7 Hal yang Bikin Jerawat Kamu Susah Hilang

3 PRODUK YANG MENGGAGALKAN JERAWAT PMS - featured

Ada jerawat baru? Tahan, tahan. Jangan melakukan hal-hal di bawah ini ya biar jerawat nggak susah hilangnya!

Pasti kamu kesal dan panik kalau melihat ada jerawat baru yang tumbuh di wajah. Seringkali kamu jadi terburu-buru melakukan suatu tindakan, yang kamu kira bakal ampuh buat mengusir jerawat. Padahal, tindakan itu justru bikin jerawat malah susah hilang lho! Apa saja sih? Ini dia hal-hal yang bikin jerawat kamu susah hilang!

1. Pegang-pegang dan pencet jerawat

Memencet jerawat dan memegang-megangnya terus bisa bikin kondisi jerawat lebih gawat lho. Ini disebabkan oleh bakteri dan kuman dari tanganmu yang pindah ke kulit wajah, dan tekanan dari tanganmu (atau alat pemencet komedo!) yang bikin jerawat terpancing untuk semakin meradang, besar, memerah, bahkan pecah atau berdarah sebelum waktunya. Wah, kalau begini jerawat bakal makin “awet” ada di muka kamu, dan makin susah dihilangkan! Apalagi kalau bekasnya membentuk scar atau bopeng. Kamu bakalan cuma bisa menghilangkannya dengan laser treatment!

2. Makan manis melulu

puasa boba

Hmm.. ini memang susah sih dihindari. Air putih dan teh hijau panas tanpa gula memang nggak menarik kalau dibandingkan minum minuman manis dan dingin seperti boba, thai tea, atau es kopi susu, apalagi sekarang minuman macam ini makin gampang didapat. Belum lagi promo pisang cokelatmartabak manis, atau donat yang ada di aplikasi handphone-mu yang selalu “memanggil-manggil” buat dibeli. Belum lagi perasaan “laper melulu” yang seringnya muncul kalau lagi PMS, dan bikin kamu merasa harus memenuhi keinginan kamu itu.

Sabar ya, tapi kamu harus berusaha untuk mengurangi makanan manis dulu kalau lagi jerawatan, karena kebanyakan gula bisa bikin jerawat makin parah, karena gula bisa meningkatkan inflamasi pada tubuh dan kulit. Jadinya, jerawat makin susah hilang, bahkan malah bisa bertambah banyak.

Barengi juga dengan memilih skincare yang memiliki ingredient anti-inflamasi seperti niacinamide, chamomile, green tea, atau licorice extract untuk membantu kulit lebih tenang.

Baca juga: 10 Kandungan Skincare yang Bagus untuk Mengurangi Jerawat

3. Membiarkan kulit wajah kena benda-benda kotor

Kita nggak boleh malas membersihkan barang-barang yang sering banget bersentuhan dengan kulit, misalnya: handphone, handuk, helm, masker, dan sarung bantal. Handphone harus dibersihkan setiap hari menggunakan tisu basah atau tisu yang sudah disemprot alkohol, karena handphone selalu kita pegang-pegang dan sering banget kena minyak serta makeup wajah saat kita telepon. Handuk harus diganti seminggu atau dua minggu sekali, bahkan sebaiknya handuk untuk wajah berbeda dengan handuk yang dipakai untuk badan. Kalau kamu sering naik motor, helm harus rutin dicuci dan masker penutup wajah sebaiknya ganti setiap hari. Sarung bantal juga sebaiknya diganti 2 minggu sekali ya!

4. Pakai facial scrub setiap hari

drama walnut scrub kylie skin -2

Ada nggak sih yang masih kaya gini? Bahaya lho! Eksfoliasi memang harus rutin dilakukan, tapi sebaiknya gunakan produk yang gentle. Facial scrub itu dipakainya 2 kali saja ya dalam seminggu, karena sifatnya lebih abrasive, sehingga bisa bikin kulitmu iritasi, apalagi kalau kulitmu jenisnya acne-prone. Pakai facial scrub setiap hari juga bisa bikin kulit jadi lebih kering — sehingga memicu kadar minyak di wajah muncul lebih banyak, yang artinya kulitmu akan semakin oily dan jerawat jadinya susah hilangnya.

Baca juga: 8 Produk untuk Membantu Mengatasi Jerawat Punggung

5. Overthinking atau stres berkepanjangan

Jerawat memang bikin percaya diri jadi berkurang atau berantakan. Tapi, bukan berarti kamu harus mikirin terus dan jadi stres setiap hari, karena jadinya bisa bikin kondisi jerawat tambah betah di wajahmu. Perlu diingat kalau salah satu yang berhubungan dengan jerawat adalah faktor hormonal. Stres bisa bikin level kortisol bertambah dan bikin jerawat jadi susah hilangnya.

Punya jerawat itu normal, setiap orang pasti pernah mengalaminya, jadi bukan sesuatu yang bikin kamu harus tenggelam dalam kesedihan sampai merasa ingin ditelan bumi saja. Biasanya, kalau kamu terjebak dalam stres berkepanjangan, kamu jadi fokusnya di kekesalan kamu, kamu insecure kenapa jerawat terus menghampiri kamu, kamu merasa nggak pandai merawat diri, dan sebagainya — tapi kamu nggak fokus mengatasinya. Jangan ya!

Baca juga: Gimana Ya Cara Mengurangi Tingkat Stres?

6. Pakai makeup terlalu tebal

 

micro-concealing

Memang sih, makeup seperti foundation, cushion, dan concealer diciptakan untuk membuat kulit tampak lebih mulus dan menutupi kekurangan-kekurangan kulit. Tapi bukan berarti kamu harus memakainya super banyak demi menutupi kulit berjerawatmu! Kalau kamu pakai makeup terlalu tebal, kulit wajahmu malah jadi nggak bernapas dan pori-porimu tersumbat. Apa jadinya? Ya jerawatmu makin susah hilang atau malah nambah lagi yang baru!

Jadi, untuk sementara pakai makeup yang ringan saja ya. Kalau lagi nggak ada acara penting, buat ke kantor kamu cukup pakai skincare, loose powder, pensil alis, dan lip tint biar nggak pucat. Saat weekend dan kamu nggak ke mana-mana juga jadi waktu yang tepat untuk beristirahat dari makeup dan menikmati bare face.

7. Gonta-ganti skincare terlalu sering

bottle-skincare-oils-different-soaps_23-2148317655

Ganti-ganti skincare adalah hal yang umum dilakukan kok, mengingat setiap manusia pasti ada rasa “ingin memberikan atau mempunyai yang terbaik untuk dirinya”. Apalagi ada sekian banyak produk skincare di luar sana yang tampak menjanjikan. Tapi, coba belajar bersabar. Jangan gampang nyerah, baru sebentar pakai terus ganti yang lain. Nggak ada produk yang hasilnya instan.

Kenali jenis dan kebutuhan kulitmu dengan baik. Baca ingredients, website brand, dan review sebelum membeli produk skincare. Kalau kamu sudah menemukan yang bagus (mungkin belum tentu yang terbaik), tapi paling tidak, produk yang bisa menenangkan kulitmu dan nggak memicu jerawat makin banyak, maka bertahan dulu saja dengan produk tersebut — jangan mudah tergoda yang lain. Kalau kamu bersabar dan telaten pasti ada hasilnya kok!

 

Nah, itulah beberapa hal yang harus dihindari biar jerawat nggak susah hilang dari wajahmu. Kamu punya tips yang lainnya? Silakan tulis di comment ya!

 

Foto: Dok. Female Daily