banner-detik

eco friendly

Beralih ke Produk Lokal untuk Mengurangi Jejak Karbon

seo-img-article

Akhir-akhir ini awareness tentang zero waste semakin meningkat. Kalau kamu belum bisa lepas 100% dari produk dengan plastik, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan produk lokal yang minim jejak karbon.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa setiap kita melakukan sesuatu, apapun itu, kita akan meninggalkan sebuah jejak di dunia ini. Namanya adalah jejak karbon. Sesimpel saat kamu bernapas dan menggunakan air saat mandi, kamu akan mengeluarkan CO2 dan itu menjadi jejak karbon kamu.

Baca juga: Grha Unilever, Kantor Instagrammable Ramah Lingkungan

Carbon-Footprint-800x380

Baca juga: Tencel, Bahan Sheet Mask yang Lebih Ramah Lingkungan

Begitu pula dengan pemilihan produk kecantikan kamu. Coba bayangkan, jika produk skincare kesukaan kamu dibuat di Korea Selatan oleh sebuah brand dari Amerika, maka perjalanan produk itu akan memberikan jejak karbon lebih besar lagi. Dikarenakan produk yang telah diproduksi di Korea Selatan akan dikirimkan ke gudang di Amerika, baru didistribusikan ke seluruh dunia. Itu juga belum dihitung dengan pengiriman dari toko ke kamu melalui ekspedisi. Coba, bayangin berapa banyak karbon dioksida dan gas metana yang dihasilkan dari setiap perjalanannya.

Baca juga: Love Beauty and Planet Brand Beauty Ramah Lingkungan yang Baru Hadir di Indonesia

blp

Oleh karena itu, salah satu cara bijak dalam mengurangi jejak karbon adalah dengan beralih ke produk lokal. Selain jarak perjalanan lebih singkat, kini beberapa brand lokal juga mulai menyerukan gerakan daur ulang seperti BLP beauty dengan #TABFT.

Nggak hanya memajukan perkembangan produk lokal, beralih ke produk lokal juga ternyata baik untuk planet bumi. Kamu juga bisa menghitung jejak karbonmu dengan mencari carbon footprint calculator yang bisa kamu browsing dengan mudah. Jadi gimana, apa langkah kecil yang kamu sudah lakukan untuk mengurangi jejak karbon?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment