banner-detik

face

Masih Kuliah? Ini Tips Agar Tampil Fresh Saat Sidang Skripsi!

seo-img-article

TAMPIL FRESH SAAT SIDANG SKRIPSI 2

Seiring dengan akan berakhirnya semester ganjil, jadwal ujian skripsi atau tesis di kampus saya saat ini lagi padat-padatnya. Banyak mahasiswa yang sedang dikejar deadline untuk lulus semester ini agar bisa ikutan wisuda gelombang pertama di tahun ini. 

 

Apakah kamu salah satu yang bakalan mengikuti sidang akhir di semester ini? Wah, pasti lagi deg-degan abis, ya? Sudah berapa persen nih, kesiapan kamu untuk defending hasil penelitianmu di depan para dosen penguji?

Persiapan dari segi materi, seperti naskah, slide show, dan penguasaan materi emang amat sangat penting buat menghadapi sidang nanti. Jangan sampai deh, di naskah skripsi atau tesismu nanti ada kesalahan yang bakalan memberatkan kamu pas ujian, semisal typo, penulisan yang nggak sesuai EYD, miss-komunikasi dengan dosen penguji, dan sebagainya.

Namun jangan lupa, ada hal lain yang nggak kalah penting juga untuk dipersiapkan menjelang sidang nanti: persiapan dari segi fisik. Percaya deh! Been there done that. Sebab, percuma jika materi yang kamu persiapkan sudah sempurna, tapi kamu nggak ready secara fisik. Bisa gawat kalau saat D-day nanti kamu malah jatuh sakit, lemas dan kelihatan nggak prima!

Baca juga: Makeup Wisuda Sendiri, Why Not?

TAMPIL FRESH SAAT SIDANG SKRIPSI 4

Kenapa sih harus tampil fresh saat sidang skripsi? Bukannya yang terpenting adalah isi skripsi dan thesisnya? Well, jangan anggap sepele faktor penampilan fisik saat sidang. Tampil fresh dan prima saat sidang nanti bakal menguntungkan kamu dalam beberapa hal. Pertama, meningkatkan rasa percaya dirimu dihadapan para penguji, otomatis kamu akan lebih luwes lagi dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari penguji, yang pastinya sudah kamu kuasai. 

Kedua, first impression dalam presentasi, tuh penting banget. Penampilan bakalan jadi hal pertama yang dilihat pada saat kamu presentasi. Bayangin kalau kamu presentasi dalam keadaan yang nggak karuan, yang ada audiens bakalan malas memperhatikan presentasimu. Selain itu, berpenampilan yang rapi dan fresh merupakan bentuk dari rasa hormat terhadap lawan bicara yang akan menumbuhkan feedback berupa respect dari lawan bicaramu.

Nah, ini dia tipsnya supaya kamu tampil fresh saat sidang skripsi!

Tidur Cukup

Memang kedengaran klise dan impossible, sih. But seriously, you need sleep! I know you’ve been loosing sleep lately. Selama proses persiapan segala perintilan untuk sidang, mulai dari revisi terakhir hingga dapat tanda tangan dari pembimbing, sampai urusan cetak-mencetak pastinya mengorbankan waktu istirahat kamu.

Namun, sebaiknya, minimal di H-1 kamu mendapatkan tidur yang cukup. Dikutip dari Medical News Today, begadang dapat mengganggu siklus alami tubuh, dan mempengaruhi fungsi mental dan tingkat energi seseorang dihari berikutnya, misalnya sukar fokus dan berkonsentrasi, mudah lupa, serta canggung. Bahaya banget deh pokoknya, kalau sampai terjadi saat sidang.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Tidur Cukup Bikin Kulit Sehat

Eye Treatment To The Rescue

Berhubung begadang jadi aktivitas yang nggak bisa dihindari selama persiapan sidang, dark circle, dan kantung mata pun tak terelakkan. Hal ini bakal mempengaruhi penampilan secara signifikan lho. Kantung mata dan dark circle akan membuat penampilan terlihat nggak segar.

Kamu bisa siasati hal ini dengan penggunaan produk-produk eye treatment yang tepat. Rutin menggunakan eye cream bisa sedikit menolong biar mata nggak jadi mata panda banget. Tentunya eye cream nggak bisa secara ajaib menyulap tampilan mata jadi lebih segar hanya dalam sekali pakai. Karenanya, sebaiknya kamu sudah rajin menggunakan eye cream dari jauh-jauh hari. Saran saya, gunakan eye cream atau eye serum yang mengandung kafein seperti The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG dan Utama Spice Fabulous Eyes Caffeine Eye Roller.

ORDINARY CAFFEINE SOLUTION

Akan lebih baik lagi jika kamu rajin menggunakan eye mask yang dapat merevitalisasi area mata lebih cepat, terutama beberapa hari sebelum sidang. Untuk rekomendasi eye mask yang bisa kamu coba, intip artikel di link berikut ini.

Simple make up untuk look yang natural

TAMPIL FRESH SAAT SIDANG SKRIPSI 3

Jangan lupa aplikasikan sedikit makeup agar penampilan kamu terlihat lebih segar dan “awake”. Lagi-lagi, stres dan kurang tidur akibat persiapan sidang akan berdampak pada kondisi kulitmu. Makanya, nggak heran kalau selama proses persiapan kulit jadi kusam dan panen jerawat. 

Solusinya, aplikasikan makeup sederhana pada wajah, khususnya untuk menutupi complexion yang amburadul karena kusam dan jerawat. Nggak perlu makeup yang heboh lho, ya. A cushion with low to medium covergae like Rollover Reaction Cushion Compact is all you need. Tambahkan look dengan cream blush cerah yang efeknya lebih sheer untuk memberi ilusi flushed cheek, seperti Holika Holika X Peko Melty Jelly Blusher, ditambah lip tint agar look lebih natural dibanding menggunakan matte lip cream. Saya lebih prefer menggunakan lip tint dengan warna cerah dibanding lip cream dengan shade yang nude karena bisa bikin wajah terlihat pucat.

HOLIKA HOLIKA PEKO JELLY BLUSHER

Jangan ribet sama rambut sendiri

Agar lebih fokus pada materi presentasimu saat sidang nanti, ada baiknya buat kamu yang berambut panjang untuk mengikat rambut gaya ponytail yang simpel. Kenapa harus ponytail? 

Jika rambut panjang dibiarkan tergerai, dikhawatirkan kamu malah mudah terdistraksi oleh rambut dan poni saat sedang presentasi. Bayangin di tengah-tengah sidang kamu bukannya fokus mendengarkan tanggapan dari penguji, malah sibuk menyeka rambut yang jatuh ke wajah. Karena itu, gaya rambut ponytail dirasa lebih rapi dan ringkas untuk sidang nanti.

Boost yourself

Jangan lupa untuk boosting tubuh dengan konsumsi multivitamin agar nggak gampang “tumbang” di hari H nanti. Jangan sampai kecapekan malah bikin kondisi tubuh menurun saat sidang. Konsumsi juga makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah secara rutin ya, biar tubuh nggak gampang dehidrasi.

 

Buat kamu yang lagi dalam persiapan sidang akhir, jangan lupa berdoa, ya. Semoga bisa percaya diri, tampil fresh saat sidang skripsi, lalu lulus dengan nilai yang memuaskan!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment