banner-detik

beauty school

[GIVEAWAY DAY 14] Kesalahan Umum yang Bikin Butek Pasca Liburan Outdoor

seo-img-article

outdoor

Liburan sudah di depan mata, nih! Sudah bikin planning belum? Kalau bosan city hopping, sesekali mengisi liburan dengan berbagai kegiatan outdoor juga bisa jadi hal yang seru, lho.

 

Walaupun mungkin beberapa orang langsung mundur lima langkah pas dengar kata “outdoor” karena sering kali malah berbuah masalah kulit dan kesehatan, tapi aktivitas ini bisa jadi opsi yang seru lho buat mengisi liburan kalian. Okay, kalau kita ngomongin aktivitas outdoor, biasanya yang sering jadi pilihan adalah aktivitas seperti hiking atau mendaki gunung, touring luar kota dengan sepeda motor, hingga camping di pantai. Asyik sih, tapi kadang kalau kita melupakan beberapa hal untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit, bisa-bisa pulang liburan malah kita terlihat butek. Gimana nggak, setelah liburan outdoor sering kali muncul masalah kulit seperti kusam, kemerahan, hingga mengelupas akibat terbakar matahari. Nggak menutup kemungkinan malah muncul jerawat karena nggak sempat double cleansing saking serunya beraktivitas di alam terbuka.

Pastinya nggak enak kan, kalau sepulang liburan harus memulai semester baru dengan kondisi fisik yang butek? Worry no more! Beberapa kesalahan selama beraktivitas outdoor ini penting untuk diketahui dan dihindari biar kita tetap terlihat segar sepulang liburan.

Baca juga: Produk Skincare dan Makeup yang Sebaiknya Tidak Dibawa Traveling

1. Tidak Melakukan Persiapan Fisik

Diet dan Olahraga Bukan Timbangan Jadi Patokan-2

Jangan sampai deh kamu melakukan aktivitas outdoor tanpa melakukan persiapan fisik sebelumnya. Yang namanya kegiatan outdoor seperti hiking, camping, touring dan yang lainnya, sudah pasti melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat seperti berjalan, mendaki hingga membawa beban berat. Jika tidak didahului oleh persiapan fisik, tubuh bisa jadi malah nggak fit setelah liburan. Atau bahkan bisa saja sakit di tengah-tengah liburan. Tentunya kegiatan kita bakal terganggu dan nggak seru lagi. Nggak mau dong di tengah-tengah liburan kita malah jadi sakit?

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, pastikan kamu dalam kondisi yang sehat dan rutin berolahraga. Konsumsi makanan bergizi ditambah asupan multivitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buat kalian yang punya riwayat penyakit seperti darah rendah, alergi, dan vertigo, sebaiknya periksakan dulu kondisi kesehatanmu ke dokter sebelum merencanakan liburan outdoor, ya.

 

2. Stereotipe Skincare di Kalangan Adventurer

skincare

Sebenarnya, kerusakan kulit sangat mungkin diminimalisir asalkan tetap konsisten merawat kulit selama liburan. Namun membawa berbagai produk skincare selama liburan outdoor mungkin kedengaran konyol, apa lagi di telinga para pecinta aktivitas outdoor. Membawa dan mengaplikasikan produk skincare saat beraktivitas outdoor memang sangat tidak efisien. Belum lagi stereotipe yang populer bahwa aktivitas outdoor identik dengan kesan maskulin, sehingga membawa dan menggunakan skincare, yang punya asosiasi feminim, saat beraktivitas outdoor dianggap nggak banget. 

Menurut saya, sekarang sudah saatnya untuk buang jauh-jauh stereotipe usang semacam ini. Walaupun sedang dalam sebuah adventure dan berada di alam terbuka, bukan berarti merawat kulit jadi sesuatu yang tabu. Nggak ada ruginya, bahkan bisa menyelamatkan kamu dari kebutekan pasca liburan outdoor. Nggak perlu melakukan tahapan skincare routine panjang yang biasa dilakukan tiap hari. Cukup dengan beberapa produk esensial seperti sunscreen, moisturizer, lip balm dan cleanser. Bahkan, nggak perlu repot lagi bawa-bawa skincare semenjak beberapa produk sudah tersedia dalam kemasan travel size sehingga cukup ringkas untuk dimuat dalam backpack.

Baca juga: 5 Produk Wajib Mahasiswa yang Suka Aktivitas Outdoor

3. Tidak Menggunakan dan Reapply Sunscreen

sunscreen-bagus-1

Reapply sunscreen adalah kegiatan wajib setiap harinya, apa lagi saat beraktivitas outdoor. Salah satu kesalahan selama traveling dan beraktivitas outdoor adalah tidak reapply sunscreen secara berkala. Atau lebih parahnya lagi: nggak menggunakan sunscreen sama sekali. Padahal selama berada di luar ruangan, terekspos sinar UV jadi agenda yang nggak bisa terelakkan. Terlalu lama terpapar sinar matahari berpotensi menyebabkan kulit terbakar, sehingga bukannya dapat glowing tanned skin, yang ada malah kulit gosong dan memerah kayak kepiting rebus.

Kekeliruan lainnya tentang penggunaan sunscreen adalah tidak menggunakannya di area yang beriklim kering atau cuaca dingin. Masih banyak yang menganggap kalau sunscreen hanya perlu digunakan saat di pantai, atau pas kita berada di lingkungan yang panas. Sementara itu, saat sedang hiking atau mendaki gunung, justru kita berada lebih dekat dengan matahari. Artinya, kulit bisa terkespos lebih dalam dan sunscreen benar-benar tidak boleh lupa digunakan. 

Penggunaan broad spectrum sunscreen yang diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali bisa membantu mengurangi potensi kulit terbakar selagi beraktivitas outdoor. Sunscreen dengan tipe spray cocok banget dibawa saat liburan outdoor. Selain praktis, sunscreen tipe spray juga bisa menjangkau seluruh bagian kulit yang terkena matahari. Kalau merasa kesulitan pas re-apply sunscreen spray, semprotkan dulu ke telapak tangan baru deh diaplikasikan ke kulit kita.

4. Tidak Membersihkan Kulit dengan Benar

ASIAN GIRL WASHES FACE

Saat sedang liburan outdoor, jangankan untuk double cleansing, cuci muka saja kadang nggak sempat. Terlebih pada saat camping, di mana sulit untuk menemukan akses air bersih. Akibatnya sudah pasti breakout. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan micellar water yang bisa melakukan pembersihan secara optimal dan juga praktis karena tidak perlu dibilas lagi dengan air. Setiap ada kegiatan camping, biasanya saya akan menyediakan beberapa lembar kapas dan micellar water ukuran kecil dalam ransel.  

5. Membiarkan Kulit Dehidrasi

Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Bukan cuma tubuh yang rentan dehidrasi saat sedang beraktivitas outdoor, kulit pun dapat dehidrasi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembaban kulit selama liburan. Jangan malas mengaplikasikan moisturizer selama liburan. Terutama di dataran tinggi seperti di gunung yang kelembapannya sangat rendah, juga di area pantai yang cuacanya terik. Gunakan krim pelembap serba guna yang dapat diaplikasikan di wajah dan seluruh badan. Selain itu, gunakan lip balm yang mengandung SPF untuk mencegah bibir pecah-pecah dan mengelupas. Atau kalau kalian nggak yakin sama pelembap yang multifungsi, nggak ada salahnya kok membawa moisturizer dan body lotion yang travel friendly.

Laneige Water Bank

Buat kalian yang masih cari-cari produk buat melembapkan kulit buat dibawa liburan nanti, Female Daily bakal kasih 1 paket lengkap Laneige Water Bank Power to Moisture Set buat kamu yang beruntung. Caranya gampang, kok. Cukup kasih tahu ke kita di kolom komentar, artikel apa sih yang paling kalian pingin dapatkan jawabannya dari Female Daily, dan apa saja sih yang Female Daily perlu kembangkan lagi supaya tahun 2020 nanti bisa lebih memberikan yang terbaik buat kalian? Jawabannya saya tunggu sampai Senin, 16 Desember 2019 jam 16.00 ya!

 

Foto: Dok. Female Daily & Freepik & Freepik for ArthurHidden

Slow Down

Please wait a moment to post another comment