banner-detik

skin care

Penggunaan Face Oil dalam Skincare Routine, Perlu Nggak Sih?

seo-img-article

FACE OIL DALAM SKINCARE ROUTINE 3

Adakah penggemar face oil di sini? Atau mungkin ada yang masih ragu untuk mencoba face oil? Saya akan share pentingnya penggunaan face oil di kulit combination-oily seperti saya.

Facial oil menjadi salah satu step skincare yang mungkin bagi beberapa orang masih sulit diterapkan karena produk satu ini identik dengan penggunaan pada kulit yang cenderung kering. Ya, saya pun memiliki anggapan yang sama bahwa facial oil tidak akan bekerja dengan baik untuk kulit yang berminyak seperti saya, karena kulit yang oily akan tambah berminyak jika menggunakan facial oil, apalagi ancaman jerawat dan pori-pori yang tersumbat sudah pasti ‘menghantui’ kita yang memiliki kulit wajah jenis ini.

Tapi, saya memutuskan untuk memasukan facial oil dalam skincare routine saya (tanpa menghilangkan moisturizer), hmm gimana pendapat saya tentang facial oil? Berhasilkah di kulit saya yang cenderung oily ini? 

FACE OIL DALAM SKINCARE ROUTINE 1

Manfaat Face Oil

Sebelum itu mari kita cari tahu tentang fungsi dari face oil, secara umum kita tahu bahwa face oil memiliki fungsi untuk melembabkan kulit, sebenarnya selain itu face oil juga memiliki fungsi untuk ‘mengunci’ kelembaban yang sudah ada dalam kulit! Jadi, nggak masalah jika kita ingin menggunakan face oil bahkan setelah penggunaan moisturizer sekalipun. Salah seorang dermatologist bernama dr.Paul Jared Frank pun memiliki pendapat yang sama, kita tidak bisa menggantikan peran moisturizer karena face oil berperan sebagai ‘pengunci’ kelembaban alami dalam kulit, jadi kamu nggak perlu menghapus peran moisturizer dalam skincare routine kamu.

Tapi apakah penggunaan face oil dapat menyumbat pori? Jika face oil terbuat dari bahan sintetik, tentu hal tersebut dapat menyumbat pori, tapi jika memilih face oil yang alami (vegan, dan tentunya organik), biasanya molekul minyaknya akan lebih kecil. Jadi kita harus cermat memilih ya, agar penggunaan face oil jadi tepat guna!

Face oil pun memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, membantu menjaga keremajaan kulit, meratakan warna kulit, dan berbagai fungsi lainnya tergantung jenis oil yang kamu gunakan.

Baca juga: Rekomendasi Face Oil Lokal yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Jenis Face Oil

Face oil memiliki banyak jenis, tergantung kebutuhan dan kondisi kulit. Kulit wajah yang berminyak pun memiliki berbagai pilihan oil yang tepat untuk kondisi wajah yang satu ini, kamu bisa menggunakan rose hip seed oil, grapeseed oil, jojoba oil, bahkan tea tree oil! Saya sudah mencoba beberapa jenis face oil, dimulai dari sunflower, jojoba, grapeseed bahkan rice bran. Hmm, gimana reaksinya di kulit saya?

Reaksi Pada Kulit

Saya mencoba Sunflower oil dari Kleveru sebagai percobaan pertama saya dalam menggunakan face oil. Karena sunflower oil disebut memiliki sifat non-comedogenic serta bisa meredakan jerawat dan bruntusan, saya akhirnya mencobanya dengan harapan tekstur kulit dan jerawat saya yang sedang parah saat itu akan membaik. 

KLEVERU SUNFLOWER SEED OIL

Ya, memang efek baik dari penggunaan face oil satu ini tidak instan, dibutuhkan 2 minggu hingga saya menyadari kondisi kulit saya membaik. Jerawat perlahan kempes, dan tampilan pori-pori semakin berkurang. Akhirnya saya melanjutkan penggunaan face oil ini hingga kondisi wajah saya sembuh dari jerawat.

Setelah kondisi kulit membaik, saya memutuskan untuk mencoba varian lain yaitu rice bran karena saya ingin menghilangkan bekas jerawat dengan lebih cepat, ternyata penggunaan varian satu ini pun tidak memberikan efek buruk, bahkan kulit wajah jadi lebih cerah dan sehat! Akhirnya saya memutuskan untuk terus menggunakan face oil dalam skincare routine saya.

RICE BRAN OIL - FACE OIL

Baca juga: 7 Kandungan Face Oil yang Nggak Memicu Jerawat

Kesimpulan

Pemilihan face oil yang tepat akan memberikan hasil yang baik di kulit wajah. Jadi nggak perlu ragu mencoba face oil, tapi jangan lupa juga untuk melihat ingredients dan menyesuaikan dengan kondisi kulit dengan varian yang kita pilih, meskipun memiliki kulit yang cenderung oily, penggunaan face oil masih terbilang efektif dan memberikan hasil yang terlihat jika kita rajin dan tepat dalam memilih face oil! 

Gimana? Masih ragu untuk memasukkan face oil dalam skincare routine kamu? Yuk, share pengalaman kamu dalam menggunakan face oil, siapa tahu ada rekomendasi face oil yang oke untuk jenis kulit kalian.

 

Foto: Freepik.com, Dok. Kleveru.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment