Rekomendasi Gel Moisturizer Untuk Kulit Berminyak di Bawah 300 Ribu

Pakai Pelembap Bikin-4

Pilah-pilih moisturizer buat si kulit oily kadang memang jadi dilema. Di satu sisi, pemakaian moisturizer terasa nggak nyaman. Namun di sisi lain, kulit berminyak tetap butuh kelembapan. Nggak usah khawatir, ada moisturizer berbasis gel-cream yang bakalan cocok untuk kulit berminyakmu!

 

Masih banyak yang salah kaprah tentang pelembap atau moisturizer. Banyak yang beranggapan kalau moisturizer cuma untuk kulit kering saja. Sementara itu, kulit berminyak dianggap nggak membutuhkan moisturizer karena produksi sebum yang sudah berlebih. Wah, anggapan ini salah besar, ya.

Moisturizer adalah salah satu tahapan penting dalam skincare routine yang nggak boleh dilewatkan oleh jenis kulit apapun, termasuk kulit berminyak. Moisturizer berperan dalam membuat barrier atau lapisan di permukaan kulit yang berfungsi untuk mengunci air dan kelembapan pada lapisan kulit agar tidak menguap begitu saja.

 

Baca juga: 5 Produk Moisturizer Cowok Buat Kulit Berminyak

pelembap buat kulit berminyak

Nggak heran beberapa produk moisturizer terasa tebal, greasy, dan menutup pori-pori, salah satunya karena kandungannya yang bersifat occlusive. Umumnya, moisturizer mengandung ingredients yang bersifat humectant, emollient, dan occlusive. Karena setiap tipe kulit punya kebutuhan yang berbeda, tentu moisturizer untuk kulit kering, normal dan berminyak nggak bisa dipukul rata.

Produk moisturizer berbasis gel-cream yang bersifat less-occlusive lebih cocok untuk kulit berminyak. Mengapa demikian?

Produk-produk pelembap yang berbasis gel-cream, atau water-based, memiliki kandungan humectant yang lebih mayoritas dibanding kandungan emollient dan occlusive-nya. Karenanya, gel moisturizer ini lebih cepat meresap di kulit, terasa ringat dan nggak menyumbat pori-pori. Karena alasan-alasan tersebut pula, gel moisturizer ini sangat tepat digunakan untuk tipe kulit normal dan cenderung oily, juga acne-prone skin. Selain itu, gel moisturizer juga cocok untuk digunakan pasi musim panas dan di negara dengan iklim tropis, seperti di Indonesia. 

Kalau kalian masih mencari gel moisturizer yang pas dan on budget, berikut produk-produk rekomendasi saya dengan harga dibawah Rp300.000,00 dan  dirangkum khusus buat kamu yang punya kulit berminyak.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gel Moisturizer Cruelty Free

 

1. Cosrx Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

Cosrx Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

Foto: Instagram @cosrx

 

Pasti udah banyak yang tahu moisturizer dari Cosrx yang satu ini. Buat yang ingin moisturizer yang “nggak neko-neko” alias nggak banyak klaim janji-janji manis, dan benar-benar bisa melembapkan kulit dengan optimal, moisturizer ini layak untuk dicoba.

Cosrx Oil Free Ultra Moisturizing Lotion ini memang diformulasikan fokus untuk menghidrasi dan melembapkan semua jenis kulit, dan nggak ada klaim tambahan lainnya seperti mencerahkan ataupun bantu meremajakan kulit. Namun, moisturizer ini juga bakalan cocok untuk oily dan acne-prone skin karena formulasinya yang punya klaim oil-free. Tapi walaupun begitu, moisturizer ini sebenarnya nggak 100% oil free sih, sebab dalam ingredients list saya masih melihat ada Lemon Peel Oil dan Tea Tree Leaf Oil walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Selain lightweight, moisturizer ini juga punya harga yang cukup terjangkau untuk ukuran 100ml, yaitu sekitar Rp180.000,- hingga Rp280.000,-.

 

2. Purito Sea Buckthorn Vital 70 Cream

Purito Sea Buckthron Vital 70 Cream 4

Moisturizer dari Purito ini punya tekstur seperti gel yang runny dan gampang melting begitu menyentuh kulit. Dari teksturnya, sebenarnya moisturizer ini bakalan cocok untuk kulit berminyak. Namun, setelah diaplikasikan moisturizer ini akan terasa sedikit berminyak, sebab mengandung macadamia ternifolia seed oil dan orange peel oil

Tapi, kalau kamu ingin cari moisturizer yang nggak hanya melembapkan, tapi juga memiliki fungsi ganda seperti mencerahkan kulit, produk ini bisa jadi pilihanmu. Purito belum masuk secara resmi di Indonesia, karenanya untuk mendapatkan produk ini, kamu bisa mencari di berbagai marketplace dengan harga yang beragam, mulai dari Rp160.000,- hingga Rp200.000,-an dalam kemasan 50ml. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca review lengkap tentang Purito Sea Buckthorn Vital 70 Cream yang sempat saya bikin juga.

 

3. Isntree Hyaluronic Acid Aqua Gel Cream

Isntree hyaluronic acid aqua gel cream

Moisturizer ini andalannya kulit berminyak dan kombinasi banget kalau menurut saya. Selain kandungan hyaluronic acid-nya yang efektif membantu menghidrasi kulit, produk ini terasa ringan dan langsung menyerap kedalam kulit tanpa meninggalkan rasa greasy. 

Selain itu, gel moisturizer ini dapat menenangkan kulit iritasi dengan kandungan ekstrak green tea, serta licorice untuk mencerahkan kulit. Harganya pun cukup bersahabat, yakni kisaran Rp165.000,- hingga Rp200.000,- untuk moisturizer sebanyak 80ml.

 

4. Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Cream

Joylab moisture surge pudding gel cream

Foto: Dok. Joylab

 

Kalau kamu ingin mencoba moisturizer dengan tekstur selembut silky pudding, you should go buy this product! Moisturizer dari brand lokal ini akan menghidrasi kulitmu tanpa rasa lengket. 

Selain cocok untuk kulit berminyak, moisturizer dari Joylab ini juga pas untuk kamu yang punya masalah dengan pori-pori besar. Mengandung betaine dan niacinamide untuk memberikan kelembapan sekaligus mencerahkan kulit dan berperan sebagai antioksidan. Produk ini juga bebas dari paraben, sulfat, dan alkohol. Namun untuk harganya yang berkisar Rp135.000,- hingga Rp140.000,- an, menurut saya moisturizer ini isinya cukup sedikit, yaitu hanya 30gr saja.

 

5. Apieu Madecassoside Cica Gel

Apei Madecassoside Cica Gel

Pernah dengan tentang Madecassoside? Kandungan dalam ekstrak Centella Asiatica ini sudah teruji baik untuk menenangkan kulit sensitif karena punya fungsi soothing dan healing. Ditambah lagi, produk ini bebas dari kandungan alkohol, paraben dan sulfat. Nah, kalau kamu punya kulit berminyak dan sensitif, gel moisturizer dari Apieu ini bisa kamu cobain dengan kisaran harga Rp150.000,- hingga Rp250.000,-an.

 

Nah, kira-kira mana gel moisturizer yang pengin banget kamu coba? Jangan lupa tuliskan pengalaman kamu menggunakan produk di halaman FD review ya!