Apa Saja Khasiat Bunga Chamomile untuk Kulit?

Bunga chamomile yang masih saudara dengan bunga matahari atau masuk ke dalam keluarga Asteraceae, biasa kita temukan dalam bentuk kering, atau sudah dalam bentuk tea bag. Biasanya kalau saya pribadi, saya konsumsi sebagai minuman teh untuk menenangkan diri dan meredakan nyeri saat haid.

 

Selain dikonsumsi, banyak kita jumpai juga chamomile sebagai bahan-bahan produk kecantikan, terutama skincare. Sebut saja Mario Badescu Chamomile Eye Night Cream, Camomile Sumptuous Cleansing Butter dari The Body Shop, dan yang baru adalah rangkaian produk skincare untuk kulit sensitif, yaitu Safi Dermasafe. Skincare lokal pun ada yang memanfaatkan khasiat bunga chamomile, misalnya Sensatia Botanicals Calming Chamomile Facial Toner.

 

THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER

SAFI DERMASAFE SERIES

SENSATIA BOTANICALS CALMING CHAMOMILE FACIAL TONER

Chamomile sendiri memiliki bahan aktif chamazulene sebagai anti-inflamasi, levomenol sebagai anti-radang alami, bisabolol sebagai anti-bakteri, apigenin sebagai antioksidan, dan analgesik. Ditambah lagi, chamomile memiliki efek menenangkan. Sehingga, chamomile sangat berkhasiat untuk menangani masalah-masalah pada kulit kita, lho. Nggak heran kalau zaman dahulu, Bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir menggunakan chamomile untuk mengobati luka.

Baca juga: 5 Pembersih Wajah dengan Manfaat Lidah Buaya

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya itu, skincare yang mengandung chamomile bisa membantu membunuh bakteri pada jerawat, juga membantu keadaan kulit psoriasis dan eczemaKandungan di dalam bunga ini juga bisa membantu meredakan sakit yang dirasakan pada kulit karena iritasi, sekaligus menyembuhkannya secara perlahan, thanks to kandungan analgesik yang dimilikinya. 

Tambahan lagi, dengan meminum teh bunga chamomile, kita mendapatkan kandungan anti-oksidan yang menjaga kulit kita dari radikal bebas, dan membantu produksi kolagen untuk membuat kulit kita tampak lebih cerah dan mencegah penuaan dini!

KHASIAT CHAMOMILE

Selain diminum langsung dalam bentuk minuman teh dan menggunakan produk skincare yang mengandung chamomile, kita juga bisa menjadikan chamomile sebagai masker. Caranya, kita dapat merebus bunga chamomile ke dalam air, tambahkan madu dan sedikit saja perasan air lemon, dinginkan, lalu kita bisa mencelupkan kapas ke dalamnya, letakkan di wajah dan didiamkan dalam waktu 10-15 menit. Mudah, bukan?

Baca juga: 10 Skincare Semangka untuk Menyegarkan Kulit di Musim Panas

Banyak sekali ya, kandungan chamomile yang bermanfaat untuk kulit kita. Bagaimana? Tertarik untuk mulai rajin mengonsumsi teh bunga chamomile dan melakukan rutinitas skincare dengan kandungan chamomile?