banner-detik

bath n body

Ketiak Menghitam? Ini Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Ya, meski jarang terlihat, namun keindahan ketiak bisa membawa rasa percaya diri tersendiri bagi wanita.

Sebaliknya, apabila ketiak terlihat gelap tak jarang hal ini menimbulkan kegalauan tersendiri. Banyak yang bilang bahwa penyebab ketiak hitam adalah kebiasaan mencukur. Namun apa benar hanya itu penyebab ketiak hitam? Yuk, cek disini faktanya!

Penyebab ketiak hitam

ketiak hitam

Banyak hal yang menjadi penyebab dari menghitamnya ketiak. Salah satunya ialah kebiasaan mencukur bulu ketiak. Namun bukan kegiatannya yang membuat kulit ketiak menghitam melainkan iritasi yang ditimbulkannya membuat kulit terluka sehingga kulit memproduksi melanosit (sel penghasil pigmen) yang berlebihan dan menghitamkan kulit ketiak.

Pemicu lainnya adalah infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum, yang banyak ditemukan pada bagian tubuh yang berkeringat, seperti ketiak. Selain itu, faktor kehamilan juga bisa menjadi pemicu hitamnya ketiak karena perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil dapat merangsang produksi melanin dalam tubuh. Dan faktor terakhir adalah penyakit bernama Acanthosis nigricans yang menyebabkan pemilik kondisi ini mengalami penebalan dan perubahan warna pada kulit.

Baca juga: 7 Cara Mencukur Ketiak Supaya Nggak Iritasi

Cara menghilangkan ketiak hitam

cara mencukur ketiak yang benar

Untuk menghilangkan ketiak hitam, perlu diketahui pula apa yang menjadi penyebab dari hal tersebut. Bila ketiak hitam disebabkan oleh iritasi, maka penggunaan deodoran dapat dihentikan untuk sementara waktu. Setelahnya, coba mandi dengan air hangat dan gunakan krim atau gel cukur sebelum mencukur ketiak agar kulit tak mudah teriritasi. 

Penggunaan masker alami dari bahan-bahan sederhana juga bisa kamu coba untuk mencerahkan kulit ketiak. Mentimun, lemon, atau minyak kelapa merupakan bahan yang bisa dibuat masker pencerah kulit ketiak. Caranya cukup blender bahan tersebut dan oleskan pada ketiak lalu diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Setelah melakukan perawatan di atas, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman serta berbahan yang mudah menyerap keringat untuk mencegah terjadinya iritasi pada ketiak.

Baca juga: Botox Ketiak ala Chrissy Teigen, Mau Coba?

Treatment medis untuk menghilangkan ketiak hitam

CHRISSY TEIGEN - BOTOX KETIAK

Bila cara-cara alami tak kunjung membuahkan hasil, kamu bisa mencoba treatment medis untuk mencerahkan kulit ketiakmu. Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi pada dokter spesialis agar treatment yang akan kamu jalani sesuai dengan kondisi tubuhmu. Dari diagnosisnya, dokter dapat menyarankan beberapa hal, seperti:

  • Menggunakan krim atau losion yang mengandung hydroquinone, tretinoin, corticosteroids, azelaic acid, or kojic acid
  • Terapi laser untuk menghilangkan pigmentasi
  • Chemical peeling dengan alpha hydroxy acids dan beta hydroxy acids untuk mengeksfoliasi kulit
  • Serta microdemabrasion untuk membersihkan kulit secara menyeluruh

Selain itu, apabila dokter mendiagnosis kamu dengan erthryasma, infeksi bakteri dari Corynebacterium minutissimum, kemungkinan dokter akan meresepkan obat dengan kandungan erythromycin atau clindamycin serta antibiotik yang mengandung penicilin. 

Itulah beberapa info mengenai menggelapnya kulit ketiak. Tentunya dengan ketiak yang cerah, memakai baju tak berlengan jadi tak masalah lagi, bukan? Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment