7 Cara Mencukur Ketiak Yang Benar Supaya Nggak Iritasi

Walaupun tempatnya agak tersembunyi, ketiak itu nggak boleh luput dari perhatian kamu.

Apalagi saat harus mencukur ketiak, kamu harus memberikan ia perhatian ekstra. Setuju banget, emang cukup effort sih dan pegal juga karena harus angkat tangan dan memutar dada sekitar 90 derajat untuk menjangkaunya. Hufft, apalagi bulu ketiak juga cepat banget tumbuhnya. Supaya ritual ini berjalan sukses dan bikin ketiak kamu mulus serta nggak makan waktu, berikut ini cara mencukur ketiak yang benar supaya nggak iritasi.

 Baca juga: Bahan Alami Untuk Mencerahkan Ketiak

Pilih Pisau Cukur Yang Tepat

Cara mencukur ketiak yang benar: Pertama dan terutama banget nih, pisau cukur adalah kunci keberhasilan! Berdasarkan lokasi ketiak, yang cenderung punya cekungan agak dalam, pisau cukur dengan pivoting handle (mudah diputar) akan menyesuaikan dengan lekukan ketiak sehingga memudahkan banget untuk menjangkau area-area sulit. Pilih juga kepala cukur yang memiliki multiple blade supaya nggak ada rambut yang tertinggal, alias tercukur habis.

Cukur ketiak

 

 

Ganti pisau cukur sesering mungkin

Pisau yang tumpul bakal bikin kamu memberikan tekanan ketika mencukur. Inilah akar dari masalah iritasi saat mencukur ketiak. Itu sebabnya penting banget untuk mengganti pisau cukur. Baiknya sih setelah 3 kali penggunaan. Kemudian pastikan kamu membersihkan pisau seusai jalan satu cukuran supaya tidak ada bekas bulu yang terperangkap di dalam pisaunya. Tahu nggak, bulu yang nggak tuntas dicukur itu bisa menyebabkan rambut tumbuh ke arah dalam (in grown hair), lho. Setelah pakai, simpan pisau cukur kamu di tempat yang sejuk dan kering (jangan di rak shower ya). Ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan bisa membantu memperpanjang umur pisau cukur kamu.

 Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Deodoran

shaved underarm

Jadwalin ritual mencukur ketiak

Menentukan kapan akan mencukur ketiak sama pentingnya dengan cara kamu mencukur ketiak lho. Dr. Ava Shamban seorang dermatologist di Amerika, menyarankan untuk mencukur ketiak pada malam hari sebelum kamu beraktivitas sehingga ketiak kamu punya waktu untuk pulih dan menyembuhkan lukanya semalaman.

Jika kamu baru mulai mencukur ketiak tepat sebelum pergi ke pantai, olahraga atau pesta, kamu harus siap deh kalau ketiak terasa perih dan burning dan gatal. Hmm, apalagi kalau keringetan. Makin perih lagi. Oh ya, ada baiknya mencukur ketiak kamu lakukan sebagai langkah akhir setelah mandi. Cara ini akan membuat kulit kamu menyerap hidrasi sebanyak mungkin yang mana membantu mencegah benjolan dan in grown hairs.

 Baca juga: Cara Ampuh Atasi Ingrown Hair

Stop Eksfoliasi Kulit Jika Muncul 3 Tanda-tanda Ini 3

Lakukan eksfoliasi terlebih dahulu

Sama seperti kulit di wajah, eksfoliasi di area ketiak juga dapat mencegah bakteri akibat kotoran dan keringat. Supaya ritual pencukuran bisa lebih efektif kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit ketiak dengan menggunakan peeling gel terlebih dahulu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuang sisa deodoran, yang menjadi sumber kontribusi bau badan.

Gunakan Krim Cukur

Karena kulit di bawah lengan kamu sangat sensitif, makanya penting banget untuk menggunakan gel atau krim pelembab saat bercukur supaya nggak terlalu sakit. Shaving cream juga membantu pisau cukur kamu meluncur dengan mulus tanpa melukai kulit.

cara mencukur ketiak yang benar

Mencukur ke arah yang benar

Berdeda dari bulu kaki yang perlu dicukur dari arah awah. Bulu ketiak tubuh ke segala arah. Maka untuk menghindari mencukur di tempat yang sama beberapa kali dengan pisau tajam, coba angkat tinggi lengan kamu kemudian tarik kulit dengan kencang menggunakan tangan yang sama dan mulailah mencukur ke atas, bawah, hingga samping — untuk mendapatkan hasil yang mulus.

Baca juga: Kulit Gelap Di Bagian Lipatan Tubuh? Bisa Jadi Acanthosis Nigricans

Manjakan kulit dan beri perlindungan

Selesai membilas ketiak, keringkan dengan menepuknya lembut (jangan digosok ya!) dengan menggunakan handuk. Usapkan ketiak dengan deodoran yang menenangkan dan melembabkan kulit dengan formula alami. Selain itu, gunakan pakaian katun yang longgar setelah mencukur ketiak yang akan mencegah kemerahan atau iritasi.

 

Setelah membaca cara mencukur ketiak yang benar ini, semoga kamu nggak mengalami masalah iritasi atau in grown hairs lagi ya.