5 Tips Agar Tidak Stress Menghadapi Deadline Pekerjaan

kerja di rumah (2) - Copy

Gimana sih cara mengatur stres supaya ngga bikin kita burn out di kantor, walau dikejar deadline?

Stres adalah salah satu hal yang pasti pernah dirasakan setiap orang. Salah satu penyebab stres yang belakangan sering saya dengar adalah stres karena menghadapi deadline pekerjaan. Sebagai seorang perempuan yang berstatus sebagai karyawan perusahaan, saya paham banget pasti ada namanya stress menghadapi deadline. Akibat dari hal itu, yang terjadi di saya sih semakin banyak jerawat yang muncul dan juga porsi makan saya akan bertambah dari biasanya. 

Tapi, beberapa waktu ini saya akhirnya menemukan hal-hal yang bisa mengurangi stres pada diri saya apabila sedang dikejar deadline. Nah, kali ini saya mau bagis-bagi tips nih biar kalian juga nggak stres saat dihadapkan dengan deadline pekerjaan!

Baca juga: Olahraga yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi Kerja

  1. Fokus Terhadap Pekerjaanmu

Buat saya, hal yang membuat saya sering merasa stress menghadapi deadline pekerjaan adalah saat saya melihat waktunya. Seringkali saya berpikir “Waktunya tuh sebentar lagi, kayanya enggak mungkin deh!”. Tapi saya mulai mencoba beberapa waktu ini untuk lebih fokus dengan apa yang saya kerjakan. Saya mulai memikirkan fokus utama saya adalah pekerjaan saya selesai dengan hasil yang baik dan sesuai dengan deadline. Saya mulai memikirkan kualitas dari apa yang saya kerjakan dibandingkan dengan waktu yang saya pikir terlalu sebentar. Jadi tips pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah fokus ke pekerjaanmu terlebih dahulu. Kalau ini terasa masih sulit juga, kamu bisa bikin list prioritas pekerjaan kamu di notebook, aplikasi hp, atau di laptop untuk mempermudah saat harus memilah pekerjaan mana dulu yang harus diutamakan.

  1. Diskusi Dengan Atasan Terkait Deadline

kerja-di-female-daily-2

Well, walaupun beberapa orang menganggap deadline yang diberikan atasan adalah sebuah challenge agar kita lebih berkembang, saya lebih memilih mencoba jujur kepada atasan saya. Jujur disini adalah saya mencoba untuk mendiskusikan kemampuan saya dalam mengerjakan segala sesuatu, sehingga kita mencapai kesepakatan bersama tentang apa yang harus dilakukan yang akan juga berkaitan dengan deadline dari pekerjaan tersebut. Saya memilih untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum saya setuju dengan deadline yang diberikan oleh atasan saya untuk pekerjaan yang saya lakukan. Tapi, walaupun atasan kamu bisa diajak diskusi soal deadline, bukan berarti kamu jadi punya alasan untuk mendiskusikan ulang saat pekerjaan kamu telat dikirimkan ya!

Baca juga:

  1. Datang Lebih Awal

Nah, ini juga sempat saya lakukan. Saat saya mengetahui saya memiliki deadline dalam pekerjaan, sampai hari deadline tersebut datang saya akan datang ke kantor lebih awal. Saya merasa saat saya datang lebih awal, saya memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan saya. Selain itu, saya lebih memilih datang lebih awal dibandingkan untuk pulang lebih larut. Kenapa? Karena tenyata otak saya akan bekerja dengan lebih baik dan fresh di pagi hari, sehingga saat datang lebih awal saya merasakan bahwa pace kerja saya lebih cepat. 

  1. Menggunakan Scented Candle

scented candle

Beberapa waktu ini, saya lagi suka banget sama yang namanya scented candle nih! Dan ternyata saya merasa lebih relaks saat menaruh scented candle di meja saya saat bekerja. Biasanya menjelang sore hari saat saya sudah merasa pikiran saya mulai buyar, saya akan menyalakan scented candle selama 1-2 jam. Oh iya, salah satu aroma yang membuat saya lebih rileks adalah lemongrass. Bagi saya, aroma lemongrass cukup menenangkan sehingga saya bisa kembali memiliki fokus dalam bekerja. Kalau kamu lagi cari scented candle yang affordable, coba deh cek beberapa brand lokal yang kualitasnya nggak kalah oke.

  1. Meminum Teh

stress minum teh

Jujur, saya adalah seseorang yang menyukai kopi namun ternyata minum teh juga dapat membantu saya saat saya mulai merasa stres akibat dikejar deadline pekerjaan. Saya paling suka teh dengan aroma chamomile yang menenangkan, tapi kalau lagi kerja di siang hari saya lebih memilih mint tea yang lebih segar dan bikin semangat. Biasanya saya akan menyeduh teh saya di jam-jam sehabis makan siang sehingga saya tidak mudah mengantuk dan bisa tetap rileks walaupun saya tau saat itu saya dikejar deadline. Atau kalau kamu pingin lebih semangat lagi, coba cek trik yang selalu dilakukan Arum pas dia butuh mood booster pas menghadapi deadline. 

Nah itu tadi adalah 5 tips agar tidak mudah stres saat menghadapi deadline pekerjaan. Semoga tips-tips ini juga bisa kamu terapkan agar lebih santai ya!