Nyobain Beauty Augmented Reality dari L’Oreal Indonesia

Pernah mau beli makeup online tapi ragu beli shade yang mana? Sekarang, sudah ada augmented reality yang bisa mempermudah pengalaman belanjamu!

Pernah nggak merasa susah nyari lipstik atau foundation yang sesuai dengan shade kamu? Walau mungkin kamu sudah coba minta tolong dicarikan warna yang cocok untuk kulit over the counter dengan bantuan beauty assistant, tapi kadang apa yang kamu coba di counter beda sama aslinya. Terutama lipstik, rasanya kalau nyobain tester-nya langsung ke bibir rasanya agak berbahaya, karena bayangin berapa banyak bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya yang menempel di tester yang beredar di counter.

Jujur sih, ini juga kadang yang bikin saya males nyobain tester makeup. Jadi seringkali saya beli dulu produknya, kalau emang nggak cocok, biasanya saya pakai buat makeup orang lain. Well, masih untung di saya karena saya seorang makeup artist, produk yang saya beli nggak akan mubazir. Tapi kalau produknya buat diri kita sendiri dan ternyata nggak cocok, nyesel juga ya?

Sephora_app

Nah, thank God for technology! Sekarang udah ada augmented reality yang bikin kita lebih mudah coba makeup tanpa harus dateng ke counter. Berhubung consumer behaviour saat ini udah mulai shifting dari belanja lewat brick-and-mortar ke online shopping, nyobain makeup mana yang mau kita belanja bisa dilakukan dari rumah.

Baca juga : Trend Makeup Terbaru : 3D Printed Makeup

Beauty augmented reality memang sudah lama beredar di beauty industry, tapi untuk di Indonesia, beauty augmented reality yang khusus bekerjasama dengan perusahaan makeup sepertinya baru dipelopori oleh L’oreal Indonesia bernama Beauty Cam. Beauty Cam bisa kamu temukan kalau kamu mau berbelanja produk-produk L’oreal lewat Shopee.

IMG_7769

Caranya gampang, misalnya kamu browsing produk yang kamu suka lewat aplikasi Shopee, kamu akan nemuin tombol “Coba Sekarang”. Nah kalau kamu klik, kamu akan dialihkan kamera pribadi kamu, dan disana akan terdapat beberapa pilihan makeup dengan shades yang lengkap. Jadi, kamu bisa langsung membayangkan kira-kira hasilnya seperti apa. Ini dia contohnya:

IMG_7771

Baca juga : AR Beauty Try On, Si Aplikasi Makeup Virtual!

Well, menurut saya sih mungkin ini bukan augmented reality paling canggih yang pernah saya temukan. Bahkan, fiturnya mirip dengan aplikasi-aplikasi beauty yang dipakai untuk ngedit foto. Tapi setidaknya, menurut saya bagusnya adalah sifatnya yang langsung relate ke produk, jadi kita bisa setidaknya punya bayangan kira-kira warna produknya cocok atau nggak di kita. Dengan kemajuan teknologi yang seperti ini, bikin saya makin membayangkan, apa next-nya kehadiran online shopping akan menggeser over the counter shopping? Tapi kalau saya pribadi, saya sih masih akan tetap mengunjungi counter untuk mendapat informasi tentang hal-hal yang saya nggak bisa rasakan kalau cuma lewat dunia maya seperti formula, tekstur, dan pigmentasi.

Kalau kamu gimana? Ada yang sudah sadar dan sering menggunakan fitur ini? Gimana pendapatmu?  Share di komen bawah ya!