banner-detik

celebrity

Kelamnya Pressure Kpop Idol untuk Tampil Perfect

seo-img-article

Tubuh proporsional, hidung mancung, mata indah, serta bentuk wajah yang cantik, menjadi daya pikat terbesar dari banyak Kpop idol. Tak heran apabila banyak anak muda yang terinspirasi untuk menjadi ‘secantik’ para bintang tersebut. Beberapa cara pun dijalani, dari mulai 10 steps Korean beauty routine, diet untuk tubuh yang indah, hingga, yang paling ekstrim, operasi plastik pun dijalankan demi serupa dengan sang idola. 

Namun, seperti apa sih pressure Kpop idol demi kesempurnaan yang kita lihat di layar kaca? 

Baca juga: Rekomendasi Style Rambut Ala K-Pop Idol

 

Tekanan untuk menjadi kurus

kpop idol

Tak sekedar bentuk tubuh yang proporsional, Idol wanita juga dituntut untuk memiliki berat badan yang kurang dari 50 kg, tak peduli berapa tinggi dari idol tersebut. Banyak kasus dimana Kpop idol menderita kekurangan gizi hingga jatuh pingsan pada saat performance. Demi berat badan yang kurus dalam waktu singkat, para idol menjalankan diet ekstrim, yang tidak sustainable, serta dapat merusak tubuh apabila dijalankan dalam kurun waktu yang lama. 

Sebagai contoh, dilansir dari website Cleo, member EXO Xiumin mengaku pernah menjalani diet ekstrim dimana ia hanya mengonsumsi kopi setiap harinya, makanan padat hanya ia konsumsi setiap dua hari sekali dan ditambah dengan olahraga rutin untuk membakar lebih banyak lagi kalori. Alhasil saat promo untuk lagu ‘Growl’ berat Xiumin hanya mencapai 53 kg dengan tinggi 173 cm, yang mana masuk kategori underweight apabila dihitung dengan metode BMI.

Baca juga: Kebiasaan Diet Yang Malah Bikin Gagal Turun Berat Badan

Memiliki bentuk wajah mengikuti tren

kpop idol

Tren memang berubah-ubah, namun bagaimana kalau trennya menyangkut fitur wajah? Dilansir dari Koreaboo, beberapa ahli operasi plastik memiliki rumus Fibonacci Sequence (1.618) atau golden ratio aspect untuk mengukur tingkat kerupawanan seseorang ditinjau dari aspek geometri wajahnya. Dari rumus tersebut, beberapa selebritis Korea dinyatakan memiliki golden ratio, atau kecantikan mendekati sempurna. Beberapanya antara lain Red Velvet Irene, SNSD Yoona, Bigbang TOP, dan masih banyak lagi. 

Meski sudah memiliki geometri wajah yang mendekati sempurna, banyak dari para idol Kpop yang tetap melakukan operasi demi merubah bentuk wajahnya untuk mengikuti tren semata. DIlansir dari situs Allkpop Pada tahun 2016, SNSD Taeyeon diduga melakukan prosedur smile lift untuk membuat sudut bibirnya naik ke atas, sehingga fitur bagian mulutnya menyerupai kucing. 

Baca juga: Dermal Filler, Cantik Instan Tanpa Risiko

 

Tuntutan memiliki kulit yang indah

kpop idol

Sesekali timbul jerawat pada kulit merupakan hal yang normal bagi mayoritas banyak orang. Namun bagaimana dengan Kpop Idol? Kulit wajah yang dilapisi makeup berat setiap hari tentunya juga membawa pengaruh buruk bagi para Kpop star. Namun dengan sorotan media yang intens setiap harinya, kondisi kulit yang sedang break out, atau kantung mata yang hitam bisa jadi headline pada banyak berita keesokan harinya. Oleh karenanya idol Kpop memiliki tuntutan yang berat untuk menjaga penampilan secara menyeluruh.

Baca juga: Skincare Buat Jerawat Dari Dokter Yang Nggak Bikin Ketergantungan

 

Inilah beberapa tekanan dalam segi standar fisik yang harus dialami oleh para Kpop idol. Meski kelihatan glamour dan memiliki hidup yang menyenangkan, siapa sangka Kpop star harus mengalami pressure yang begitu berat untuk terlihat memukau. Dengan mengetahui informasi di atas, alangkah baiknya kamu mengambil pelajaran bahwa banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi cantik, dan operasi plastik maupun diet ekstrim tak selalu jadi jawabannya ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment