banner-detik

fitnfab

Agar Tidak Mudah Sakit, Ini 5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

seo-img-article

SUPER FOOD UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN IMUN 14Ladies, tahu kan kalau beberapa hari lalu presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ada dua warga negara Indonesia yang positif terkena virus Corona? Hingga saat ini, jumlahnya sudah bertambah banyak.

Tentu berita ini membuat masyarakat menjadi panik, takut terserang virus yang telah banyak memakan korban tersebut. Semua berbondong-bondong membeli masker dan hand sanitizer, bahkan berbelanja bahan makanan untuk disimpan beberapa waktu ke depan. Saya pun yang berniat membeli hand sanitizer, sempat kebingungan karena tidak mendapatkan hand sanitizer tersebut di beberapa supermarket. 

Padahal, salah satu pencegahan terpenting agar kita tidak terserang virus atau bakteri lainya yang dapat menyebabkan sakit adalah menjaga daya tahan tubuh. Nah, sekarang kesampingkan dulu keinginan mencari masker dan hand sanitizer yang ada di dalam benakmu. Lebih baik kamu fokus mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Ini dia 5 tips menjaga daya tahan tubuh yang bisa kamu coba terapkan di rumah, ladies!

1. Makanan bergizi setiap hari

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH 6

Saya tipe yang percaya “you are what you eat”. Nah, oleh karena itu, untuk menjaga daya tahan tubuh, saya sangat memperhatikan makanan-makanan yang saya konsumsi. Pastikan makanan yang kamu makan kaya gizi dan nutrisi, bukan sekadar enak. Sayur dan buah-buahan adalah dua makanan yang wajib kamu konsumsi, bukan hanya pelengkap atau sifatnya “kadang-kadang”, supaya kamu mendapatkan daya tahan tubuh yang baik setiap hari.

Baca juga: 10 Super Food untuk Menjaga Kekuatan Imun

2. Membiasakan konsumsi vitamin

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH 4

Vitamin adalah salah satu hal yang paling penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, agar kamu tidak mudah sakit kamu harus mulai disiplin untuk mengonsumsi vitamin. Beberapa vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh biasanya mengandung vitamin C, E, dan K. Pastikan setiap habis makan pagi dan malam hari kamu mengonsumsi vitamin dengan disiplin.

3. Mandi 2 kali sehari

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH 1

Kamu tahu kan, setiap kali kita keluar rumah pasti ada saja bakteri yang akan menempel pada tubuh kita? Saat kita beraktivitas di luar rumah, kita bertemu dengan asap kendaraan, sinar matahari, dan juga orang-orang yang mungkin sedang dalam kondisi sakit. Makanya, penting banget buat mandi secara teratur! Ini mungkin hal basic, tapi nyatanya masih banyak yang mengabaikannya. Mandi pertama  kita lakukan sebelum kita berangkat beraktivitas, dan mandi yang kedua dilakukan setelah kita selesai beraktivitas. Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan sabun yang mengandung antiseptik saat mandi setelah beraktivitas untuk memastikan tidak ada lagi bakteri atau kuman yang menempel pada kulit.

4. Mencuci tangan setelah naik transportasi umum

REKOMENDASI HAND WASH YANG BIKIN KULIT TETAP LEMBUT - 550

Saat naik transportasi umum, biasanya kita pasti akan memegang jok atau handle di dalamnya, bahkan mungkin berinteraksi dengan orang lain yang berada dalam satu kendaraan dengan kita. Untuk memastikan diri kita tidak terkontaminasi dengan bakteri dan lain-lain, pastikan selalu mencuci tangan dan bersih-bersih setiap kali kamu selesai naik kendaraan umum. Agar kulit tangan tidak mudah kering, jangan lupa untuk menggunakan hand cream juga setelahnya untuk menjaga kelembapanya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Hand Cream untuk Mengatasi Kulit Tangan yang Kering

5. Tidur cukup

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH 3

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat baik lho untuk menjaga daya tahan tubuh. [Pada saat tidur, tubuh kita akan memperbaiki diri, baik secara fisik maupun mental. Memaksa tubuh tetap “bekerja keras” pada saat seharusnya berisitirahat akan sangat berbahaya. Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup biasanya mudah hilang fokus, lebih lemas, tampil tidak aktif dan mengantuk, lebih cepat tua dan pikun, serta mudah terkenal penyakit serius. Jadi, usahakan tidur 7-9 jam setiap malam ya!

 

Itulah tadi 5 tips untuk menjaga daya tahan tubuh yang biasa saya lakukan. Dari tips yang telah saya berikan ini, menurut kamu apa lagi yang bisa ditambahkan?  

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment