banner-detik

makeup

[GIVEAWAY DAY 10] Cara Bikin Makeup Tahan Lama Saat Liburan

seo-img-article

Ingat Desember pasti langsung ingat liburan. Mau ke mana kamu saat Natal dan Tahun Baru nanti? Ke mana pun tujuannya, pastikan makeup tahan lama ya, karena kamu nggak punya banyak waktu buat touch-up!

Makeup tahan lama dan tahan segala cuaca itu memang idaman banget. Terutama waktu kita lagi berlibur, berkumpul bersama orang-orang tersayang dan sibuk wara-wiri ke sana-sini. Apalagi, destinasi liburan tiap orang pasti berbeda. Ada yang cuacanya sangat dingin sehingga bikin kulit lebih kering dan makeup pun cenderung susah menempel, ada yang cuacanya terik dan lembap sehingga bikin makeup gampang meleleh.

Kamu nggak pengen kan setiap 1 jam sekali harus lihat cermin dan touch-up? Bisa-bisa acara liburanmu jadi terganggu! Nah, ini tips simpel dari saya supaya makeup tahan lama meski kamu sibuk menikmati festive holiday akhir tahun.

1. Primer itu wajib!

Menurut saya, face primer adalah sebuah penemuan unik yang wajib dibanggakan. Produk ini bisa bikin foundation tampil lebih halus dan tahan lama, cushion lebih menempel, dan kulit terlihat lebih sehat.

Face primer saat ini sudah banyak banget jenisnya lho! Ada yang sekaligus skin veil, berbentuk krim dengan kemampuan tone-up warna kulit. Ada juga yang mengandung silikon sehingga teksturnya terasa melapisi kulit menjadi lebih mulus dan mengurangi tampilan pori-pori, ada yang bisa bikin kulit jadi lebih matte, ada yang bentuknya ringan seperti serum dan bikin kulit bercahaya sehat, dan bahkan ada yang cair dalam botol spray praktis seperti kesukaan saya, Studio Tropik Flawless Priming Water.

STUDIO TROPIK FLAWLESS PRIMING WATER

Cukup gunakan pada wajah setelah kamu menggunakan skincare, kemudian pakai deh foundation atau cushion kamu, et voila, kamu bakalan naksir sama tampilan complexion-mu sendiri deh! Makeup kamu bakalan tahan lama dan nggak gampang kelihatan kusam.

Baca juga: Face Primer Rekomendasi Para Makeup Artist

2. Pilih produk yang matte

ESTEE LAUDER DOUBLE WEAR STAY IN PLACE MAKEUP

Produk complexion makeup yang matte cenderung lebih tahan lama dibandingkan yang hasil akhirnya satin atau dewy. Jadi, sebaiknya pilih foundation yang matte saja, misalnya Estee Lauder Double Wear Foundation. Kalaupun kamu lebih suka pakai cushion, jangan pakai cushion yang terlalu “basah” efeknya, biar nggak gampang luntur, seperti YSL All Hours Cushion. Setelahnya, kamu bisa bubuhkan sedikit setting powder terutama di T-zone supaya makeup lebih awet.

YSL ALL HOURS CUSHION

Kulitmu kering jadi takut cakey kalau pakai yang matte?  Tenang aja, selalu ada jalan! Hindari face primer yang bikin kulit jadi matte atau yang sifatnya pore refining, biar kulit nggak makin kering. Kamu bisa pakai hydrating primer sebelum menggunakan foundation matte, atau campurkan 1 atau 2 tetes face serum pada foundation matte yang kamu gunakan biar hasilnya lebih skin-like.

Soal lipstik pun sama, kalau kamu pakai yang matte biasanya lebih tahan seharian dibandingkan lipstik glossy atau satin. Kamu yang menyukai tampilan bibir ombre atau natural juga bisa pilih pakai lip tint supaya ada stain cantik yang nggak terhapus meskipun selama liburan kamu selalu icip-icip makanan!

Baca juga: Tips Menggunakan Full Coverage Foundation

3. Jangan lupakan setting spray

Setting spray yang bagus selalu mahal? Nggak kok! Sekarang sudah banyak lho setting spray berkualitas dengan harga yang ramah di kantong. Ini adalah produk wajib buat siapapun yang pengen punya makeup tahan lama. Setelah selesai makeup, semprotkan setting spray secukupnya pada wajah dan leher, baru deh melangkah keluar rumah. Tetap nggak yakin makeupmu bisa awet sepanjang hari? Coba beli setting spray yang sekaligus bisa dipakai sebagai face mist seperti MAC Prep+Prime Fix+ Mini Watermelon. Produk ini oke buat menghidrasi kulit dan aroma semangkanya akan bikin kamu lebih semangat selama musim liburan. Harganya cuma 200 ribu-an lho!

MAC PREP+PRIME FIX+ MINI WATERMELON

Baca juga: MAC Fix+, Setting Spray Wajib Punya!

Nah, itu dia 3 tips buat bikin makeup tahan lama selama liburan! Nggak susah kan?

Buat melengkapi musim liburanmu ini, Female Daily bikin GIVEAWAY selama 23 hari di bulan Desember dan ini adalah hari ke-10! Kamu bisa punya 1 buah Studio Tropik Original Priming Water, face primer dari brand lokal yang sangat terkenal itu! Produk ini jago banget bikin foundation lebih mudah dibaurkan dan bikin makeup lebih melekat sempurna. Pasti mau kan?

STUDIO TROPIK ORIGINAL PRIMING WATER

Caranya gampang:

Share artikel ini di Instagram Story kamu,  mention akun Instagram @femaledailynetwork, akun Instagram saya @poppyseptia, sambil sebutkan di mana sih tempat liburan idaman kamu dan kenapa? Jawaban ditunggu paling lambat tanggal 12 Desember jam 5 sore ya! Jawaban paling menarik akan dapat 1 buah Studio Tropik Original Priming Water. Jangan sampai ketinggalan!

Foto: Freepik.com, Dok. Estee Lauder, Studio Tropik, MAC, YSL.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment