fitnfab

5 Resep Sarapan Sehat Anti-Ribet Selama #DirumahAja

seo-img-article

SARAPAN SEHAT

Mulai bosan dan kehabisan ide masak apa di rumah? Buat sarapan, kamu nggak perlu repot-repot kok!

Kalau kamu biasanya mengandalkan tukang roti yang lewat depan rumah atau bubur ayam sebagai sarapan kilat sebelum ke kantor, kondisi saat social distancing ini tentu berbeda. Banyak penjual makanan yang tutup atau tidak beredar lagi di sekeliling komplek, sehingga kamu pun dituntut lebih kreatif membuat makananmu sendiri. No worries, menu sarapan nggak harus ribet kok! Sebaiknya, nggak asal kenyang juga ya! Selama #dirumahaja, kamu malah sebaiknya jaga pola makan supaya lebih sehat, supaya nggak gampang kena penyakit. Berikut ini 5 resep sarapan sehat yang mudah yang bisa kamu coba!

1. Si simpel overnight oats

SARAPAN SEHAT - OVERNIGHT OATS

Ini andalan saya sejak 5 tahun silam. Cukup aduk raw oats dengan susu, boleh susu UHT, susu low-fat, atau susu almond, kemudian tutup dan simpan di kulkas semalaman. Keesokan paginya, tambahkan berbagai topping seperti madu, buah naga, apel, pear, pisang, blueberry, strawberry, pepaya, chia seeds, almond, walnut, pumpkin seeds, atau dried cranberries. Praktis banget dan mengenyangkan!

Baca juga: Mau Kulit Glowing? Coba 5 Resep Smoothie Ini!

2. Chia pudding kaya serat

SARAPAN SEHAT - CHIA PUDDING

Chia pudding juga sama simpelnya dengan overnight oats. Tuang chia seeds secukupnya di mangkok, aduk dengan susu atau yogurt pilihanmu, lalu tutup dan masukkan ke kulkas semalaman. Paginya, tambahkan buah-buahan segar, buah kering, atau kacang-kacangan kesukaanmu. Kalau saya, suka banget merendam chia seeds dengan almond milk rasa cokelat, lalu paginya ditambah potongan pisang, blueberry, strawberry dan almond. Yummy!

3. Avo toast padat gizi

SARAPAN SEHAT - AVOCADO TOAST

Alpukat adalah lemak baik yang serbaguna, bisa diolah baik sweet maupun savoury, untuk bikin sarapan sehat maupun minuman yang enak! Panggang roti gandum sebentar di atas pan, kemudian oleskan mashed avocado yang sudah dibubuhkan garam dan lada, sebagai pengganti butter. Untuk toppingnya, bisa tambahkan feta cheese, mozzarella, tomat ceri, poached egg, peterseli, atau beef bacon yang sudah kriuk-kriuk. Kalau kamu nggak suka alpukatnya dihancurkan, bisa diiris-iris tipis saja ya.

Baca juga: 3 Resep Minuman Hangat untuk Membantu Mengurangi Flu

4. Omelet komplet

SARAPAN SEHAT - OMELET KOMPLET

Siapa sih yang nggak suka telur dadar? Supaya nggak sekadar telur dadar polos, kamu bisa masukkan segala macam bahan ke dalamnya, misalnya tomat, keju, jamur, daging cincang, ayam cincang, smoked beef, daun bawang, bawang bombay, zucchini, brokoli cincang, dan sebagainya, supaya lebih kaya gizi dan mengenyangkan. Kalau omeletnya komplet, kamu nggak perlu tambah nasi lagi! Saya suka banget omelet pakai jamur champignon, keju yang banyak, dan zucchini.

5. Yogurt parfait nan lezat

SARAPAN SEHAT - YOGURT PARFAIT

Resep sarapan sehat yang satu ini juga bisa jadi dessert! Tuangkan yogurt non-fat atau greek yogurt ke dalam mangkuk, tambahkan granola yang crunchy, madu, dan buah-buahan seperti berries dan pisang. Dilengkapi dengan kacang-kacangan seperti almond, walnut dan mede juga boleh banget! Nggak cuma lezat buat sarapan, tapi enak buat cemilan yang dimakan kapan saja!

 

Nah, itulah 5 resep sarapan sehat yang bisa kamu coba. Gampang banget kan? Semua orang bisa membuatnya! Tetap #dirumahaja dan semoga sehat selalu ya!

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment