banner-detik

lifestyle

Serunya Belanja Produk Zero Waste Online di E-Commerce

seo-img-article

Ingin mulai gaya hidup ramah lingkungan tapi nggak sempat belanja ke bulk store? Cobain belanja produk zero waste secara online yuk! 

Mengubah kebiasaan sehari-hari yang awalnya bergantung pada penggunaan plastik sekali pakai jadi zero waste ataupun less waste memang nggak semudah diucapkan. Apalagi kalau kamu tipe orang yang lebih senang berbelanja secara online dan malas mengunjungi toko fisik yang lokasinya jauh dari tempat tinggal. Sebenarnya sekarang udah banyak juga merek dan toko yang menjual produk zero waste secara online di website resmi, Instagram maupun e-commerce.

Untuk artikel ini, saya akan bahas toko-toko yang menjual produk zero waste di e-commerce dulu ya supaya memudahkan kamu yang menyukai sistem pembelian di e-commerce yang lebih familiar.

Warung 1000 Kebun

Toko ini sebenarnya memiliki store fisik yang alamatnya terletak di Jl. Boling No.26 Arcamanik Bandung. Warung 1000 Kebun didirikan dengan prinsip menghadirkan produk-produk lokal yang sehat dan berkelanjutan. Kalau kamu mau coba belanja produk Warung 1000 Kebun secara online, mereka punya store di E-commerce Shopee. Produk zero waste di toko ini didominasi oleh perlengkapan dapur seperti chia seed, garam himalaya, madu sarang, teh herbal, sampai berbagai pilihan beras organik.

49543379_1017642781762096_5889581806028434628_n

Selain itu mereka juga punya produk kecantikan dan kesehatan kok. Diantaranya natural deodorant, kaffir lime shampoo, natural soap bar, minyak virgin coconut oil dan bug repellent.

Segara Naturals

Saat berkunjung ke bulk store Naked Inc di Kemang, salah satu jajaran produk yang menarik adalah di bagian etalase brand Segara Naturals. Ternyata merek personal care zero waste satu ini juga punya toko di E-commerce Tokopedia dan udah punya banyak pembeli setia. Beberapa produk best-selling dari Segara Naturals misalnya shampoo bar, soap bar, solid deodorant, dan honey shower gel.

43915148_723853651324803_5388068666461625386_n

Segara Naturals juga konsisten banget soal packaging eco-friendly lho. Mereka sama sekali nggak menggunakan packaging dari bahan plastik. Kemasan yang digunakan adalah dari kardus yang di dalamnya akan diisi banyak potongan kertas koran sebagai pengganti plastic bubble wrap. Bahkan selotip yang digunakan juga adalah paper tape dari bahan kertas.

Bumi Indonesia

bumiind

Salah satu toko zero waste online yang punya kategori produk paling lengkap adalah Bumi Indonesia. Walaupun pengirimannya agak jauh dari Sidoarjo, tapi kamu bisa belanja banyak produk sekaligus. Dari mulai barang perlengkapan rumah seperti beeswax food-wrap, tas belanja jaring, sedotan stainless sampai makanan ringan sehat seperti whole raw almond dan gluten free snack dijual di toko ini. Bumi Indonesia juga menjual berbagai ukuran pembalut kain dan reusable cotton pad. Untuk store-nya di e-commerce bisa kamu temukan di Shopee dan Bukalapak.

Growgrin

35459378_308673739672947_1943177740265979904_n

Toko minim sampah plastik Growgrin di Shopee punya berbagai produk hygiene, cutlery dan keperluan personal lainnya. Dari mulai produk pure castile soap, menstrual pad, sikat gigi bambu, hingga alat makan dari bambu bisa kamu dapatkan disini. Pengirimannya dari Sleman dan biasanya pesanan akan dikirimkan dalam 1-2 hari.

Sustaination

sus

Masih dari e-commerce Shopee, toko Sustaination jadi salah satu favorit pejuang sustainable movement nih. Mereka juga menjual produk dari beberapa brand seperti OrganiCup, Segara Naturals, Klen & Kind dan Peek Me. Produk yang tersedia juga beragam dari essential oils, solid perfume atau parfum padat natural, sabun pencuci menstrual cup, hingga sapu tangan katun. Produk yang dijual Sustaination dikirim dari kota Depok. Oh iya disini kamu juga bisa menemukan buku Zero Waste Adventure tentang ekspedisi pendakian nol sampah yang ditulis Siska Nirmala.

Selain 5 toko di atas sebenarnya ada juga brand yang menjual produk sustainable di website dan Instagram. Sebagai honorable mention (thanks to my Instagram friends for the recommendations!) kamu bisa cek juga nih brand dan toko keren di antaranya : Cleanomic, GreenMommy, ZerowasteID, Demi Bumi, The Bulk Store & Co, Botanina dan Avani Eco.

Ada rekomendasi toko zero waste lainnya yang belum ada di artikel ini? Sebutkan di kolom komentar ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment