banner-detik

makeup

Jangan Dicoba! Ini Bahaya Menggunakan Makeup KW

seo-img-article

KULIT GLOWING DENGAN SKINCARE DAN MAKEUP 4

Konon, ingredients yang terdapat pada makeup KW mengandung banyak bakteri hingga kotoran tikus. 

Dunia kecantikan saat ini sedang berkembang, tidak heran berbagai brand kosmetik baik lokal maupun internasional berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk makeup dengan klaim-klaim menggiurkan. Tidak terkecuali dengan brand kosmetik high end, semakin banyak kosmetik yang dirilis dengan berbagai teknologi dan juga manfaat yang menggiurkan ini tentu menarik hati para beauty enthusiast. Namun, terkadang karena harga makeup high end cukup pricey banyak juga orang yang mulai mencoba-coba produk palsu atau biasa disebut makeup KW. Ochell juga sempat cerita soal makeup palsu yang banyak beredar di luar negeri maupun Indonesia.

Baca juga: Bahan Berbahaya di Dalam Kosmetik Palsu

Penggunaan makeup KW ternyata bukan lah solusi lho untuk memiliki makeup dari brand high end. Karena ternyata, penjualan makeup KW juga sudah banyak di mal dan penggunaannya juga memiliki bahaya-bahaya tersendiri. Nah, setelah saya baca dari berbagai macam sumber, berikut bahaya menggunakan makeup KW yang bisa berakibat buruk untuk kita!

  1. Iritasi dan Infeksi

kulit iritasi

Makeup KW tentu dibuat menyerupai dengan makeup asli, namun bagaimana dengan bahan-bahanya? Saya sempat membaca beberapa artikel yang beredar di internet bahwa kebanyakan dari makeup KW yang dijual bebas menggunakan bahan-bahan dengan kandungan kimia yang bisa jadi pemicu penyakit kulit. Beberapa bahan yang memicu terjadinya penyakit kulit pada makeup KW adalah timah, berrylium, timbal, bahan kimia seperti arsenic, sianida, hingga urine dan kotoran tikus. 

Semua bahan-bahan yang bisa dibilang membahayakan ini tentunya merupakan pemicu terjadinya iritasi dan infeksi pada kulit. Menggunakan makeup KW bisa membuat kulit kita bereaksi buruk, bukan hanya kemerahan dan gatal-gatal saja, tapi bisa jadi bagian tubuh yang terekspos tersebut jadi bengkak, terasa terbakar (chemical burn), hingga menyebabkan kecacatan yang permanen, lho.

  1. Alergi Kulit

Nah, selain menggunakan bahan-bahan yang dapat menimbulkan penyakit ternyata bahan-bahan tersebut juga bisa menyebabkan tingkat alergi pada kulit lebih tinggi. Beberapa jenis alergi pada kulit juga dapat menimbulkan bekas. Oleh karena itu, apabila kamu terus-terusan memaksa kulitmu agar cocok menggunakan makeup KW hal ini dapat menimbulkan bercak-bercak pada kulit yang nantinya akan susah hilang.

  1. Infeksi Mata

review-urban-decay-naked-heat-indonesia-3

Sempat saya membaca artikel, ternyata penggunaan bahaya makeup KW bisa menyebabkan infeksi mata. Ada satu kasus di Amerika dimana seorang perempuan menggunakan eyeshadow palette Urban Decay palsu dan itu menyebabkan terjadinya infeksi mata. Infeksi mata yang terjadi dapat menyebabkan mata merah, berair dan apabila tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan. Ternyata penjualan Urban Decay palsu ini juga sudah marak terjadi dari 4 tahun lalu!

      4. Bahaya jangka panjang

Tiga hal di atas bisa dibilang sebagian kecil dari bahaya menggunakan kosmetik KW yang bisa terjadi kepada kita. Nah, beberapa sumber yang saya baca juga mengatakan bahwa ternyata makeup KW itu bisa menimbulkan masalah kesehatan dalam jangka panjang. Mulai dari tekanan darah yang makin tinggi, mandul, cacat permanen, hingga kerusakan pada bagian otak.

Baca juga: Ketika Makeup Palsu & Skincare Gajebo Jadi Pilihan

Pas saya melihat film dokumenter di Netflix berjudul Broken, ada seorang perempuan yang membeli lipstick palsu Kylie Cosmetics. Alih-alih bibirnya jadi cantik, yang ada malah bibir atas dan bawahnya menempel sehingga menjadikannya terluka parah. Untungnya perempuan tersebut tidak mengalami cacat permanen akibat makeup KW yang dibelinya. Tapi kebayang nggak sih kalau sampai bibirnya nggak bisa dipakai lagi seumur hidup hanya karena sebuah lipstik?

Terus, gimana kalau muncul reaksi aneh?

ALLANTOIN - INGREDIENT UNTUK KULIT KERING DAN SENSITIF

  • BERHENTI MENGGUNAKANNYA. Kalau produk yang kalian pakai mulai menunjukkan tanda-tanda aneh pada kulit, lebih baik langsung hentikan penggunaannya saat itu juga. Better safe than sorry.
  • PERGI KE DERMATOLOGIS. Jika ternyata kondisi kulit kalian nggak membaik juga, langsung bikin janji sama dermatologis untuk mengetahui step yang lebih tepat dilakukan. Bisa juga dengan membawa produk KW yang kalian gunakan untuk kemudian diteliti sama mereka, sehingga dermatologis bisa tahu apa yang menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit kalian.
  • SEGERA KUNJUNGI DOKTER. Apabila kondisinya memburuk hingga kalian merasa demam, sulit bernapas, bengkak, hingga muncul luka terbuka, langsung deh kunjungi dokter spesialis, supaya kondisi kalian bisa ditangani dengan lebih baik.

Nah sekarang tau kan bahaya menggunakan makeup KW? Sebagai solusinya, dibandingkan membeli produk KW saya lebih memilih membeli produk yang disebut dupe dari makeup yang menurut saya harganya pricey, atau produk lokal yang sekarang-sekarang ini juga udah nggak kalah kualitasnya. Atau kalau kamu tetap menginginkan produk tersebut, kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung agar bisa memiliki produk tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment