banner-detik

eco friendly

Belanja Tanpa Packaging Plastik di Bulk Store Naked Inc Jakarta

seo-img-article

Tertarik untuk memulai hidup zero waste? Ini pengalaman saya belanja produk tanpa packaging plastik di Bulk Store Jakarta!

Sebenarnya di kota-kota besar di Indonesia sudah ada beberapa zero waste shop atau bulk store, misalnya di Bali, Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Tapi yang paling dekat lokasinya dengan saya adalah Naked Inc di Como Park, Kemang Timur Jakarta Selatan. Beberapa minggu yang lalu saya sempat baca review di Twitter oleh salah satu pengunjung yang udah pernah belanja disana. Karena ada beberapa produk skincare dan personal care, akhirnya saya coba mampir ke Naked Inc untuk lihat-lihat.

Lokasi store Naked Inc sendiri terletak di bagian belakang Como Park Kemang, tepatnya setelah area dog park. Ruangan tokonya sebenarnya nggak terlalu kecil, tapi karena saat weekend pengunjungnya lumayan ramai, jadi harus agak hati-hati saat berkeliling toko karena takut menyenggol botol-botol kaca yang ada di rak display.

Ada apa aja sih di Bulk Store Naked Inc?

Menurut Kiana Lee, pemilik store Naked Inc, tokonya memiliki sekitar 400 produk dari mulai kebutuhan personal care, pantry essentials, skincare sampai ke jajanan dan minuman bubuk. Saya tertarik untuk explore rak bagian skincare dimana ada banyak produk shampo, sabun cair dan body lotion homemade. Selain produk homemade, ada juga produk dari beberapa brand lokal seperti PeekMe, Sae, Amore, Yagi dan Pavettia yang masuk ke store Naked Inc.

Untuk kamu yang sedang cari produk daily needs ramah lingkungan juga ada rak khusus di store yang bisa dikepoin. Misalnya menstrual pad, menstrual cup, loofah dan konjac sponge, bamboo toothbrush, reusable cotton pad, dan berbagai pilihan non-plastic straw dari bahan gelas, silicon dan stainless steel.

nakedinc1

Sebagian besar produk yang dijual di Naked Inc adalah produk untuk dikonsumsi seperti bahan karbohidrat : beras merah, beras hitam organik, berabagai artisan pasta, shirataki rice dan noodles, herb & spices : turmeric, Italian herbs, cayenne pepper, curry leaves, ginger, mushroom powder non MSG, dan berbagai kacang-kacangan. Bagian favorit saya adalah rak cemilan dengan produk healthy snacks seperti granola dan muesli, dan rak bagian liquid products seperti madu hutan dan extra virgin olive oil.

 

Baca juga: Resep Lip Scrub Natural untuk Raih Bibir Halus dan Mulus

 

Belanja Packaging-Free

Naked Inc, sama seperti bulk store lainnya, ingin mengenalkan kita pada kebiasaan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Sebenarnya sejak beberapa bulan lalu saya mulai membiasakan nggak menggunakan plastik saat berbelanja di minimarket dan supermarket. Sejalan dengan kebijakan pemerintah kota Bogor, tempat saya tinggal, yang melarang penyediaan kantong plastik di pusat perbelanjaan sejak akhir 2018 lalu. Tapi walaupun sudah mengurangi penggunaan kantong plastik untuk barang belanjaan, saya masih belum bisa lepas dari plastik kemasan produk itu sendiri.

Di store Naked Inc, selain nggak menyediakan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan, pengunjung juga disarankan untuk membawa wadah atau reusable container sendiri untuk supaya nggak ada plastik kemasan yang terbuang hanya dalam sekali pakai. Jadi, kita bisa langsung menyimpan produk di wadah milik sendiri dan produk yang dibeli pun jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

nakedinc2

Nggak perlu khawatir kalau kamu nggak bawa container sendiri saat berkunjung kesana karena kamu bisa beli juga packaging gelas dan kertas yang di sediakan oleh pihak store.  Untuk packaging kertas harganya Rp 3.000, dan packaging gelas dalam bentuk jar dan botol harganya berkisar Rp 10.000-Rp 45.000 tergantung ukuran yang kita pilih. Kalau kamu punya wadah sendiri menurut saya akan lebih menghemat budget belanja. Tapi, karena saya nggak punya container khusus, jadinya saya beli beberapa jar kaca yang nantinya bisa untuk digunakan kembali di pembelian selanjutnya.

 

Baca juga: 4 Langkah Mengurangi Sampah Plastik dalam Ritual Kecantikan

 

Gimana cara belanja di Naked Inc?

Gampang banget kok, di store Naked Inc ada banyak penjaga toko yang siap bantuin kamu yang masih bingung cara berbelanja bulk store. Bahkan Kiana pun selalu stand by untuk bantu menjelaskan beberapa produk yang mungkin belum familiar untuk dibeli. Kalau kamu membawa wadah sendiri seperti kotak makanan, toples ataupun botol, penjaga toko akan menimbang berat wadah di timbangan dapur yang tersedia di sana. Setelah itu kamu boleh berkeliling dan mencari produk yang kamu perlukan. Kalau sudah menentukan produk yang mau dibeli bisa panggil lagi penjaga toko untuk mengambilkan produk sesuai kebutuhan.

Hampir semua produk di rak display ditata dalam jar berukuran sangat besar dan diberi label nama produk beserta harganya. Harga yang tertera adalah dalam satuan rupiah untuk per-gram. Walaupun pengunjung diperbolehkan untuk mengambil sendiri barang dari tiap jar, tapi kayaknya lebih baik minta tolong dibantu aja sama tim Naked Inc supaya lebih cepat. Setelah selesai mengambil produk ke wadah yang kamu bawa, tinggal ditimbang ulang deh berapa total berat produknya. Untuk yang beli dengan packaging dari store juga sama kok alurnya, jadi memang mirip-mirip dengan sistem toko grosir atau belanja curah.

nakedinc4

Setelah selesai kita bisa langsung bayar di kasir. Jangan lupa untuk membawa kantong sendiri ya untuk membawa pulang barang belanjaanmu, atau kamu bisa beli kantong kanvas lagi yang disediakan dekat meja kasir.

Oh iya, produk-produk yang saya beli di Naked Inc bulk store adalah : Yagi Soap Bar Ocean (Rp 65.000), Homemade Shampoo Orange Spearmint (Rp 50.400 untuk 112ml), Non-Dairy Fibre Creamer (Rp 13.625 untuk 109gram), Turmeric Powder (Rp 6.600 untuk 50gram) dan Sunflower Oil (Rp 4.495 untuk 29ml). Sementara untuk packaging jar dan kaca totalnya sekitar Rp 110.000 untuk 4 buah, lumayan mahal ya.

Semoga makin banyak bulk store lainnya ya di Jakarta biar kita bisa makin sering belanja plastic-free. Kalau kamu, produk apa yang mau kamu beli kalau main ke Naked Inc?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment