secangkir cairan alkohol isopropil selama sekitar 30 detik. Setelah itu lipstik kamu bebas dari bakteri deh.

Bersihkan makeup pouch

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 7

Penelitian membuktikan kalau tas yang kita bawa itu mengandung bakteri layaknya toilet seat. Bersihkan makeup pouch kamu dengan cairan pembersih  ataupun tisu basah yang mengandung desinfektan. Kalau kamu udah melakukan beberapa langkah yang saya sebutkan tadi, please jangan sampai bagian ini terlewat ya. Kalau makeup pouch kamu terbuat dari bahan kain, kamu bisa mencucinya di dalam mesin cuci dan gunakan air hangat untuk bantu menghilangkan bakteri.

Baca juga: Ide Menyimpan Beauty Products di Rumah Agar Lebih Eye Pleasing

Jangan pernah share makeup

BEAUTY ROUTINE BEBAS BAKTERI 2

Ada kepuasan tersendiri memang ketika memiliki makeup baru. Layaknya pameran, semua orang perlu tahu. Tapi membiarkan teman kamu meminjam alat makeup kamu adalah “tiket” untuk bertemu dengan infeksi — terutama produk mata, karena mata paling rentan terkena bakteri. Bicara fakta nih, banyak penyakit, termasuk flu biasa, bisa menyebar melalui liur dan lendir. Jadi sebuah pilihan bijak untuk nggak terlalu “bermurah hati” dulu ya, simpan makeup kamu untuk diri sendiri dulu sementara ini.

 

Itulah 7 langkah yang bisa kamu lakukan supaya beauty routine bebas bakteri. Yuk, jaga kebersihan diri kita dan sekitar! Meskipun masalah corona ini selesai, kamu sebaiknya tetap mempertahankan kebiasaan rapi dan bersih ya!

 

Foto: Freepik.com, Courtesy of Sephora.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment