banner-detik

skin care

Review Clinique Clarifying Lotion 3, Toner Canggih untuk Kulit Kombinasi

seo-img-article

CLINIQUE CLARIFYING LOTION 3 - 1

Clinique Clarifying Lotion adalah salah satu produk skincare yang paling berhasil dan berkesan bagi saya tahun lalu. Jenisnya ada banyak sekali, tapi untuk kulit kombinasi yang disarankan adalah varian no. 3.

 

Akhir tahun lalu saya coba sebuah toner yang sudah lama jadi wishlist. Awalnya, saya tertarik karena botolnya saja yang berwarna pink. Hehehe. Tapi setelah coba dan cocok, saya jadi makin suka! Belum pernah saya menemukan exfoliating toner yang mild untuk dipakai setiap hari, kecuali Clinique Clarifying Lotion ini. Serunya, toner ini bikin kulit glowing dan nggak tingling di kulit. Penasaran? Simak review lengkapnya di bawah ini!

Packaging

Another pink, another Clinique. Setelah Clinique Moisture Surge yang bikin saya jatuh cinta, ini adalah produk Clinique lainnya yang juga cocok banget di saya, kebetulan berwarna pink juga. Kemasannya berbentuk botol plastik dengan desain yang tampak simpel, segar, dan timeless.

Sayangnya, botol ini nggak disertai dengan tutup bagian dalam (yang biasanya berwarna bening), sehingga bikin produknya rawan tumpah. Jadi buat kamu yang clumsy, harus berhati-hati saat menuangnya ke kapas, jangan sampai tumpah atau terlalu banyak.

REVIEW CLINIQUE CLARIFYING LOTION 3

Aroma

Menurut saya aromanya tercium seperti alkohol banget saat tutup botolnya dibuka. Tapi saat diusapkan ke wajah nggak terlalu mengganggu kok. Seandainya aromanya bisa lebih mild, pasti saya makin sayang!

Baca juga: Review Shiseido Future Solution LX Legendary Enmei Serum

Formula dan Klaim

Yup, seperti yang saya bilang sebelumnya, Clinique Clarifying Lotion 3 ini adalah exfoliating toner yang gentle dan dapat dipakai setiap hari. Mampu mengangkat kotoran, polusi, residu produk pembersih, dan sel kulit mati. Bikin kulit jadi lebih segar, bersih menyeluruh, glowing, memaksimalkan fungsi moisturizer, dan membantu makeup menempel lebih sempurna. Ditujukan untuk kulit combination oily, produk ini bisa menyeimbangkan kadar minyak dan merawat pori-pori, sekaligus mengangkat kulit yang kering dan menjaga moisture barrier. Diformulasikan tanpa paraben, phthalates, dan fragrance. 

Produk ini sebaiknya berada di step kedua dalam 3-Step Skin Care System yang diciptakan Clinique. Jadi, Clinique sudah lama punya campaign 3-Step Skin Care System yang didukung oleh dermatologist. Tujuannya agar ritual perawatan kulit jauh lebih simpel namun efektif. Jadi, yang disarankan Clinique adalah: membersihkan wajah dengan Facial Soap, eksfoliasi dengan Clarifying Lotion, kemudian lembapkan dengan Dramatically Different Moisturizing Lotion, Gel, atau Jelly.

Setiap variannya benar-benar diformulasikan sesuai dengan jenis kulit, karena Clinique percaya setiap jenis kulit punya kebutuhan dan permasalahan tersendiri. Ada 5 varian:

  • Dry, Sensitive Skin: Clarifying Lotion 1.0
  • Very Dry Skin: Clarifying Lotion 1
  • Dry Combination: Clarifying Lotion 2
  • Combination Oily: Clarifying Lotion 3
  • Very Oily: Clarifying Lotion 4

Ingredients

Water\Aqua\Eau , Alcohol Denat. , Salicylic Acid , Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) , Butylene Glycol , Glycerin , Trehalose , Sodium Hyaluronate , Citric Acid , Sodium Hydroxide , Disodium Edta , Bht , Phenoxyethanol , Benzophenone-4 , Ext. Violet 2 (Ci 60730) , Red 6 (Ci 15850) , Orange 4 (Ci 15510)

Baca juga: Review Guerlain L’Essentiel Natural Glow Foundation

Tekstur

Seperti exfoliating toner pada umumnya, Clinique Clarifying Lotion punya tekstur yang sangat cair dan ringan seperti air. Sama sekali nggak terasa lengket.

CLINIQUE CLARIFYING LOTION 3 - 2

Penggunaan

Awalnya saya pun nggak yakin, apakah boleh memakai exfoliating toner setiap hari? Tapi karena Clinique Clarifying Lotion ini adalah produk yang dermatologist-developed, makanya saya berani coba. Kesan pertama langsung suka, karena nggak ada sensasi tingling di kulit seperti exfoliating toner atau exfoliating serum pada umumnya. Saya tergolong yang “gampang nyerah” kalau pakai produk skincare yang bikin kulit terasa cekit-cekit, seringnya jadi nggak habis. Nah, produk ini nggak kasih pengalaman seperti itu!

Saya pakai di pagi dan malam hari, sebelum saya menggunakan skincare selanjutnya. Yang saya rasakan, toner ini bisa mengangkat residu dari pembersihan sebelumnya. Meskipun saya sudah double cleansing, ternyata masih suka ada kotoran yang menyisa dan tampak di kapas lho! Produk ini juga bikin kulit terlihat bercahaya sehat, dan itu terlihat langsung setelah pemakaian. Jadi meskipun belum pakai essence, serum, dan moisturizer, kulit sudah terlihat radiant setelah dibubuhkan produk ini.

Final Verdict

Saya lega saya memilih produk yang tepat. Clinique Clarifying Lotion 3 ini bekerja dengan sangat baik di kulit saya yang berjenis kombinasi. Nggak bikin kulit terasa kering, tapi sekaligus bisa menjaga keseimbangan sebum di wajah. T-zone saya jadi nggak terlalu cepat berminyak!

Setelah 2 minggu pemakaian, kulit terlihat lebih glowing, hasil makeup pun jadi lebih bagus, apalagi kalau saya lagi pakai Clinique Even Better Glow Foundation. Perpaduan yang pas banget buat bikin makeup terlihat segar, ringan, dan dewy. Sekarang ini saya sudah pakai setengah botol toner ini, nggak sabar untuk pakai sampai habis dan punya botol selanjutnya!

 

Apakah kamu tertarik buat mencobanya? Sebaiknya pilih Clinique Clarifying Lotion yang sesuai dengan jenis kulitmu ya, supaya aman dan kamu bisa melihat hasilnya!

 

Foto: Dok. Female Daily / Andreas Halim.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment