skin care

Ikuti 5 Cara Ini Agar Skincare Lebih Efektif di Kulit

seo-img-article

skincare kadaluarsa

Nggak melulu harus pakai produk skincare dengan harga selangit kok untuk dapat hasil maksimal di kulit. Asal penggunaannya tepat, skincare yang kamu punya akan kasih hasil yang baik. Apa saja yang harus diperhatikan? Gimana biar skincare lebih efektif?

Semakin banyak produk skincare yang ada di pasaran, semakin pusing rasanya untuk menyortir produk apa saja yang perlu dibeli, mana yang benar-benar bagus dan mana yang ternyata overrated. Kalau kamu salah satu yang anti beli skincare baru sebelum menghabiskan yang ada di rumah, atau tipe yang ingin beli skincare budget aja, tips ini sengaja saya kumpulkan untuk kamu supaya nggak perlu beli banyak produk, tapi tetap dapat manfaat maksimal dari skincare. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba supaya produk skincare lebih efektif :

Kenali kebutuhan kulit sebelum membeli skincare apapun

Nggak semua produk skincare yang lagi hype harus kita beli, apalagi dipakaikan ke kulit di saat bersamaan. Terlalu banyak produk yang nggak jelas tujuannya justru bisa bikin kulit jadi overwhelmed, bahkan bisa jadi menimbulkan masalah yang tadinya nggak ada. Kamu bisa kok mempersingkat rangkaian skincare asalkan tetap melakukan langkah dasar seperti cleansing, toning, moisturising dan protecting yang nggak boleh ditinggalkan. Sebelum membeli produk, pastikan kita sudah mengenali jenis kulit dan skin concern apa yang saat ini sedang kita alami, dan hanya beli produk sesuai dengan kebutuhan.

Ikuti instruksi penggunaan masing-masing produk

Kadang kita keburu marah-marah duluan kalau ada produk yang kita anggap nggak bekerja efektif sesuai dengan klaimnya. Padahal, those efficacy claims are based on proper application — misalnya seberapa banyak produk yang harus digunakan, seberapa sering harus diaplikasikan, dan petunjuk penggunaan lainnya. 

Nggak semua produk diformulasikan seragam satu dengan lainnya, walaupun jenisnya sama. Walaupun kamu sudah sering mengeksplor berbagai produk skincare dan sudah hafal di luar kepala tentang cara penggunaan masing-masing produk, nggak ada salahnya kan untuk periksa kembali instruksi penggunaan lebih teliti? Benarkah cara pakaimu selama ini? Apakah kamu sudah rutin memakainya?

Baca juga: Pakai Skincare, Kamu Team Minimalis atau Berlapis-lapis?

Nggak perlu kapas untuk produk hydrating toner

mamonde rose water toner

Selain bisa menimbulkan masalah sampah yang cukup serius, penggunaan kapas untuk mengaplikasikan produk hydrating toner juga bisa membuat produk hydrating toner kamu lebih banyak terserap ke serat kapas dibanding ke wajahmu. Sayang banget kan, kalau malah jadi buang-buang produk? Supaya nggak berantakan, tuang sedikit saja hydrating toner ke telapak tangan lalu ratakan ke seluruh area wajah dan tambahkan layer berikutnya jika dirasa kurang. Kamu bisa menggunakan gerakan press and pat agar produk lebih cepat menyerap ke kulit. Dengan cara ini, kamu bakal merasa skincare lebih efektif.

Baca juga: Review Clinique Clarifying Lotion 3, Toner Canggih untuk Kulit Kombinasi

Gunakan produk sesuai urutan yang tepat

Pingin skincare lebih efektif di kulit, tapi cara pakainya salah? Ya nggak bisa, dong. Produk skincare akan bekerja maksimal jika bisa secara tepat menyentuh bagian kulit yang diperlukan. Secara umum, disarankan menggunakan produk secara berurutan dari yang paling cair dan bersifat water-based sampai ke produk yang lebih tebal atau berasal dari bahan dasar oil : misalnya dimulai dengan toner, essence, serum, spot treatments, moisturizer, kemudian ditutup dengan produk oil di tahapan paling akhir.

Sukin Brand Skincare Terjangkau dari Australia

Jika kamu lebih memilih menggunakan produk face oil saat kulit masih lembab juga boleh kok, tujuannya bisa mengunci kelembaban kulit sebelum menguap. Tapi lebih baik nggak perlu menggunakan produk apapun setelahnya apalagi yang bersifat water-soluble seperti essence, serum dan moisturizer. Produk oil yang digunakan di tahapan awal akan menjadi barrier bagi produk water-based yang menyebabkan produk selanjutnya tidak bisa menyerap secara sempurna ke kulit, sehingga efektivitasnya akan jauh menurun.

Baca juga: 5 Kandungan Face Oil yang Sesuai untuk Semua Jenis Kulit

Beri jangka waktu satu bulan untuk setiap produk baru

Namanya juga skincare alias perawatan kulit, bukan merawat namanya kalau selalu ingin hasil instan yang bisa didapat overnight. Jangan langsung bilang bahwa skincare yang kamu pakai itu nggak bagus di kulitmu, kalau kamu baru pakai beberapa hari saja.

Biasanya, waktu ideal untuk bisa menentukan apakah suatu produk tertentu bekerja dengan baik atau nggak adalah setelah 30 hari digunakan secara rutin dan konsisten. Setelah hitungan 30 hari maka kita sudah melewati fase pergantian sel di permukaan kulit dan judgement terhadap produk pun bisa lebih valid. 

Dulu pun saya termasuk yang nggak sabar ingin coba-coba produk skincare baru. Kalau dalam seminggu dua minggu nggak ada perubahan biasanya akan saya simpan dan ganti dengan produk lainnya. Padahal produk skincare juga perlu waktu untuk bisa memperbaiki permasalahan kulit kan?

 

Kalau kamu punya tips lainnya supaya penggunaan skincare lebih efektif, silakan share di bawah ya!

 

Foto: Freepik.com, Dok. Female Daily.

azaliardn

azaliardn

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment