banner-detik

skin care

Ini 3 Kebiasaan yang Bikin Kulit Cepat Tua!

seo-img-article

PAKAI SKINCARE

Siapa sih yang nggak pengen punya tampilan kulit lebih muda dari usianya? Kamu pasti mau kan?

Sayangnya, keinginan itu kadang nggak sebanding dengan apa yang kita lakukan sehari-hari. Yang kita lakukan malah menjauhkan kita dari kulit yang sehat dan supple, kadar air pun kurang, sehingga kulit yang awet muda jadinya cuma mimpi.

Memangnya apa saja sih yang bikin kulit cepat tua? Simak di bawah ini!

1. Malas pakai skincare

PAKAI SKINCARE 2

Sebenarnya saya merasa tahun 2019 ini adalah tahun yang bikin skincare jadi kebutuhan di mana-mana. Awareness soal pentingnya skincare makin terasa meningkat. Tapi saya yakin, masih banyak juga yang belum tersentuh dengan kepercayaan ini, sehingga yaa.. pakai skincare seadanya, bahkan lebih sering lupanya daripada pakainya.

Merawat kulit itu penting lho, apapun jenis kulit kita. Jangan karena kulitmu normal, nggak bermasalah, dan sudah “bawaan” bagus atau gennya memang cemerlang, lantas kamu jadi jumawa dan malas pakai skincare karena merasa nggak butuh.  Ingat, kulit adalah organ terbesar pada tubuh kita yang mengubungkan organ-organ dalam dengan dunia luar. Perannya sangat penting sekali, berjasa banget. Jadinya nggak boleh kita abaikan.

Kalau kamu tipe yang nggak mau ribet, kamu bisa cuma pakai 3 step aja kok: cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Ini nggak boleh di-skip setiap hari. Cleanser tentu penting buat mengangkat kotoran dan minyak berlebih, produk paling basic. Sementara moisturizer harus dipakai supaya kelembapan kulit terjaga dan skin barrier tetap sehat, karena kalau nggak, kulit jadi gampang kering dan keriput. Sunscreen juga penting banget, karena bukan cuma melindungi kulit supaya nggak tambah gelap tapi juga mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat matahari. Kenapa orang Asia, terutama Jepang dan Korea banyak banget yang awet muda? Karena mereka rutin pakai sunscreen sejak kecil dan tipe yang memakai skincare secara serius.

Baca juga: 5 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Awet Muda

2. Nggak makan sayur dan buah

BUAH DAN SAYUR

Sayur dan buah kasih peranan penting untuk kesehatan kulit. Kandungan air, serat, vitamin, dan antioksidan di dalamnya akan bikin kulit tetap lembap dan kenyal. Bahkan bikin kulit jadi nggak gampang bersisik atau terasa “ketarik” ketika kamu belum mengaplikasikan pelembap. Dengan asupan buah-buahan dan sayuran setiap hari, kulitmu bakal tetap segar dan awet muda, makeup pun jadi menempel lebih lama.

Kalau kamu nggak doyan sayur dan nggak rutin makan buah, kulit bakalan jadi lebih kering, sering bermasalah, dan gampang terlihat kuyu. Ini bisa kamu buktikan sendiri deh! Atau bandingkan saja kulit teman-temanmu yang doyan banget sayur dan buah dan yang nggak doyan. Pasti beda!

Baca juga: Gimana Sih Ciri-Ciri Kulit Awet Muda?

3. Merokok

MEROKOK

Nggak cuma bahaya buat tubuh, tapi juga buat kulit. Rajin merokok adalah salah satu penyebab kulit cepat tua yang nggak bisa disanggah. Kenapa? Ketika menghisap rokok, semua bagian wajah berekspresi terutama area sekitar mulut, dahi, dan mata, sehingga kerutan di area itu lebih cepat terbentuk.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mayoritas perokok lebih susah tidur nyenyak dibanding yang nggak merokok, jadinya mereka lebih gampang punya kantung mata dan garis-garis halus di sekitar mata. Merokok juga menghilangkan banyak nutrisi di dalam tubuh, seperti vitamin C. Padahal vitamin C penting buat menyegarkan kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Bagi kamu yang sudah jadi perokok bertahun-tahun, pasti nggak mudah buat langsung berhenti. Tapi kamu bisa pelan-pelan kurangi saja dulu, dengan target yang kamu buat sendiri, misalnya 1 bulan hanya boleh 1 bungkus rokok saja, nggak boleh lebih. Lalu kemudian berangsur berkurang lagi, dan seterusnya. Yang penting kamu harus bulatkan tekadmu!

 Baca juga: Neck Cream untuk Merawat Kulit Leher Agar Tampak Kencang

 

Nah, gimana mau punya #2020yanglebihglowing kalau masih melakukan hal-hal di atas? 😀 Yuk, kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut supaya kulit awet muda dan tubuh juga lebih sehat!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment