banner-detik

shopping

Tips Grocery Shopping untuk Persiapan Self Quarantine

seo-img-article

TIPS GROCERY SHOPPING 1 

Pernah mendengar istilah panic buying? Kalau kamu pernah membeli barang dalam jumlah banyak karena takut kehabisan stok atau takut harga naik, berarti kamu sudah melakukan panic buying!

Setelah coronavirus jadi masalah kita bersama, memang banyak banget yang menjadi pelaku panic buying padahal sebenarnya nggak perlu, malah aksi itu bisa jadi merugikan orang lain. Nah, saya punya tips grocery shopping untuk persiapan self-quarantine, supaya kamu nggak panic buying!

 1. Check your inventory

TIPS GROCERY SHOPPING 2

Sebelum kamu bergegas ke supermarket untuk grocery shopping, lebih baik cek dulu di rumah ada makanan apa saja sih? Kira-kira cukup untuk berapa lama? Contohnya, stok beras kamu di rumah ternyata masih cukup untuk 2-3 minggu ke depan, berarti kamu tidak perlu membeli beras lagi. Atau, stok minyak goreng kamu ternyata hanya cukup untuk kira-kira seminggu lagi, berarti kamu perlu membeli minyak goreng, tapi ingat – secukupnya saja.

Baca juga: 5 Resep Smoothie Buat Bikin Kulit Glowing dan Sehat!

2. Plan your meals wisely

TIPS GROCERY SHOPPING 3

Tips dari saya, supaya proses belanjamu lebih tertata, plan your meals untuk sekitar 2-3 minggu, dan buatlah menu dengan makanan seperti beras; pasta; oats; roti; telur, yang praktis, punya shelf life yang panjang, bernutrisi, dan mengenyangkan. Keep it simple tapi tetap bervariasi, supaya kamu tidak merasa bosan. Setelah itu buat daftar kira-kira kamu butuh produk apa saja, dan jumlahnya berapa banyak.

Baca juga: 10 Super Food untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

3. Less instant food/processed food

TIPS GROCERY SHOPPING 5

Untuk persiapan self quarantine, sebaiknya hindari membeli makanan instan, karena untuk menghadapi situasi saat ini, kita butuh makan makanan bergizi untuk memperkuat imun tubuh. Jadi selain nggak perlu banyak-banyak beli nugget, sosis, kornet, dan mie instan, kamu perlu kurangi juga membeli makanan seperti potato chips, biskuit manis, dan processed food lainnya. Jika kamu tidak bisa menahan diri untuk ngemil, lebih baik membeli cemilan yang sehat seperti frozen fruit, kacang-kacangan seperti kacang mede, dan kacang almond.

4. Fruits and veggies are your best friends

TIPS GROCERY SHOPPING 6

Supaya tidak gampang sakit, jangan lupa membeli buah dan sayur saat grocery shopping. Agar umurnya lebih lama, kamu bisa menyimpan buah di dalam kulkas. Contoh buah-buahan yang kaya vitamin dan dapat disimpan di kulkas adalah apel, pear, anggur, dan nanas. Tapi jangan disimpan terlalu lama juga ya. Waktu terbaik untuk menyimpan apel di dalam kulkas adalah tujuh hari. Untuk buah pear, anggur, dan nanas lebih baik dikonsumsi setelah disimpan selama 1-3 hari saja, agar masih segar dan enak. Untuk asupan sayuran kamu bisa membeli sayur yang bisa disimpan di kulkas seperti brokoli, wortel, bayam, dan jagung. Tapi tetap lebih baik dikonsumsi setelah satu sampai tiga hari di dalam kulkas. Jadi, lebih baik beli secukupnya saja supaya tidak ada sayur dan buah yang terbuang.

Baca juga: Social Distancing Bikin Online Shopping Menggila? Ini Trik Mengatasinya!

5. Don’t buy too much vitamin

VITAMIN - SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Mengonsumsi vitamin tambahan selain buah dan sayur memang ada baiknya, tapi kalau terlalu banyak bisa berbahaya lho. Lebih baik research terlebih dahulu, kira-kira kamu butuh asupan vitamin berapa banyak dalam sehari. Beda usia, beda jenis kelamin, beda kondisi kesehatan, akan membutuhkan asupan vitamin yang berbeda-beda. Jadi, jangan sembarangan minum vitamin ya!

Baca juga: 5 Suplemen yang Bisa Dikonsumsi untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Jadi itu dia tips grocery shopping dari saya. Intinya, buy wisely! Untuk keperluan lain selain makanan, seperti tisu, sabun, shampoo, dan lain-lain, juga bisa diterapkan cara yang sama kok. Lalu, saat ke supermarket, pastikan kondisi tubuh kamu sehat, gunakan masker, jaket dan juga topi. Jangan lupa jaga jarak agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Setelah berbelanja, sesampainya di rumah jangan lupa mencuci bersih tangan dan produk seperti susu kaleng, minuman botol atau kotak sebelum dikonsumsi. Buah dan sayur juga harus dicuci bersih ya! Kamu juga sebaiknya segera mandi dan mengganti pakaian dengan yang bersih. Stay safe and stay healthy!

 

Foto: Freepik.com

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment