banner-detik

haircare

5 Cara Merawat Kulit Kepala Agar Rambut Jadi Sehat dan Berkilau

seo-img-article

Ingin memiliki helaian rambut yang kuat dan berkilau? Alih-alih menimbun produk styling rambut yang sifat penataannya hanya sementara, lebih baik kita mulai dari dasarnya yakni merawat kulit kepala.

Kulit kepala pada dasarnya adalah perpanjangan dari kulit di wajah sehingga penting untuk memberikan perawatan yang sama dengan kulit wajah. Berikut ini saya akan membahas cara merawat kulit kepala agar rambut jadi sehat dan berkilau.

 1. Identifikasi masalah kulit kepala kamu

Cuaca, pola makan, stres, dan faktor lingkungan semuanya dapat menjadi penyebab kulit kepala iritasi dan nggak nyaman. Jika kamu perhatikan bahwa kalau saat musim panas, kulit kepala jadi cepat berminyak dan terasa kering juga gatal ketika kamu sedang berada di negara musim dingin. Makanya memiliki sampo yang secara khusus menargetkan masalah kulit kepala itu penting. Sensatia Botanicals Hydrating Shampoo juga cocok untuk mengatasi kulit kepala yang kering juga terkelupas dan menyeimbangkan pH kulit kepala.

SENSATIA BOTANICALS HYDRATING SHAMPOO - 300

Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga adalah pola makan dan potensi intoleransi makanan. Misalnya nih, kalau kamu belakangan ini konsumsi makanan dengan banyak gula, karbohidrat olahan dan kulit kepala mulai iritasi, cobalah untuk menguranginya karena ini bisa jadi faktor yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit kepala kamu.

Baca juga: Kenalan dengan Kaaral, Brand Perawatan Rambut dan Kulit Kepala dari Italia

 2. Keramas secara teratur

Duh, gede banget godaan untuk ambil dan pakai dry shampoo kalau lagi malas keramas. Namun ingat juga, penting untuk secara teratur membersihkan kulit kepala dari kotoran dan kotoran yang menumpuk seiring waktu. Penumpukan produk, kotoran, dan minyak berlebih yang ada di kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut, menyebabkannya meradang Untuk menghindari kulit kepala yang “marah”, ada baiknya untuk keramas minimal 4 kali seminggu.

Loreal-Professionnel-Absolut-Repair-Lipidium-Conditioner-Review-01

Keramas juga nggak boleh asal karena pembersihan menyeluruh itu ngaruh banget. Penting banget sampo untuk menjangkau ke kulit kepala untuk memastikan semua kotoran hilang. Lalu gimana dong dengan kondisioner? Kondisioner juga penting banget untuk menjaga rambut tetap terhidrasi. Tapi hindari  memakainya langsung ke kulit kepala karena dapat menyumbat folikel, menyebabkan iritasi.

Baca juga: 5 Produk untuk Atasi Kulit Kepala dan Rambut Kering

 3. Lebih peka deh sama komposisi produk

Memilih sampo dengan bahan-bahan yang tepat sangat penting untuk kesehatan kulit kepala. PH kulit kepala kita normalnya di angka 4,5 dan 5,5. Beberapa sampo di pasaran biasanya mengandung sulfat, alkohol, dan paraben, yang mengupas kulit kepala dari minyak alami, menyebabkannya menjadi kering dan bersisik. Nah, makanya, hindari dulu formula-formula itu dan carilah produk yang di dalamnya memberi garansi bebas sulfat atau paraben pada kemasannya. Pokoknya, pilihlah yang mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit kepala kamu.

OUAI REPAIR SHAMPOO

Pengen sih ya pilih produk yang ditargetkan untuk jenis dan tekstur rambut kamu, namun sebaiknya pilih beberapa formula universal sebagai asam amino untuk menguatkan, dan rosemary dan peppermint, yang membantu menyegarkan kulit kepala dan meningkatkan aliran darah , untuk mendorong pertumbuhan rambut. Jika rambut kamu bermasalah dengan ketombe, coba keramas dengan sampo yang memiliki kandungan Salicylic acid karena ia membantu untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi.

 4. Sering ganti sampo dan kondisioner

OGX KERATIN OIL SHAMPOO AND CONDITIONER

Sama seperti mengganti makeup dan skincare begitu sudah expired yaa, sampo dan kondisioner juga perlu kamu ganti setelah enam bulan pemakaian. Nggak diliat dari masa kadaluarsanya, melainkan dari kapan produk tersebut kamu buka. Produk yang udah nggak baik kualitasnya dapat menyebabkan iritasi atau ruam di kulit kepala.

5. Gunakan perawatan pra-sampo

Sama kayak seperti wajah yang diberikan perawatan dengan eksfoliasi, masker, atau serum, kamu juga harus melakukan hal yang sama untuk kulit kepala. Memberikan perhatian ekstra pada kesehatan kulit kepala di luar sampo dan kondisioner akan membantu menghilangkan penumpukan produk, serpihan, dan kotoran lain yang melekat dan sulit untuk dibersihkan.

Kamu bisa menggunakan produk Kiehl’s Deep Micro-Exfoliation Scalp Treatment untuk perawatan kulit kepala rambut untuk mengatasi ketombe dan membuatnya lebih sehat.

Kiehl's Deep Micro-Exfoliation Scalp Treatment

 

Atau R + Co ACID WASH ACV Cleansing Rinse sebagai perawatan sebelum sampo, yang menggunakan pink clay, micellar water, dan apple cider vinegar untuk menghilangkan penumpukan kotoran dan mengondisikan kulit kepala sehat sebelum kamu mandi.

R + Co ACID WASH ACV Cleansing Rinse

 

Nah, langkah-langkah tersebut bisa menyelamatkan kulit kepala dan rambutmu dari kerusakan! Ada yang sudah pernah coba produknya atau menerapkannya?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment