banner-detik

skin concern

Kulit Gelap di Lipatan Tubuh? Bisa Jadi Acanthosis Nigricans

seo-img-article

Pernah mengalami masalah kulit gelap di bagian lipatan tubuh? Ketahui penyebab dan cara mengatasi Acanthosis Nigricans.

Untuk urusan kulit wajah, saya rasa sekarang sudah semakin banyak ya yang fokus dan konsisten merawatnya. Namun nggak jarang kita kurang memberikan TLC (tender, loving care) terhadap kulit tubuh. Selain masalah kulit kering, problem lainnya yang cukup umum adalah warna kulit tubuh yang nggak merata atau menggelap. Faktor yang paling umum yang  membuat kulit menggelap adalah sinar UV dan sel kulit mati yang menumpuk. Namun ternyata menggelapnya kulit nggak hanya terjadi akibat faktor eksternal lho. Di sebuah event yang saya hadiri beberapa waktu lalu, dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MHKes, FKCCS menjelaskan bahwa untuk beberapa kasus, penyebabnyanya justru faktor internal.

Pernah nggak mengalami masalah kulit gelap di bagian lipatan tubuh? Banyak yang mengira bahwa penyebabnya adalah mandi yang kurang bersih serta keringat dan kotoran yang menumpuk alias daki. Biasanya akan terlihat di bagian tengkuk leher, lipatan ketiak, belakang siku, juga di lipatan paha bagian dalam. Selain warnanya gelap, kulit juga terasa tebal dengan kerutan-kerutan yang kasat mata. Kondisi kulit ini dikenal dengan nama acanthosis nigricans. Bukan hanya akibat tumpkkan sel kulit mati, dr. Edwin menjelaskan bahwa kondisi kulit ini bisa jadi salah satu pertanda kadar glukosa yang tinggi di aliran darah atau biasa dikenal dengan diabetes melitus.

Acanthosis-nigricans-and-skin-tags-on-the-neck

Nah, diabetes sendiri ada 2 tipe, yaitu type 1 diabetes dan type 2 diabetes. Acanthosis nigricans merupakan pertanda seseorang memiliki risiko atau sudah mengidap type 2 diabetes di mana terjadi resistensi terhadap insulin maupun tubuh tidak dapat memproduksi insulin lagi. Selain diabetes, masih ada masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan acanthosis nigricans, yaitu obesitas. Seseorang dengan kadar lemak tubuh yang berlebihan sehingga dapat membawa dampak negatif pada tubuh. Semakin tinggi kadar lemak, lipatan dapat terlihat semakin menggelap dan teksturnya jadi nggak halus lagi.

Bila kamu mengalami acanthosis nigricans akibat 2 alasan di atas, cara menanganinya adalah dengan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Mulai dari mengganti pola makan menjadi yang rendah lemak dan tentunya rajin berolahraga. Secara topikal, bisa juga menggunakan produk dengan kandungan retinol atau vitamin C untuk mencerahkan kulit secara gradual. Meskipun begitu, ada baiknya juga konsultasi dengan dokter dahulu ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment