Gimana Sih Ciri-Ciri Kulit Awet Muda?

Usia boleh bertambah, tapi jiwa tetap muda dong! Tapi, apakah kulit kamu mencerminkan jiwa yang awet muda?

 

Awet Muda 1

Suka meliput beberapa beauty events, saya jadi berkesempatan untuk melakukan skin check dengan menggunakan berbagai alat mutakhir. Cukup duduk di depan kamera, alat-alat ini bisa mendeteksi kadar kelembapan sampai potensi tanda penuaan, terbaca jelas dalam beberapa detik aja. Santai-santai aja kalau kulit saya masih awet muda di usia 20an awal ini, kemarin saya dikagetkan juga dengan hasil tes yang menunjukkan bakal ada kerutan yang akan muncul di wajah saya, tepatnya di antara alis. Nggak cuma itu, cukup banyak potensi dark spot yang akan muncul daerah tulang pipi dan hidung! Yikes.

 

Sebetulnya nggak heran kalau di usia 23 tahun, saya sudah dihantui warning signs akan penuaan dini. Walaupun saya rajin pakai skincare, rutin berolahraga dan menganut pola makan pescatarian, tinggal di Jakarta yang sarat radikal bebas bisa jadi penyebab munculnya penuaan dini di kulit saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah research seputar kulit yang terlihat awet muda untuk menentukan skin goal saya, juga kandungan penting apa yang wajib digunakan untuk kulit agar tetap awet muda. Apa jawabannya?

 

Kulit Senantiasa Lembap

Setelah baca-baca, salah satu hal yang terjadi pada penuaan kulit adalah kondisi kulit yang berubah menjadi kering. Masalah kulit kering ini juga bisa memicu masalah kulit dehidrasi lho. Seperti yang udah kita ketahui, kulit dehidrasi mampu memberikan ‘false information’ yang menyebabkan kulit kita jadi berminyak karena produksi sebum berlebih. Selain kulit yang terlihat kusam, kulit yang terlalu berminyak di permukaan juga dapat menyebabkan jerawat. Untuk menjaga keseimbangan sebum dan kelembapan kulit, pastikan kamu menggunakan produk-produk dengan kandungan yang humektan dan oklusif yang lengkap, seperti hyaluronic acid.

 

Kekencangan dan Kenyal Terjaga

Nah, selain kelembapan, kekencangan kulit juga jadi salah satu faktor yang menunjukkan bahwa kulit kamu awet muda. Dua faktor ini bergantung pada kadar elastin dan kolagen. Elastin adalah jenis protein yang memberi elastisitas pada kulit, that makes your skin bounce when you touch it. Kolagen adalah jenis protein yang memberi struktur kulit yang kencang, atau tidak kendur terbawa gravitasi. Due to aging, these two can decrease significantly karena terpapar radikal bebas. Untuk mengembalikan kekencangan dan kekenyalan kulit, kamu dapat mencari skincare dengan kandungan peptides. Peptides adalah sejenis protein yang berperan penting dalam pembentukan elastin dan kolagen pada kulit. Ketika diaplikasikan pada kulit, peptides dapat menstimulasi kerja kulit untuk memperbaiki tekstur kulit yang kekurangan elastin dan kolagen. Cukup menarik kan?

SKINCARE LOKAL 2

Warna Kulit yang Merata

Terbebas dari noda hitam dan hiperpigmentasi juga dapat membuat kulit kamu terlihat awet muda! Dengan warna kulit yang merata, kulit terlihat lebih cerah dan youthful. Proses pembersihan yang menyeluruh dan penggunaan sunscreen secara rutin penting banget dilakukan untuk menjaga warna kulit agar tetap rata. Untuk melakukan double cleansing, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menghapus makeup kamu dengan makeup remover, baru dilanjutkan dengan mencuci wajah dengan cleanser yang gentle. Untuk sunscreen, pilih kandungan SPF sesuai kebutuhan, namun pemilihan sunscreen yang broad spectrum atau dengan PA tinggi wajib dipilih karena hal itulah yang memproteksi kita dari aging!

 

Tekstur Kulit yang Halus

Sudah lembap, kencang, dan bebas noda hitam? Tekstur kulit yang halus nggak boleh ketinggalan untuk terlihat senantiasa awet muda. Seperti apa sih tekstur kulit yang halus? Pertama, kulit wajah bebas jerawat atau bruntusan. Kedua, pori-pori di wajah tidak nampak besar. Terakhir, bebas kerutan dan garis halus, konsisten halus di seluruh wajah! Ingredients yang mampu membantu tekstur kulit kamu agar terasa lebih halus dan tampak lebih muda adalah retinol. Berasal dari vitamin A, retinol sudah teruji klinis sebagai kandungan skincare yang efektif banget menyelesaikan masalah penuaan kulit. Selain mengurangi kerutan dan garis halus, retinol mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit secara maksimal agar tekstur lebih merata dan halus.

 Cream Anti-Aging Bagus dari Brand Lokal-3

Terlihat Cerah Bersinar

Terakhir: terlihat cerah bersinar atau glowing! Diidam-idamkan oleh semua orang, kulit glowing memang sedang jadi tren tampilan skincare akhir-akhir ini. Udah banyak banget yang teredukasi kalau kulit yang sehat itu bukan yang matte tanpa minyak, tapi yang terlihat dewy dan lembap tanpa berlebihan seharian. Untuk terlihat cerah, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide atau vitamin B3 yang mencerahkan, juga skincare dengan kandungan emas alias gold! Digunakan dalam skincare, gold bersifat antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dari dalam, sekaligus memberi kesan glowing di wajah saat diaplikasikan ke kulit dari luar. Gold juga bersifat anti-inflammatory yang dapat meredam kemerahan pada kulit agar kulit cerahmu dapat bersinar!

 

Itu tadi ciri-ciri kulit awet muda dan kandungan skincare yang wajib digunakan untuk kulit yang lebih awet muda. Nggak perlu khawatir lagi kan, kalau sudah tau solusinya?