banner-detik

skin care

Exclusive Interview dengan Thomas Lesage dari PATYKA

seo-img-article

Ada yang sudah pernah dengar dengan brand PATYKA? Beberapa hari yang lalu, saya dapat kesempatan untuk melakukan 1-on-1 interview dengan International Brand Manager Patyka, Thomas Lesage untuk mengenal terlebih lanjut mengenai brand ini. Yuk, simak artikelnya!

DSCF2777

 

Baca juga: Selain Green Beauty, Pernah Dengar Blue Beauty?

Apa arti nama PATYKA? Inspirasinya dari mana?

“PATYKA berasal dari kata bahasa Ancient Greek APOTHEKE, karena tempat lahir PATYKA awalnya adalah dari sebuah apotek. The Beauty House Patyka sudah ada sejak tahun 1922 di Paris dan didirikan oleh seorang apoteker muda yang berasal dari Hungaria. 1920-an adalah momen di mana Perang Dunia I baru saja selesai, saat di mana orang mulai mengeksplor talenta dan kerajinan yang mereka miliki. Bahkan belum ada istilah ‘skincare’ di zaman itu. Nah, untuk pertama kalinya dalam sejarah, apoteker dari Hungaria ini akhirnya menghasilkan sebuah elixir yang langka, yang mampu membuat kulit jadi cerah dan membantu proses regenerasinya. Elixir ini dikenal dengan nama The Huile Absolue, produk pertama dari PATYKA.”

Apa yang membedakan PATYKA dari brand lainnya?

” Pada tahun 2002, PATYKA menjadi produk pertama di dunia yang memiliki sertifikasi organik oleh Ecocert, di mana PATYKA sangat memperhatikan yang namanya efficiency, ethics, dan aesthetics. Untuk mendapatkan sertifikasi ini pun tidak mudah, perlu waktu bertahun-tahun serta kriteria yang sulit. Contohnya, untuk sebuah produk mendapat sertifikasi organik, bahan-bahan yang dimiliki PATYKA harus 90% natural, di mana 20% darinya harus organik. Semua ingredients-nya juga berasal dari France. Kita tetap ingin menjaga kemurnian produk dengan memperoleh ingredients dari 1 tempat yang sama.  Semua produk dari PATYKA juga vegan, cruelty-free, dan free from chemicals.

DSCF2782 2

Baca juga: Love Beauty and Planet Brand Beauty Ramah Lingkungan yang Baru Hadir di Indonesia

Wow, tapi bukankah mustahil sebuah produk kecantikan ‘free from chemicals’?

” Sulit memang, tapi bukan berarti mustahil. Buktinya hal ini berhasil diraih oleh PATYKA. Memang nggak akan ada banyak yang ingin melakukannya karena prosesnya sungguh panjang, biaya yang dikeluarkan juga akan lebih banyak. Tapi berhubung ini adalah value dari brand kami, kami menanggapi hal ini dengan serius. Setiap chemical yang diperlukan akan kami substitusi dengan bahan lain yang berasal dari alam. Bahkan dari air saja, kami tetap menjaga agar seluruh air yang kami gunakan adalah air organik. Biasanya kami memperoleh air dari sari tumbuhan atau buah-buahan. Untuk beberapa produk, airnya diperoleh dari mata air pegunungan Mont-Blanc.”

Bagaimana kita bisa memastikan produk ini betul-betul organik?

Selain dari sertifikasi Ecocert, kamu bisa lihat dari ingredients-nya secara langsung. Nggak jarang memang banyak brand yang klaim dirinya organik dan natural, padahal hanya memasukkan sekitar 1-2 ingredients saja yang organik dan natural, padahal sisanya chemical. Hal lain yang bisa kamu uji juga dari kualitasnya. Kebanyakan orang yang pernah mencoba produk-produk dari PATYKA, akan sulit beralih ke produk lainnya. Karena balik lagi, selain mementingkan ethicality dan efficiency, kami juga berfokus pada estetika, yang bertajuk kepada experience para pengguna.”

Tadi disebutkan kalau produk highlight dari PATYKA adalah Hulie Absolue-nya. Apakah produk ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti Eczema?

Yes! Sangat bisa. Memang dari awal produk ini dibentuk untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, hingga ke eczema sekalipun. Nama awalnya juga elixir, bukan skincare. Huile Absolue juga bisa digunakan untuk menyamarkan selulit, digunakan untuk perawatan rambut bercabang, serta bisa digunakan sebagai sleeping mask di malam hari. Jadi 1 produk untuk berbagai fungsi bagi face, body, dan hair.”

Baca juga: Konsep Clean Beauty Dari Brand Lokal Nusantics

Di mana produk PATYKA bisa didapatkan?

“Kamu bisa dapatkan produk-produk PATYKA di C&F terdekat. Karena kami menghargai pendekatan C&F yang nggak hanya fokus dengan berjualan, tapi juga memperhatikan serta membangun hubungan dengan para pelanggan. Karena itu yang menjadi visi dari PATYKA, untuk menyampaikan value yang dapat membentuk customer loyalty secara jangka panjang.”

So, itu dia wawancaranya bersama dengan Thomas Thewise. Gimana menurut kalian? Jadi penasaran dengan produk PATYKA?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment